Buku Menu Digital vs Fisik : Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis Kuliner ?
Point of Sales | 13 Desember 2024
Point of Sales / Point Of Sale Marketing : Cara Mengoptimalkan Penjualan Usaha Retail Kamu Dengan Display POS
19 September 2022 | marketing
Jika Kamu pernah masuk di minimarket seperti indomaret atau alfamart, Kamu pasti tahu bahwa mereka memanfaatkan ruang yang mengarah ke kasir.
Mereka juga menciptakan jalur bagi pelanggan untuk bersantai dalam perjalanan ke kasir.
Dan itu terbukti berhasil bukan?
Menurut survei yang dilakukan oleh creditcards.com, “84% responden jajak pendapat mengatakan bahwa, mereka pernah melakukan pembelian impulsif pada suatu waktu, dan 77% dalam tiga bulan terakhir.”
Selain itu, hampir 80% responden melakukan pembelian impulsif di dalam toko, dibandingkan hanya 6% yang mengatakan bahwa mereka secara impulsif membeli sesuatu di perangkat seluler mereka.
Mereka tidak akan pernah berpikir untuk membeli jika barang tidak disajikan di tempat yang benar dengan waktu yang tepat.
Ketika pelanggan berada di toko buat mereka lebih berinteraksi lebih banyak dengan barang sehingga mereka melakukan pembelian.
Bagaimana caranya ? Jawabannya ada pada Point of Sales Marketing (POS).
Meskipun POS sering mengacu pada sistem penjualan, tapi POS juga bisa mengacu pada interaksi produk dan pelanggan yang terjadi di tempat yang akan dilewati oleh pelanggan.
Tujuanya adalah untuk mempengaruhi perhatian pelanggan ke barang atau produk ketika mereka siap melakukan pembayaran di kasir.
Ketika dilakukan secara tepat, maka akan mempengaruhi detail keputusan pembelian dari pelanggan.
Mengapa ini menjadi cara efektif untuk mengumpulkan penjualan tambahan?
Pertama-tama, Kamu sudah memiliki audiens atau pelanggan yang antusias dan telah membuat keputusan untuk membeli sesuatu, yang kemungkinan besar mereka akan terbuka untuk membeli item tambahan, selama harganya relatif murah.
Kedua, item “tambahan” yang relevan dapat berfungsi sebagai pengingat bagi pelanggan dan memicu dorongan mereka untuk membeli. Misalnya, Indomaret menawarkan permen di rak kasir.
Strategi ini membuat pelanggan berpikir itu adalah sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan dan inginkan.
Tidak ada orang yang benar-benar suka mengantri, jadi mengapa tidak membuatnya menyenangkan? Ubah apa yang dapat dianggap sebagai gangguan berbelanja menjadi perpanjangan pengalaman berbelanja.
Alih-alih bosan mengantri, buat tampilan POS Marketing yang bisa membantu untuk memperkuat keputusan mereka dalam membeli produk, dengan cara membuat mereka tetap tertarik saat menunggu. Bahkan mereka akan menambahkan item tersebut ke keranjang.
Karena setiap pembelanja berakhir di konter kasir, maka lokasi display POS yang menjamin bahwa pelanggan akan menemukan produk yang ditampilkan selama perjalanan menuju kasir.
Ini menjadikannya lokasi yang tepat untuk produk yang mungkin tidak ada di daftar belanja calon pembeli, misal : hal-hal seperti permen, air kemasan, lip balm, dan lainnya. Tetapi begitu mereka menemukannya, hal itu memicu pembelian impulsif tersebut.
Para Pengusaha retail juga dapat menggunakan tampilan POS untuk mendorong promosi atau diskon khusus.
Karena tampilan khusus yang lebih kecil dapat diletakkan di atas meja, sehingga mudah untuk dimasukkan ke papan nama sebagai strategi untuk menarik perhatian pembeli.
Meskipun mungkin terdengar mudah untuk menempatkan beberapa item di samping kasir, sehingga membuat tampilan POS menjadi bagus, sebenarnya membutuhkan banyak pemikiran, perencanaan, dan perhatian terhadap detail.
