Insight Bisnis / Branding / Wow! Brand Lokal Asli Indonesia Ini Berhasil Mendunia!

Wow! Brand Lokal Asli Indonesia Ini Berhasil Mendunia!

23 Februari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Brand lokal adalah merek atau label dagang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau individu yang berbasis di suatu negara tertentu, dan biasanya hanya dikenal di negara tersebut atau wilayah tertentu.

Brand lokal sering kali diidentifikasi dengan karakteristik dan kultur lokal, serta sering kali mengandalkan pasar domestik sebagai basis utama untuk penjualan produk atau layanan mereka.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, beberapa brand lokal mampu memperluas pasar mereka dan meraih popularitas di luar negeri, bahkan di tingkat internasional.

Dalam hal ini, brand lokal dapat berperan sebagai agen promosi budaya dan identitas nasional suatu negara, serta membawa dampak positif bagi perekonomian dan citra negara tersebut di mata dunia.

Brand Lokal Indonesia yang Berhasil Mendunia

Berikut beberapa brand lokal milik Indonesia yang berhasil mendunia:

1. Indomie

Indomie adalah merek mie instan yang diproduksi oleh perusahaan Indofood, yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia.

Indomie telah menjadi merek mie instan yang terkenal di seluruh dunia.

Memiliki sebanyak 16 pabrik, 15 miliar paket Indomie yang diproduksi setiap tahunnya, dan diekspor ke lebih dari 60 negara di dunia. 

Baca Juga: Tips Jual Produk via Livestreaming

2. Tolak Angin

Tolak Angin adalah merek obat herbal yang dikenal di Indonesia.

Obat ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Sido Muncul, yang didirikan pada tahun 1940 dan bermarkas di Solo, Jawa Tengah.

Tolak Angin diproduksi dengan bahan-bahan alami seperti jahe, kunyit, kayu manis, dan madu, serta mengandung berbagai macam vitamin dan mineral.

Tolak Angin telah menjadi salah satu merek obat herbal yang paling populer di Indonesia dan seringkali dijadikan sebagai obat alternatif yang lebih aman dan alami daripada obat-obatan kimia.

Selain itu, Tolak Angin juga telah diekspor ke beberapa negara di Asia dan Eropa.

3. Cotton Ink 

Cotton Ink adalah merek fashion lokal Indonesia yang didirikan oleh dua sahabat, Ria Sarwono dan Carline Darjanto, pada tahun 2008.

Merek ini dikenal dengan pakaian-pakaian bergaya kasual yang simpel namun tetap modis dan berkelas.

Cotton Ink menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan desain yang inovatif untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan tahan lama.

Merek ini menyediakan berbagai macam pakaian dan aksesori, seperti kemeja, blus, dress, celana, tas, dan sepatu.

Cotton Ink telah meraih popularitas di Indonesia dan kini telah merambah ke pasar internasional, termasuk di negara-negara Asia Tenggara dan Australia.

Merek ini juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan, serta memberdayakan pengrajin lokal untuk menghasilkan produk-produk fashion yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.

4. Polygon Bikes 

Polygon Bikes adalah merek sepeda yang berasal dari Indonesia.

Merek ini didirikan pada tahun 1989 oleh perusahaan Tjahaja Group, yang berkantor pusat di Sidoarjo, Jawa Timur. Polygon Bikes dikenal dengan sepeda-sepeda berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Polygon Bikes memproduksi berbagai macam jenis sepeda, mulai dari sepeda gunung, sepeda balap, sepeda santai, hingga sepeda lipat.

Merek ini menggunakan teknologi dan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk-produk yang ringan, tahan lama, dan mudah dikendalikan.

Polygon Bikes telah meraih popularitas di Indonesia dan juga di pasar internasional, dengan mengekspor produk-produknya ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia.

Merek ini juga menjadi sponsor beberapa tim balap sepeda di tingkat internasional, termasuk tim balap sepeda UCI WorldTour, yaitu Team BikeExchange.

5. Eiger 

Eiger adalah merek produk perlengkapan dan peralatan petualangan atau outdoor yang berasal dari Indonesia.

Merek ini didirikan pada tahun 1993 dan berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat.

Eiger dikenal dengan produk-produk berkualitas tinggi dan inovatif untuk aktivitas petualangan, seperti mendaki gunung, camping, hiking, dan lain sebagainya.

Eiger menyediakan berbagai macam produk, mulai dari tas gunung, tenda, sleeping bag, jaket, celana, dan aksesori lainnya.

Merek ini menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknologi yang canggih untuk menghasilkan produk-produk yang tahan lama dan dapat diandalkan di berbagai kondisi cuaca dan medan.

Eiger telah meraih popularitas di Indonesia dan juga di pasar internasional, dengan memiliki toko-toko di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Merek ini juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan, seperti program penanaman pohon dan kampanye kebersihan lingkungan, untuk mempromosikan gaya hidup yang ramah lingkungan.

6. Wakai

Wakai adalah merek sepatu casual asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2012.

Merek ini memiliki ciri khas desain yang simple dan unik, dengan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi, serta nyaman dan ringan saat digunakan.

Wakai menggunakan bahan-bahan seperti kanvas, kanvas denim, kulit, dan bahan tekstil lainnya untuk membuat berbagai jenis sepatu, seperti sepatu slip-on, sneakers, dan sandal.

Desain Wakai juga seringkali terinspirasi oleh budaya pop Jepang, dengan tambahan aksen dan detail yang khas.

Wakai telah meraih popularitas di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Merek ini juga aktif dalam kegiatan sosial, dengan berkontribusi pada program-program seperti penyediaan sarana air bersih di daerah terpencil dan pembangunan sekolah.

Baca Juga: Pengusaha Wajib Baca! Strategi Usaha Kuliner yang Bisa Naikin Omset

Brand-brand lokal Indonesia di atas telah berhasil menembus pasar internasional dan menjadi perwakilan bangga dari Indonesia di kancah global.

Brand lokal Indonesia yang telah mendunia memperlihatkan betapa kreatif dan inovatifnya industri kreatif Indonesia.

Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar

Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :

- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi

Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.