Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

2 Mei 2023 | marketing

Kasir Pintar

Banyak perusahaan kini menerapkan kebijakan fleksibilitas dalam bekerja, termasuk memungkinkan karyawan untuk melakukan remote working atau bekerja dari rumah.

Mengganti suasana kerja dengan lingkungan yang berbeda dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas seseorang, terutama bagi mereka yang merasa bosan dengan suasana kantor yang monoton.

Meskipun Work from home memiliki keuntungan bagi perusahaan dan karyawan, namun apabila dilakukan secara tidak bertanggung jawab, dapat mengakibatkan kerugian yang lebih banyak.

Bagaimana meningkatkan produktivitas saat Work from home? Tips dari Kasir Pintar berikut ini dapat membantu para pengusaha yang menerapkan kebijakan Work from home!

Ini Tips yang Bisa Kamu Terapkan!

1. Bangun Pagi Seperti Biasa

Tips pertama untuk meningkatkan produktivitas saat work from home, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah tetap bangun pagi seperti biasa.

Meskipun bekerja dari rumah, kamu tidak boleh membiarkan diri kamu terlena dengan tidur terlalu lama dan bermalas-malasan.

Bayangkan jika sebelumnya kamu biasa bangun pukul 6 pagi dan berangkat pukul 7, dengan harapan bisa sampai di kantor sebelum pukul 9.

Dalam bekerja dari rumah, tetaplah bangun pagi seperti biasanya, sekitar pukul 6 atau 7.

Gunakan waktu pagi untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi kerja, seperti menikmati secangkir kopi atau teh hangat, membaca koran atau berita online, berolahraga, dan sebagainya.

Dengan mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaan, otak dan badan kamu akan lebih siap dan terfokus untuk bekerja.

Baca Juga: Ide Bisnis Fashion untuk Pemula Minim Modal!

2. Mandi dan Berpakaian Rapi

Tips kedua agar work from home menjadi lebih efektif, salah satu tips yang dapat dilakukan adalah mandi.

Mirip seperti ketika kamu hendak berangkat bekerja ke kantor, mandi dapat membuat tubuh merasa lebih segar dan terjaga.

Mandi dengan air dingin dapat mempercepat sirkulasi darah ke seluruh tubuh, meningkatkan aliran darah, dan membuat tubuh merasa lebih bugar.

Setelah mandi, kenakanlah pakaian bersih dan harum. Jika diperlukan, kamu bisa memilih untuk mengenakan pakaian kantor seperti yang biasanya kamu kenakan saat bekerja di kantor, sehingga bisa membantu menjaga suasana dan perasaan yang sama ketika sedang bekerja dari rumah.

3. Jangan Lupa Sarapan dan Makan Siang

Sebelum memulai aktivitas, disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Dengan sarapan, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan sepanjang hari, meningkatkan konsentrasi selama bekerja, merangsang otak, meningkatkan kesehatan tubuh, serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain sarapan, jangan lupa untuk makan siang. Seperti sarapan, makan siang juga membantu meningkatkan konsentrasi, memberikan asupan vitamin, mengurangi stres, dan memenuhi kebutuhan nutrisi kamu.

Sebagai tips, sebaiknya hindari makan siang sambil bekerja. Setidaknya, luangkan waktu untuk meregangkan otot dan melihat pemandangan baru dengan berjalan dari ruang kerja ke ruang makan.

4. Buat To Do List

Kamu dapat menghindari tumpukan pekerjaan dengan deadline yang ketat dengan membuat daftar pekerjaan.

Daftar ini dapat disusun pada pagi hari atau bahkan sehari sebelumnya. Dalam menyusun daftar tersebut, pastikan kamu memperhatikan prioritas dan deadline dari setiap pekerjaan agar dapat menyelesaikannya secara optimal dan tepat waktu.

Ada beberapa cara untuk membuat daftar pekerjaan, seperti membuatnya secara manual di kertas atau mencatatnya di notes di laptop.

5. Siapkan Koneksi Internet yang Stabil

Tips selanjutnya untuk bekerja dari rumah dengan efektif, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah menjamin koneksi internet yang stabil.

Koneksi internet yang stabil akan membantu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan efisien.

Selain menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, kamu juga bisa menggunakan tethering internet dari ponsel kamu.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan tethering internet bisa menghabiskan banyak kuota. Meski begitu, ketika bekerja dari rumah, kadang diperlukan pengorbanan agar semua pekerjaan bisa berjalan lancar.

6. Bersihkan Meja Kerja

Selanjutnya adalah dengan membersihkan meja kerja kamu terlebih dahulu. Buang barang-barang yang tidak diperlukan agar meja tetap rapi dan terorganisir.

Pastikan juga meja kamu memiliki cukup ruang untuk menaruh laptop, mouse, atau catatan yang kamu butuhkan. Selain itu, pilihlah kursi yang nyaman agar kamu bisa bekerja dengan nyaman dalam waktu yang lama.

Pastikan ruangan tempat kamu bekerja memiliki pencahayaan yang cukup agar mata tidak cepat lelah.

Jangan lupa, siapkan hal-hal pendukung yang dapat meningkatkan semangat kerja, seperti speaker untuk memutar musik favorit, aromaterapi untuk memberikan efek relaksasi, minuman segar, dan sebagainya.

7. Rajin Cek Kalender untuk Mengetahui Jadwal Meeting

Tips ketujuh untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah, tidak berarti bahwa kamu tidak dapat melakukan rapat jarak jauh.

Oleh karena itu, penting untuk rutin memeriksa kalender dan mengetahui jadwal rapat yang akan dihadiri dengan rekan kerja, klien, atau mitra bisnis lainnya.

Untuk memastikan tidak terlewat, memasukkan jadwal rapat ke dalam daftar tugas kamu.

Saat bekerja dari rumah, tersedia banyak tools untuk melakukan rapat jarak jauh, seperti Zoom atau Google Hangouts. Jika waktu sangat terbatas, WhatsApp Video Call juga bisa digunakan sebagai alternatif.

8. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Tips kedelapan hindari duduk selama berjam-jam karena dapat menyebabkan otot kamu menjadi kaku.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setiap 2 jam sekali. Cobalah melakukan peregangan atau berjalan-jalan sebentar untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan tubuh.

9. Tidak Korupsi Waktu Kerja

Bekerja dari rumah memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang lebih dibandingkan dengan bekerja di kantor.

Namun, karyawan tetap harus bertanggung jawab dalam menjalankan tugas mereka. Sebaiknya, manfaatkan waktu kerja selama 8-9 jam secara maksimal dan hindari melakukan kegiatan lain di luar tugas pekerjaan, seperti menonton film, tidur-tiduran, atau pergi ke mall.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, perusahaan dan karyawan sebaiknya bekerja sama dalam memantau pekerjaan masing-masing.

Dengan demikian, meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah akan terasa lebih mudah.

10. Aktifkan Ponsel dan Saluran Komunikasi Lainnya

Salah satu cara lain untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah adalah dengan tetap siap siaga.

Pastikan ponsel dan sarana komunikasi lainnya selalu aktif untuk menunjukkan bahwa kamu sedang bekerja, dapat merespons, dan dapat diandalkan.

Ini akan membantu memastikan bahwa kamu tetap terhubung dengan rekan kerja dan dapat menyelesaikan tugas dengan efisien.

Demikianlah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah.

Apakah kamu lebih suka bekerja di kantor atau dari rumah? Mana yang lebih efektif untuk kamu?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuka Bisnis Rumahan!

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur