Pencatatan Keuangan untuk Bisnis yang Lebih Baik

Dalam suatu bisnis, pencatatan keuangan adalah sesuatu yang sangat penting jika bisnis tersebut menginginkan kesuksesan. Pembukuan adalah proses yang mengacu kepada kegiatan pengorganisasiandan penyimpanan dokumen keuangan bisnis, salah satunya adalah laporan keuangan. Pembukuan tak hanya untuk Perusahaan besar, tapi juga bisa di terapkan di bisnis kecil seperti UMKM.

Dalam membangun bisnis tentu banyak hal penting yang dibutuhkan, salah satunya adalah sistem pencatatan keuangan yang benar dalam mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Dengan pencatatan yang sistematis para pebisnis mampu melihat sekaligus menganalisa modal dan mengambul langkah saat  terjadi penyimpangan dari rencana yang sudah ada. 

Kali ini Kaspin akan memberikan pengertian tentang macam-macam dari jenis pencatatan keuangan

Pengeluaran

Suatu bisnis memerlukan buku terpisah yang digunakan khusus untuk mencatat segala aktivitas pengeluaran dalam bisnis. Pengeluaran ini mencakup dari bahan baku, operasional sampai gaji karyawan. Biasanya, biaya pengeluaran bisnis dibagi menjadi 2 macam yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung.

Biaya langsung yaitu biaya yang digunakan untuk pembelian bahan bakuyang terjadi pada hari tertentu bahkan hari yang sama, biaya tidak langsung biasanya berbetuk biaya operasional seperti listrik, PDAM, internet dan Gaji Karyawan yang dibayarkan setiap bulanya.

Dengan melakukan pencatan biaya pengeluaran akan membantu para pebisnis mengetahui berapa modal yang sudah dikeluarkan sehingga mempermudah menentukan rencana di bulan depan.

Pemasukan

Selanjutnya yaitu jika berbicara pengeluaran otomatis lawan nya yaitu pemasukan, tak kalah penting pemasukan menjadi hal yang harus diperhatikan secara teliti. Pencatatan pemasukan dilakukan untuk mencatat seluruh pemasukan yang didapat dari penjualan produk atau jasa

Pencatatan pemasukan harus dilakukan secara benar dan jelas, kwitansi, bon, invoice dll lebih baik disimpan dan dijadikan sebagai bukti transaksi. Agar kelak jika ada kesalahan anda bisa mengetahui sumber nya.

Dengan memiliki catatan pemasukan yang benar anda bisa mengetahui berapa jumlah keuntungan anda sebenarnya.

Mengetahui Kondisi Finansial

Pemasukan yang meningkat tentu yang sangat diinginkan bagi para pengusaha, namun hal itu tidak terjadi apabila anda tidak menetapkan sistem pencatatan keuangan yang baik. Disini kita bisa mengetahui bahwa pencatatan keuangan berperan besar untuk mengetahui kondisi finansial yang terjadi dalam bisnis anda

Anda bisa membandingkan kondisi finansial dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun. Selain itu, pencatatan keuangan akan memberikan informasi secara detail mengenai keuntungan dan kerugian.jika kerugian yang terjadi maka anda dapat mengetahui biaya yang tidak diperlukan.

Baca Juga : Alasan Kenapa kamu harus menggunakan Aplikasi POS?
Mengetahui Efisiensi Penggunaan Uang

Kadang anda sering kali merasa budget yang dikeluarkan dalam bisnis terlalu banyak, kemungkinan hal ini terjadi karena anda tidak bijak dalam menggunakan uang usaha dan mengalokasikan uang secara tidak tepat

Pencatatan keuangan tentunya akan membantu Anda untuk mencatat anggaran yang diperlukan sehingga dapat meningkatkan efisiensi modal yang digunakan.

Membantu Mengambil Keputusan

Dengan mengetahui kondisi finansial perusahaan, tentunya Anda akan lebih mudah menentukan keputusan bisnis di masa mendatang. Misalnya, hasil penjualan produk tidak sesuai dengan target, padahal pelanggan selalu memberi feedback positif. Dari sinilah, Anda memutuskan untuk lebih fokus pada marketing untuk mempromosikan usaha Anda. Selain itu, pencatatan keuangan juga akan membantu meninjau apakah bisnis Anda perlu menambah karyawan, berinvestasi alat produksi, atau kebijakan lainnya.

Diatas adalah beberapa jenis dari pencatatan keuangan dalam  bisnis, anda juga bisa menggunakan software untuk memudahkan pencatatan keuangan anda seperti Kasir Pintar, menggunakan Kasir Pintar membuat usaha anda lebih efisien dan menghemat waktu anda, disamping itu Aplikasi POS seperti Kasir Pintar meminimalisir kesalahan dalam melakukan pencatatan keuangan.

Pelajari selengkapnya tentang Kasir Pintar disini

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.