Kamu ingin berinteraksi dengan pelanggan dan membujuk mereka untuk meningkatkan pembelian mereka, maka perhatikan beberapa tips menarik di bawah ini.
Apa fungsinya? Bagaimana kamu bisa membuatnya menonjol di toko-mu? Apakah itu tertata dan ditumpuk dengan baik? Apakah akan terlihat lebih baik digantung atau diletakkan di rak? Perhatikan baik-baik apa yang kamu tawarkan, dan jangan takut untuk bereksperimen.
Tempat di dekat kasir sangat terbatas. Display POS Kamu akan menjadi titik fokus di toko, jadi Kamu ingin memastikan bahwa Kamu dapat memuat sebanyak mungkin item di layar sambil tetap membuatnya terlihat dapat diakses dan tidak terlalu penuh.
Pastikan tampilan shopper-friendly, yang memungkinkan pembeli dapat dengan mudah mengakses produk.
Tempat display barang sangat penting, karena produk akan sering disentuh dan dipilih, yang berarti kamu harus dapat dengan mudah mengisi dan merapikan ruang kembali.
Karena itu, pastikan desainnya tidak terlalu besar atau memakan tempat, sehingga dapat menimbulkan lebih banyak gangguan bagi mereka yang mengantri dan juga bagi staf yang bertanggung jawab untuk mengaturnya.
Desain menarik untuk display POS, yang akan berhasil untuk menarik pelanggan serta dapat mendorong penjualan tambahan.
Caranya yaitu gabungkan kesan bold atau jelas dan tepat, yang dapat dilihat dari jarak jauh, sehingga memungkinakan pelanggan untuk tertarik sehingga mereka akan melihat dan mengambil barang.
Hal terbaik tentang tampilan POS adalah bahwa ini merupakan cara yang relatif murah untuk memasarkan kepada pembeli dan pelanggan yang sudah ada di toko.
Berikut adalah ide-ide ekonomis yang serbaguna, dan dapat disesuaikan dengan situasi spesifik di toko-mu, diantaranya adalah :
Counter space paling umum digunakan di toko ritel, tetapi kamu juga harus berhati-hati agar tidak terlalu berdesak-desakan dan merangsang pembeli dengan terlalu banyak pilihan.
Pertimbangkan unit meja yang menyoroti barang yang fast moving seperti perlengkapan mandi, barang kecantikan, atau bahkan makanan.
Pastikan untuk tidak pernah menghalangi garis pembatas antara petugas dan pelanggan.
Standing Floor Display adalah pilihan tepat untuk produk yang ingin Kamu perhatikan.
Stocking brand merk riasan baru? merk aksesoris? Apapun alasan untuk menarik perhatian ke produk tertentu, ini adalah platform yang bagus untuk memamerkan barang-barang tersebut.
Jenis display ini paling sering digunakan untuk produk kemasan kecil seperti permen dan aksesoris kecil atau hal-hal yang mungkin cenderung akan diambil oleh pelanggan.
Cara ini berguna untuk menyimpan dan menjual dalam jumlah besar, dan menyoroti promosi obral barang.
Dan karena mereka berdiri bebas, mereka dapat dilihat atau berinteraksi dari setiap sudut.
Upaya pemasaran Toko Retail Kamu tidak boleh berakhir setelah pelanggan menginjakkan kaki di kasir.
Faktanya, Display POS Kamu adalah peluang terakhir untuk meningkatkan penjualan dengan taktik pemasaran di menit-menit akhir.
Dengan memanfaatkan semua peluang ini, kamu dapat mengoptimalkan seluruh ruang ritel dan meningkatkan penjualan sambil juga menawarkan nilai tambah, informasi, dan penawaran tambahan kepada pembeli yang mungkin tidak mereka belum tahu.
Dan yang paling penting Ini membantu membangun loyalitas merek dan menambah keuntungan Toko mu.
Gimana? Menarik bukan? Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman, kerabat, saudara dan kenalan ya ^^
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat