7 Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Menarik dan Potensial untuk Dikembangkan
Sales & Marketing | 21 November 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / SEO VS SEM Simak Kelebihan dan Kekurangannya untuk Bisnismu
2 Mei 2024 | marketing
Dalam era digital seperti saat ini, pemasaran online menjadi salah satu strategi yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas dan menghasilkan penjualan bagi bisnis. SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan dua strategi utama dalam pemasaran online yang digunakan oleh banyak bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara SEO dan SEM, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk bisnismu.
SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web di hasil pencarian organik (non-berbayar) dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari SEO:
Kelebihan SEO:
Kekurangan SEO:
Contoh SEO:
Contoh SEO adalah optimasi kata kunci pada halaman web untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian organik. Misalnya, jika Anda memiliki situs web penjualan baju online, Anda akan melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan konten situs Anda dengan kata kunci yang relevan seperti "beli baju online" atau "toko baju online terbaik".
Baca Juga : Langkah-Langkah Penting Strategi Mempersiapkan Bisnis Anda Agar Bisa Buka Cabang
Baca Juga : Strategi Pemilihan Lokasi Usaha Kunci Sukses Operasional Bisnis Kecil
SEM adalah strategi pemasaran di mana perusahaan membayar untuk menempatkan iklan mereka di hasil pencarian mesin pencari. Kelebihan dan kekurangan dari SEM adalah sebagai berikut:
Kelebihan SEM:
Kekurangan SEM:
Contoh SEM:
Contoh SEM adalah penggunaan iklan berbayar seperti Google AdWords untuk muncul di hasil pencarian berbayar. Misalnya, Anda dapat membuat kampanye iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan iklan Anda akan muncul di bagian atas atau samping halaman hasil pencarian Google ketika pengguna mencari kata kunci tersebut.
Baca Juga : Sukses Tanpa Batas Menggali Potensi Contoh Pemasaran Organik Yang Memukau
Baca Juga : CTA Rahasia Sukses Pemasaran Pentingnya Dalam Mendorong Aksi Pelanggan
Baik SEO maupun SEM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mempertimbangkan tujuan bisnis Anda, anggaran pemasaran, dan kebutuhan pasar Anda sebelum memutuskan strategi mana yang akan Anda gunakan. Kombinasi keduanya dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan visibilitas dan menghasilkan penjualan bagi bisnis.
Yuk Pakai Aplikasi Kasir Pintar untuk pengoptimlan penggunaan SKU dalam barang dagangan kalian.
Dengan Kasir Pintar, Anda bisa mendapatkan:
- Upload barang atau produk unlimited di database
- Catat transaksi unlimited
- Catat berbagai jenis metode pembayaran
- Terintegrasi dengan Qris untuk pembayaran online
- Cetak & Kirim WhatsApp struk kepada pelanggan
- Laporan penjualan lengkap
- Integrasi toko online
Coba Gratis 30 Hari Tanpa syarat dan jangan lupa untuk menggunakan Kasir Pintar Pro untuk mengetahui semua fiturnya dan merasakan kemudahan dalam menggunakan aplikasi.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat