Insight Bisnis / Sales & Marketing / Pengertian, Manfaat & Cara Membuat Bauran Pemasaran dalam Bisnis

Pengertian, Manfaat & Cara Membuat Bauran Pemasaran dalam Bisnis

5 Agustus 2022 | marketing

Kasir Pintar

Bauran pemasaran adalah strategi dalam bisnis, dan biasanya dilakukan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Dalam pemasaran, pasti Kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah marketing yang banyak diaplikasikan oleh setiap pengelola usaha.

Rasanya tidak mungkin, jika pengelola usaha tidak memasarkan usahanya namun bisa mendapat keuntungan terus meningkat.

Tanpa memasarkan produk atau brand, maka pebisnis tidak dapat memperkenalkan usahanya ke publik serta meningkatkan angka penjualan. 

Jika hal tersebut terjadi, maka lama kelamaan usahanyaakan gulung tikar dan bangkrut. Maka dari itulah kami akan memperkenalkan Kamu dengan bauran pemasaran.

Dalam bisnis, bauran pemasaran adalah gabungan dari beberapa konsep pemasaran cukup sering diaplikasikan.

Dalam menerapkan konsep tersebut, terdapat beberapa komponen perlu pebisnis ketahui.

Semakin Kamu memahami konsep ini, maka akan semakin mudah dalam mengaplikasikan model pemasaran terbaik versi Kamu dan sesuai dengan brand perusahaan.


4 Komponen yang Terdapat pada Bauran Pemasaran

Untuk memastikan agar keberhasilan perusahaan tercapai, dibutuhkan awalan dalam memulai usaha yang dikenal sebagai perkenalan lewat pemasaran.

Dalam hal ini ada empat komponen yang akan kami jelaskan, dan empat komponen tersebut termasuk ke dalam bauran pemasaran.

1. Product 

Sebagai pebisnis tentu saja Kamu wajib memahami produk sebelum dipasarkan, sebab produk menjadi salah satu komponen utama dalam kegiatan bauran pemasaran ini.

Pelaku usaha dapat menyusun strategi pemasaran dengan memasukkan komponen produk.

Mulai dari bagaimana kegiatan usaha akan dijalankan, dalam aspek ini, tentu saja kegiatan usaha akan bergantung pada produk yang akan dipasarkan tersebut.

Namun tentu saja strategi ini tidak dapat disamakan ketika Kamu memasarkan produk atau jasa, karena keduanya berbeda.

2. Promotion 

Komponen selanjutnya dalam bauran pemasaran adalah promosi, disini Kamu perlu menemukan strategi dalam memasarkan produk.

Seperti membuat produk atau jasa yang dikemas secara menarik dan mampu mempengaruhi minat mereka, itulah yang membuat promosi sangat penting.

3. Price 

Harga termasuk kedalam komponen selanjutnya, sebagai pebisnis, cermat menentukan harga yang sesuai dengan kemampuan konsumen namun juga tidak membuat Kamu rugi.

Hitunglah dari biaya produksinya, melalui itu Kamu akan mengetahui berapa keuntungan ingin diambil.

Jika Kamu memasarkan produk atau jasa dengan harga diatas standar, maka bisa saja konsumen lebih memilih membeli produk dari penjual lain.

Pastikan Kamu sudah mempertimbangkan penetapan harga berdasarkan aspek-aspek yang membantu dalam penyusunan strategi.

4. Place

Komponen berikutnya dalam bauran pemasaran adalah place atau tempat, dimana Kamu harus tepat dalam memilih lokasi untuk melakukan kegiatan distribusi publik.

Pastikan lokasi mampu dijangkau publik, sebab lokasi sangat menentukan bagaimana publik bisa menjangkau Kamu.

Manfaat Menyusun Strategi Berdasarkan Bauran Pemasaran

Mungkin Kamu bertanya-tanya, sebetulnya apa manfaat bisa didapat jika menyusun strategi bauran pada bisnis.

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, karena setiap pebisnis pasti memiliki strategi masing-masing dalam melancarkan kegiatan usahanya.

1. Untuk Meyakinkan Investor

Manfaat dari kegiatan bauran pemasaran adalah meyakinkan investor, baik saat memulai atau sedang menjalankan usaha biasanya pebisnis membutuhkan dana suntikan modal dari investor.

Namun sebagai investor, tentu saja mereka tidak bisa sembarangan dalam memilih suatu usaha.

Setidaknya Kamu perlu memiliki gambaran bagaimana aktivitas pemasaran akan berjalan.

Melalui gambaran tersebut, Kamu bisa meyakinkan investor dengan gambaran kegiatan usaha.

Dengan begitu lebih mudah juga bagi investor, karena mereka perlu melakukan justifikasi bisnis. 

2. Pemasaran Dilakukan secara Terstruktur

Kehadiran bauran pemasaran, tentu saja akan membuat kegiatan marketing bisnis menjadi lebih terstruktur. Dengan membuat strategi seperti ini, maka Kamu bisa menyesuaikan antara aktivitas marketing dengan kebutuhan pasar yang sebelumnya telah pebisnis tentukan.

3. Memahami Produk Akan Ditawarkan

Manfaat lainnya dalam bauran pemasaran adalah pebisnis bisa memahami produk akan ditawarkan.

Karena banyak sekali pebisnis yang tidak memahami produk atau jasa akan dipasarkan, mereka hanya mementingkan bagaimana membuat produk tersebut laku.

Padahal pemahaman akan produk atau jasa, juga akan membuat konsumen merasa lebih tertarik ketika Kamu memasarkannya.

Pahami apa keunggulan produkmu, sertakan juga alasan yang membuat konsumen wajib mencobanya.

4. Bisnis Menjadi Proaktif Terhadap Risiko

Manfaat selanjutnya adalah membuat bisnis menjadi proaktif terhadap risiko.

Tentu akan banyak sekali resiko berbisnis perlu Kamu hadapi, namun menghadapinya adalah salah satu cara yang akan memberi manfaat kepada pebisnis, karena membuat Kamu lebih siap dalam menghadapi risiko.

Memanfaatkan Bauran Pemasaran agar Terhindar dari Salah Pilih Teknik Promosi

Bauran pemasaran adalah strategi marketing yang sudah diterapkan cukup lama, sudah banyak perusahaan besar mengaplikasikan strategi ini demi keberlangsungan bisnisnya.

Jika Kamu hanya mengandalkan penjualan tanpa ada strategi, maka bisnis sulit untuk berkembang.

Jangan sampai bisnis Kamu menjadi terganggu, karena tidak ada strategi atau perencanaan yang baik dalam memulainya.

Karena banyak sekali pebisnis yang tidak mampu mempertahankan usaha mereka, karena tidak mampu mengembangkan usahanya.

Dengan memahami teknik bauran pemasaran, setidaknya Kamu bisa memahami bagaimana tahap awal dalam memulai strategi promosi yang akan memberi dampak positif bagi perusahaan.


Cara Mengaplikasikan Teknik Bauran Pemasaran

Bagi Kamu yang baru terjun ke dalam dunia usaha, akan lebih baik jika mengaplikasikan teknik bauran pemasaran yang akan kami jelaskan berikut ini.

Dalam penerapannya, tentu saja pebisnis perlu menyesuaikan kembali pada beberapa komponen bauran yang telah kami jelaskan.

1. Market Research

Cara mengaplikasikan bauran pemasaran adalah dengan market research, ketahui calon pembeli seperti apa yang menjadi target bisnis Kamu.

Pahami juga kebutuhan di tengah masyarakat, lalu menyesuaikannya dengan produk akan dipasarkan.

Selain itu pahami juga tren yang ada, karena dengan begitu Kamu bisa terus update serta bisa segera beradaptasi dengan berbagai perubahan tren.

Dengan begitu pebisnis bisa memiliki pandangan yang lebih jelas, bagaimana produk bisa laku di pasaran. 

2. Pricing Model

Pricing model merupakan metode dalam menentukan harga.

Biasanya pebisnis hanya menjual produk dengan harga yang tidak jauh berbeda dari penjual pesaing lainnya.

Namun akan lebih baik jika Kamu mencari tahu harga dengan tepat, melalui konsumen secara langsung.

Dengan berkomunikasi bersama calon konsumen, kemudian diskusikan kembali bersama tim Kamu untuk memastikan bahwa produk dapat diproduksi dengan kualitas baik serta sesuai keinginan pelanggan dengan harga sesuai.

3. Memilih Jalur Distribusi

Teknik dalam bauran pemasaran adalah memilih jalur distribusi, baik online atau offline, masing-masing jalur memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Sesuaikan dengan target pasar, apakah lebih banyak target pasar yang berada di media online atau offline.

4. Membuat Strategi Promosi

Taktik promosi merupakan tahapan paling penting dan tidak boleh terlupakan. Jika Kamu hanya mengandalkan promosi tanpa adanya strategi, bisa dibilang hal tersebut cukup berisiko. 

Karena pebisnis perlu menentukan tahapan dasar, mulai dari harga, produk dan tempat.

Membuat strategi promosi yang sesuai dengan produk Kamu, menjadi cara yang tepat untuk membuat kegiatan marketing menjadi lebih tepat sasaran.

Mengetahui teknik atau strategi dalam menjalankan usaha tentu saja penting, karena dengan begitu pebisnis bisa memahami bagaimana tahap awal yang akan dimulai.

Bauran pemasaran adalah sebuah konsep yang berisi berbagai komponen pemasaran, yang membawa manfaat.

Nah, sekarang kamu sudah paham kan apa itu bauran pemasaran beserta komponennya dan juga cara mengaplikasikannya dalam bisnis.

Sekarang saatnya untuk mengenal aplikasi POS bernama Kasir Pintar yang dapat membuat bisnismu untuk berkembang lebih pesat lagi, dengan fitur seperti :

  • Mencatat transaksi penjualan unlimited
  • Mengatur stok barang
  • Mengelola penjualan dan juga laporan usaha

Dijamin kamu dapat membuat bisnismu lebih maju, karena terdapat beberapa fitur keren yang tentunya akurat khusus untuk bisnis. 

Jadi tunggu apalagi, coba gratis selama 30 Hari dan dapatkan fitur lengkap lainnya dari Kasir Pintar Pro.

 

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur