Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Strategi Digital Marketing Organic vs Berbayar, Mana yang Lebih Efektif?
25 Januari 2023 | marketing
Sebagai pemilik bisnis yang ingin memasarkan bisnis melalui digital marketing, mungkin kamu sering bertanya.
"Manakah strategi digital marketing yang lebih efektif, apakah organic atau paid marketing?"
Hal ini kerap terjadi karena kedua strategi tersebut memiliki pola kerja yang mirip dan memiliki goals yang sama, yaitu meningkatkan sales.
Sebagai ilustrasi, jika kamu ingin menyiram tanaman maka organic marketing bisa digambarkan seperti sedang menunggu hujan dan paid marketing seperti sedang menyirami tanaman dengan menggunakan selang air.
Tentunya, ada persamaan dan perbedaan untuk kedua strategi digital marketing tersebut, tergantung dari tujuan bisnisnya.
Supaya bisa makin mengenal dua strategi digital marketing tersebut, mari simak penjelasan lebih lanjut tentang apa itu organic marketing dan paid marketing.
Organic marketing adalah strategi digital marketing yang menghasilkan traffic pada bisnis dari waktu ke waktu tanpa menggunakan metode berbayar.
Caranya dengan menciptakan hubungan dengan konsumen melalui penyediaan konten yang bermanfaat dan menarik bagi mereka.
Organic marketing sendiri menggunakan SEO, media sosial, dan media lainnya untuk meningkatkan brand awareness di mata target audiens.
Di sisi lain, paid marketing menggunakan metode berbayar untuk menargetkan, menjangkau, dan mengonversi target audiens dengan cepat.
Paid marketing adalah strategi yang paling efektif untuk meningkatkan sales secara instan.
Setiap iklan akan langsung mengarah kepada halaman produk, landing page, atau media apa pun yang bisa menghasilkan hasil finansial.
Setelah mengetahui arti dari organic marketing dan paid marketing, kamu juga perlu memahami perbedaan di antara keduanya agar bisa memilih mana yang paling cocok untuk mencapai tujuan bisnis.
Sebagai kesimpulan, kedua strategi digital marketing ini saling melengkapi karena mereka bisa digunakan untuk mendapatkan engagement dan konversi dengan cara yang berbeda.
Sebagai gambaran, jika hanya mengandalkan paid marketing maka bisnis kamu tidak bisa terhubung dan memiliki koneksi dengan konsumen.
Ketika mereka hanya melihat iklan tanpa konten yang bisa mengedukasi, informatif, atau menghibur, mereka akan kehilangan minat pada bisnis kamu atau bisa jadi malah beralih untuk memilih pesaing.
Menggabungkan organic dan paid marketing bisa memberi hasil yang lebih efektif, kamu bisa meningkatkan brand awareness sambil membangun relasi personal dengan konsumen.
Dengan strategi digital marketing yang terintegrasi maka kamu bisa membawa hasil yang maksimal untuk bisnis.
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat