Insight Bisnis / Branding / Strategi Jitu Buat Nama Brand Terkenal dan Viral
10 Mei 2022 | marketing
Sebelum membuka bisnis atau usaha, hal pertama yang penting untuk disiapkan adalah membuat nama brand untuk usahamu.
Sebuah nama brand yang Anda pilih harus bisa menjadi identitas bagi bisnis. Pemilihan sebuah nama brand, juga berpengaruh bagi kesuksesan suatu bisnis.
Banyak pengusaha yang sering bertanya bagaimana sih membuat nama brand yang mudah viral dan gampang dikenal orang? atau bagaimana sih membuat nama untuk brand yang menjual?.
Membahas nama untuk brand usaha kita memang penting untuk dipelajari karena alasannya yaitu
Dari alasan tersebut, nama brand memang sangat penting untuk dipikirkan sejak awal membangun usaha.
Ada beberapa strategi yang bisa kita terapkan untuk menentukan nama brand usaha kita, kali ini kita akan membahas melalui strategi pendekatan kategori
Apa itu pendekatan kategori? jadi simplenya kita membuat nama brand dengan menggunakan nama yang menunjukan / mengarahkan pada produk tertentu.
paling banyak strategi ini digunakan oleh usaha kuliner karena dapat menunjukkan dari awal menu apa yang dijual.
Contoh nama usaha yang menggunakan pendekatan kategori seperti Sop Buntut ............, Sego Kulit ........., Ayam Geprek ……, dan lainya
strategi ini mempunyai beberapa manfaat khususnya buat Anda yang mempunyai budget kecil dan tidak cukup untuk membangun nama brand (branding)
Selain itu dengan menerapkan strategi ini konsumen juga bakalan langsung tahu apa sih yang dijual oleh bisnis Kamu.
Ada 2 teknik yang bisa digunakan yaitu :
Cara pertama kita bisa menggunakan nama-nama kategori umum yang mudah dikenali oleh konsumen.
seperti contoh Sop Buntut ...., Sego Kulit ....., Gudeg ....., Ayam Penyet .........
Kita membuat nama brand dengan menggunakan kategori yang lagi viral atau lagi banyak dibicarakan orang umum.
seperti contoh Nasi Goreng dendeng Lemak …, Balungan Dinosaurus …, Jambal Asin ...., dll
Khusus poin nomor 2 Anda harus memperhatikan beberapa hal ini :
khususnya di platform seperti TikTok dan IG Reels. Kamu harus rajin-rajin perhatikan apa yang sedang viral dan banyak dibahas oleh konten kreator.
Jangan seperti Es Kepal Milo misalnya yang hanya bertahan beberapa bulan, kecuali memang Anda memang mengejar short term business untuk mendulang cuan.
Nah ini penting sekali yah apalagi misalnya kita mengambil nama yang memang sedang viral kategorinya, biasanya ini berasal dari sebuah brand yang mempopulerkan nama tersebut ato dari influencer yang membuat nama tersebut terkenal, harus dipastikan HKI memang aman.
Ingat, nama kategori yang viral tidak berarti begitu kita pakai ada jaminan bakal viral, tetep harus disiapkan WOW Factor lainnya sehingga Foodpreneur bisa mendapatkan benefit dari strategi ini.
Jika brandnya sudah ada dan aman, segera konsep campaignnya dengan menarik, cepat dan massive agar masih dapet MOMENT nya, jangan sampai momentnya sudah lewat dan kategori tersebut menjadi tidak menarik lagi.
Nah tunggu apa lagi, sudah siap bikin nama brand yang menarik? kami tunggu namanya
Artikel Terkait
Artikel Belum Tersedia
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat