Insight Bisnis / Branding / Social Selling : Cara Menggunakan Instagram untuk Membangun Brand Awareness dan Melakukan Penjualan

Social Selling : Cara Menggunakan Instagram untuk Membangun Brand Awareness dan Melakukan Penjualan

13 Desember 2022 | marketing

Kasir Pintar

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan digital. Dengan media social kita dapat membangun kesadaran merek, menemukan pemirsa baru, dan bahkan menutup penjualan.

Namun dari semua platform media sosial, Instagram telah menjadi salah satu hal yang paling berharga bagi para pengecer. Dengan kemampuan untuk menjual produk secara langsung melalui postingan yang disertai dengan tag belanja, Instagram telah menjadi saluran penjualan yang bonafit. .

Jika kamu seorang bisnis atau wirausaha mandiri yang ingin memulai bisnis, panduan singkat ini cocok untuk kamu. Baca terus untuk mengetahui kiat dan wawasan mengenai social selling.

Mengenal Audiens

Hal pertama yang perlu diketahui : Pengguna Instagram adalah manusia, sama seperti kamu dan saya. Itu berarti mereka merespons konten yang terasa seperti dibuat oleh para audience mereka (orang-orang) dan ditujukan khusus untuk orang-orang seperti mereka juga.

Di situlah personalisasi masuk. Menurut TechTarget, personalisasi adalah “sarana untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif dan efisien, untuk membuat interaksi lebih cepat dan lebih mudah, dengan akibat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kemungkinan kunjungan berulang.”

Pada dasarnya ini berarti bahwa, sebagai bisnis kamu harus secara aktif melihat siapa saja target pelangganmu, dan lebih jauh lagi seperti target untuk audiens Instagram-mu.

Untungnya, jika kamu memiliki akun Instagram bisnis (yang harus dibuat jika ingin meningkatkan kesadaran merek untuk bisnis-mu), kamu dapat menggunakan aplikasi Instagram itu sendiri untuk melihat semua jenis data di basismu saat ini, seperti : usia hingga lokasi dan banyak lagi.

Setelah kamu memiliki beberapa data dasar tentang pengikut di Instagram-mu, inilah saatnya untuk memikirkan jenis konten apa yang akan beresonansi dengan mereka.

Atau, jika pengikutmu saat ini berbeda dari target toko, pikirkan bagaimana cara kamu agar dapat memutar jenis konten yang ingin dibuat untuk tetap berhubungan baik dengan audiens targetmu.

Ada banyak cara berbeda untuk melakukannya, mulai dari menghadirkan wajah yang lebih muda untuk berbicara lebih langsung kepada demografi yang lebih muda, hingga mengubah keseluruhan tampilan dan nuansa akun. 

Membuat Tampilan dan Nuansa yang Tepat Untuk Kesadaran Merek

Salah satu hal terbaik tentang Instagram adalah seberapa banyak ruang yang tersedia untuk variasi, kreativitas, dan ekspresi diri. Namun sayangnya, itu juga berarti bahwa platformnya bisa sangat banyak, terutama jika kamu tidak memiliki latar belakang desain grafis atau fotografi.

Tetapi menemukan nuansa yang tepat untuk kehadiran sebuah produk di Instagram dapat menemukan banyak hal untuk kesadaran merek secara keseluruhan.

Idealnya, Instagram harus menjadi perpanjangan dari merekmu sendiri, jadi ketika memikirkan bagaimana kamu ingin Instagram-mu terlihat, penting untuk fokus pada hal-hal seperti logo saat ini, situs web, atau bahkan fitur desain apa pun yang sudah ada.

Jika kamu ingin mengembangkan Instagram secara organik dari skema warna yang ada, pilihan font, dan desain estetika keseluruhan.

Luangkan beberapa menit untuk memikirkan penampilan-mu saat ini : apa yang kamu suka, dan menurutmu apa yang bisa ditambahkan?

Bagaimana kamu menggambarkan tampilan merek? Dari sana, kamu dapat bermain-main dengan menambahkan posting grid, serta cerita dan fitur Instagram lainnya yang terasa sesuai dengan apa yang sudah kamu miliki, dan membuatmu bersemangat tentang merekmu.

Kamu juga tidak perlu takut untuk mencari inspirasi dari orang lain. Ada jutaan akun yang dikuratori dengan baik di luar sana untuk memberikan inspirasi palet warna, gaya fotografi (letak datar, foto lanskap, foto produk), dan bahkan penulisan teks.

Penting juga untuk melihat pesaing. Pikirkan nama terbesar di industri atau vertikal spesifikmu, dan lihat halaman mereka. Lebih baik lagi, ikuti mereka sehingga kamu dapat tetap mengikuti tren industri saat ini, dan tunjukkan niat baik terhadap sesama bisnis di sepanjang jalan.

Setelah kamu mendapatkan semua inspirasi gaya, analisis, dan ide, mungkin kamu juga bertanya-tanya bagaimana cara mengubah ide menjadi postingan yang sebenarnya.

Saat ini, ada banyak sekali layanan dan aplikasi perangkat lunak gratis di luar sana yang dapat membantu siapa saja, bahkan seseorang yang baru mengenal desain grafis, banyak yang bermain-main dengan foto mereka.

Layanan editing seperti Canva sangat populer dan mudah digunakan. Salah satu cara terbaik untuk memahami tampilan dan nuansa Instagram-mu adalah dengan bereksperimen.

Dan ingatlah, salah satu keindahan Instagram adalah dapat menghapus apa pun yang tidak kamu sukai.

Menggunakan Story, Reels, dan Postingan Langsung

Meskipun posting grid asli akan selalu memiliki tempat dalam kesuksesan akun Instagram selama beberapa tahun terakhir, platform Instagram telah berkembang untuk memasukkan segala macam cara lain untuk terlibat dengan audiens dalam membuat konten.

Memiliki pegangan yang baik pada bentuk konten lain, sambil tetap mengingat strategi keseluruhan yang kohesif, dapat menghasilkan keajaiban dalam hal memperluas jangkauan penjualan sosial dan kesadaran merek kamu.

1. Story Instagram :

Untuk membuat konten dengan cepat, tidak ada yang mengalahkan kisah Instagram. Potongan konten kecil-kecil ini (yang bisa mencakup gambar dan video) sangat bagus karena kamu dapat mempostingnya dan akan menghilang 24 jam kemudian.

Karena itu, Instagram story bisa sangat bagus untuk mengiklankan penjualan kilat, mempromosikan konten pembuat konten lain dalam niche-mu, atau bahkan hanya mencoba jenis konten baru yang (kamu sedikit tidak yakin).

2. Reels Instagram :

Ini adalah fitur baru di dunia Instagram, reels telah semakin populer sejak diperkenalkan. Sederhananya, ini adalah semacam video yang setara dengan posting grid : video pendek di mana kamu memiliki kebebasan kreatif penuh untuk mendiskusikan apa pun.

Berdasarkan format TikTok yang populer, reels dapat dimanfaatkan untuk memamerkan produk, masalah yang tidak dapat diatasi (dan bagaimana produkmu menyelesaikannya!) Atau sekadar memamerkan kepribadian merek-mu kepada khalayak luas yang tertarik dengan reels singkat, dengan catatan format video harus menarik.

3. Postingan Langsung :

Punya sesuatu untuk dikatakan, dan ingin mengatakannya secara langsung? Maka siaran langsung mungkin merupakan jenis konten yang tepat untukmu.

Dengan "Live" atau streaming langsung, memungkinkan untuk berinteraksi dengan audiens-mu secara real time. Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk melakukan demo produk.

Kamu juga bisa meminta bantuan kepada seseorang yang penting dalam pendirian bisnis tersebut, seperti pendiri atau CEO untuk datang dan menjawab beberapa pertanyaan (dilakukan untuk menarik perhatian audience).

Meskipun "live instagram" mungkin terasa berisiko tinggi karena tidak dapat diulang, sama halnya seperti "story" yang bisa menghilang dari umpan setelah selesai (kecuali jika kamu memilih untuk menyimpannya ke sorotan).

Jika kamu memiliki sesuatu untuk dikatakan, dan jika kepribadian merek cocok untuk tampilan yang tidak biasa atau di belakang layar, siaran langsung mungkin merupakan cara termudah untuk mendapatkan apa yang ingin kamu katakan di luar sana.

Melakukan penjualan dengan Instagram Shopping

Tahukah kamu? Kamu dapat mengatur akun Instagram untuk mengaktifkan belanja langsung melalui aplikasi. Fitur baru yang praktis ini berlaku untuk posting grid, story, dan bahkan reels.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu adalah dengan mengurangi sesuatu yang disebut “gesekan”. Gesekan berarti jumlah langkah, waktu, dan energi yang diperlukan calon pelanggan untuk melakukan pembelian, mengunjungi situs, atau melakukan konversi.

Dan salah satu cara terbaik untuk mengurangi gesekan adalah dengan membiarkan pelanggan berbelanja sesuatu tanpa harus diarahkan ke situs web.

Belanja di Instagram adalah cara yang mulus untuk menjaga perhatian pelanggan kepada merek-mu dan memungkinkan mereka untuk berbelanja sekaligus, dari kenyamanan umpan Instagram mereka sendiri.

Kesimpulan

Jika kamu seorang pengecer yang ingin memperluas jangkauan secara online, penjualan sosial adalah peluang pendapatan yang menunggu untuk dibuka.

Dengan menciptakan pengalaman yang tepat untuk merek dan memanfaatkan alat perdagangan Instagram yang kuat, kamu dapat mengubah strategi media menjadi saluran penjualan online yang lengkap.

Kami harap panduan singkat ini daat memberimu beberapa insight cepat dan mudah untuk memulai perjalanan social selling-mu di Instagram.

Jika kamu sudah memiliki bisnis, tentu sangat sulit bukan untuk memanajemen keuangannya dengan baik? terlebih lagi jika bisnismu saat ini sedang berkembang pesat.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena Kasir Pintar akan memberikan solusi yang sangat menguntungkan dan bisa membuat bisnismu lebih maju lagi.

Apa Itu Kasir Pintar? Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.

Kenapa Harus Kasir Pintar?

  • Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
  • Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
  • Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
  • Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
  • Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik

Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia

Download sekarang juga!

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur