Insight Bisnis / Sales & Marketing / Strategi Campaign yang Dilakuin Padang Payakumbuah! Perang Tweet Sampe Challenge Viral

Strategi Campaign yang Dilakuin Padang Payakumbuah! Perang Tweet Sampe Challenge Viral

22 Februari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Siapa nih yang gak tahu rumah makan Padang Payakumbuah? Yap, rumah makan Padang milik Arief Muhammad ini sempat berhasil menarik banyak perhatian audiens lho! Kok bisa? 

Arief Muhammad sempat menghebohkan warga twitter dengan trend #TimPakeTangan dan #TimPakeSendok. Siapa nih yang kemarin join trend itu? 

Trend yang ramai di twitter merupakan campaign yang digunakan Arief Muhammad untuk acara peresmian RM Payakumbuah Gading Serpong.

Tentunya, campaign yang digunakan ini berhasil menarik banyak perhatian audiens. 

Lalu strategi marketing seperti apa yang berhasil menyukseskan campaign ini? Mari kita bahas satu per satu!

Strategi Marketing STEPPS

Yap, Ariefmuh memakai strategi marketing STEPPS yang berhasil menyukseskan campaign yang dilakukannya untuk acara peresmian RM Payakumbuah. 

Apa itu strategi marketing STEPPS? STEPPS adalah sebuah model yang membantu perusahaan dan pemasar untuk memahami bagaimana membuat kampanye pemasaran yang efektif.

STEPPS merupakan singkatan dari Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, dan Stories.

Berikut ini penjelasan secara lengkapnya:

1. Social Currency

Membuat produk atau layanan yang membuat orang merasa khusus dan membanggakan dapat menciptakan "Social Currency" dan membantu membangun buzz atau gema di sekitar merek kamu.

Nah, Armuh memilih public figure yang bisa dijadikan trendsetter untuk menggiring audiens yaitu Azizi JKT48.

Tweet yang ditulis Azizi banjir likes dan views lho!

Baca Juga: Wow! Strategi Marketing Mixue: Malaikat Pencatat Ruko Kosong

2. Triggers 

Triggers ini adalah hal-hal yang mengingatkan orang tentang produk atau layanan kamu, seperti jingle atau slogan.

Dengan menciptakan asosiasi antara merek kamu dan pemicu tertentu, kamu dapat meningkatkan kesadaran merek dan pengenalan merek. 

Nah dari tweet Azizi tadi mentrigger Armuh untuk membuat challenge makan nasi padang pake sendok vs pake tangan.

Tidak hanya itu, trigger Jerome Polin untuk ikut challenge makan nasi padang pake sumpit. 

Dari challenge tersebut nanti akan mendapatkan hadiah voucher makan nasi padang gratis seumur hidup di RM Payakumbuah lho!

Lalu, cara ini lah yang berhasil bikin netizen saling beradu sekte makan nasi padang. 

3. Emotions 

Emosi ini akan dapat membantu merek kamu menjadi lebih mudah diingat dan menarik perhatian.

Pesan pemasaran yang mengandung emosi seperti sukacita, kejutan, atau kekesalan, dapat membantu kamu menarik perhatian dan membuat kesan yang kuat.

Kemudian karena trigger yang sudah disebutkan tadi, netizen ikut komen di tweet Azizi sambil kirim foto dengan menggunakan hastag #TimPakeTangan dan #TimPakeSendok.

Secara tidak langsung hastag tersebut menjadi Trending Topic Indonesia.

Tentunya makin banyak yang bahas.

4. Public 

Manusia sangat terpengaruh oleh apa yang dilakukan oleh orang lain.

Menciptakan bukti sosial dapat menjadi alat pemasaran yang kuat.

Misalnya, menyoroti ulasan pelanggan atau konten yang dibuat pengguna dapat membuat orang lebih cenderung untuk mencoba produk atau layanan kamu.

Setelah viral nih tweet dan di instagram, yang dilakukan Armuh adalah mempromosikan challenge Tanding Tangan Sendok di Theater JKT48.

Kehadiran mereka pun disambut banyak fans JKT48 dan dapat menarik perhatian publik tentunya. 

5. Practical Value

Manusia selalu mencari cara untuk menghemat waktu, uang, atau usaha.

Menawarkan nilai praktis melalui tips, trik, atau saran yang berguna dapat menjadikan merek kamu sebagai sumber daya yang berguna dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Challenge yang dibuat oleh Armuh ini tidak hanya bertujuan untuk promosi saja, melainkan juga untuk mewariskan budaya Minang yaitu masakan Padang dan Tari Piring.

Bahkan saat acara peresmian Armuh mengundang Gubernur Padang lho!

6. Story

Manusia cenderung merespons kisah, sehingga menganyam narasi di sekitar merek kamu dapat menjadikannya lebih mudah diingat dan lebih menarik.

Kisah yang menarik dapat membantu kamu terhubung dengan pelanggan pada tingkat emosional dan menciptakan identitas dan tujuan merek yang jelas.

Tentunya campaign ini dikemas dengan cerita yang sangat rapi dan menarik.

Mulai dari perang tweet antara Azizi JKT48 dan Armuh sampai challenge Tim Tangan vs Tim Sendok yang disiarkan secara live streaming. 

Baca Juga: Wow! Ternyata Ini Strategi Marketing yang Digunakan Karen's Diner

Gimana ampuh banget bukan formula STEPPS ini untuk strategi marketing kamu?

Dengan menggunakan enam elemen STEPPS ini, perusahaan dan pemasar dapat mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan menarik minat konsumen.

Itu tadi strategi marketing STEPPS yang dilakukan Arief Muhammad untuk acara peresmian rumah makan Padang Payakumbuah bisa kamu terapkan juga sebagai strategi marketing di bisnis kamu. 

Sebelum itu, kamu sudah tahu belum dengan Aplikasi Kasir Pintar?

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur