Point of Sales / Pastikan Struk Kasir Usahamu punya 5 Komponen ini

Pastikan Struk Kasir Usahamu punya 5 Komponen ini

7 Juli 2022 | marketing

Kasir Pintar

Tahukah Kamu, bahwa Struk Kasir merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis loh.

Selain sebagai bukti transaksi pembayaran dan bukti pengajuan klaim penukaran. Tampilan Struk Kasir juga dapat meningkatkan daya saing bisnis dan meningkatkan penilaian profesionalitas usaha kamu ! 

Dengan adanya cetak struk kasir, pelanggan dapat mengecek pencantuman barang dan harga barang sesuai atau tidak. Selain itu, Struk dapat dimanfaatkan juga sebagai acuan harga pembelian selanjutnya. 

Komponen-Komponen Penting Dalam Struk

Terdapat 5 Komponen penting yang wajib Sobat Kaspin perhatikan dalam mengatur struk kasir bisnis kalian.

1. Informasi Usaha 

Informasi usaha merupakan informasi pertama dan teratas yang harus Sobat Kaspin cantumkan dalam Struk Kasir kalian. Informasi Usaha biasanya terdiri dari nama usaha, logo, nomor telepon, alamat,  email, ataupun website dan sosial media bisnis kalian. 

Adanya informasi usaha dalam sebuah struk , berfungsi sebagai identitas bisnis dan juga bermanfaat untuk memperkenalkan bisnis yang Sobat Kasir lakukan loh ! 

2. Detail Transaksi 

Setelah mencantumkan informasi Usaha, wajib bagi sobat kaspin untuk memasukan detail transaksi kedalam Struk Kasir. Informasi detail yang harus masuk kedalam Struk kasir mencakup beberapa data seperti tanggal dan jam transaksi, nomor struk, dan bahkan nama pegawai yang bertugas. 

3. Daftar Pembelian 

Selanjutnya yang harus ada dalam struk kasir adalah daftar pembelian pelanggan. data yang dicantumkan harus detail dan lengkap. Seperti informasi produk yang dibeli, jumlah produk, harga satuan, harga total barang belanjaan, diskon, dan informasi terkait pajak. 

4. Detail Pembayaran 

Detail pembayaran juga jangan sampai ketinggalan ya wahai sobat kaspin! Informasi Detail Pembayaran dapat berisi mengenai:

  • Metode pembayaran yang dilakukan pelanggan pada saat transaksi. . Apakah mereka membayar dengan uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit? 
  • Uang Kembalian. Informasi ini hanya perlu Anda muat dalam struk kasir saat pelanggan membayar secara tunai.

5. Informasi Tambahan 

Last but not least, yaitu Informasi tambahan. Informasi tambahan ini tidak kalah penting loh dari komponen lainnya. Malah terkadang Informasi tambahan inilah yang membuat pelanggan mencari-cari struk kasir bisnis kalian. 

Pada Informasi Tambahan, kamu dapat mencantumkan informasi tambahan bebas sesuai kebutuhan bisnis kalian. 

Misal, Sobat Kaspin bisa memasukan username dan password WiFi, terutama bila kamu adalah pengusaha kuliner dan pelanggan rata-rata membutuhkan koneksi WiFi.

Lalu, Kamu dapat juga mencantumkan ucapan terima kasih, layanan pelanggan, atau lainnya pada bawah struk kasir kalian. dan Sobat Kaspin bisa pakai struk Kasir ini  sebagai strategi pemasaran loh! Seperti mencantumkan promo khusus untuk pemegang struk.

Solusi Untuk Struk Kasir Bisnismu!

Dahulu, Struk hanya dapat ditemui dan didapatkan pada supermarket dan minimarket terkenal saja. Dengan perkembangan teknologi saat ini, penggunaan struk dapat digunakan oleh hampir semua pelaku bisnis. 

Salah satu solusi praktis dan murah yang bisa kamu manfaatkan sebagai pelaku usaha adalah dengan menggunakan Kasir Pintar.

Kasir Pintar memiliki fitur printer dan struk, lho! Dengan fitur ini, kamu bisa mengirimkan struk digital dengan mudah dan lebih cepat. 

Tak hanya untuk mencetak struk, dengan fitur ini, kamu bisa mengatur struk sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Mulai dari : tambahkan logo bisnis, mengatur catatan dalam struk, hingga melihat tampilan struk sebelum mencetaknya. Dengan mengatur struk sendiri sesuai keinginanmu, struk yang kamu berikan kepada pelanggan bisa jadi lebih personal dan profesional. 

Penasaran dengan cara atur struk? Berikut adalah cara atur struk kasir sesuai kebutuhan bisnismu! 

  • Login akunmu di aplikasi Kasir Pintar.
  • Pilih “Pengaturan” -> lalu “Printer dan Struk”.  
  • Pilih logo dan atur catatan struk. 
  • Pilih “Contoh Tampilan Struk” untuk melihat detail struk. Jika sudah selesai, klik “Simpan”. 
  • Selesai! Fitur cetak struk siap digunakan. 

Itulah solusi mudah atur struk kasir sesuai dengan bisnismu. Buat kamu yang tertarik pakai fitur ini namun belum punya perangkat pendukungnya, jangan khawatir ya! Kamu bisa download Kasir pintar di Play Store dan Apple store! 

Coba Gratis Sekarang Juga

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang