Persiapan menghadapi kemungkinan terburuk dampak Corona pada bisnis

Sudah hampir 3 bulan semenjak virus ini mulai mewabah di cina negara tempat ditemukannya virus ini. Virus Corona atau yang disebut Covid 19 (2019-nCoV) yang menjadi pandemi sudah menyebar ke berbagai negara di dunia. Dari artikel ini ditulis sudah lebih dari 100 negara yang mulai disinggahi virus ini. Tak terkecuali Negara Indonesia, di Indonesia pun sudah mulai banyak orang yang dinyatakan positif terjangkit virus 2019-ncov.

Dengan mewabahnya virus ini banyak aktivitas yang terpaksa harus dihentikan. Mulai dari Sekolah, instansi pemerintah hingga beberapa bisnis juga ada yang tutup untuk sementara. Ini dilakukan karena kondisi saat ini di beberapa daerah di Indonesia diharuskan untuk mengurangi aktivitas di luar agar terhindar dari virus tersebut.

Baca Juga : Tingkatkan Profit bisnismu di tahun 2020, apa yang diperlukan?

Virus corona sangat berdampak terhadap kinerja kebanyakan bisnis. Akan tetapi Sebagai pelaku bisnis kita harus mempersiapkan diri untuk kondisi yang terburuk untuk saat seperti ini. Anda harus membuat Business Continuity Plan (BCP) sesuai dengan kebutuhan dari bisnis anda. Ada 3 tahap yang bisa anda lakukan, berikut penjelasanya.

Tentukan kondisi Daerah anda yang terdampak virus corona saat ini

Anda bisa menentukan beberapa metric untuk kondisi saat ini seperti

  1. Kondisi 1, daerah anda masih sedikit terjadi kasus tertular virus 2019-ncov
  2. Kondisi 2, mulai bermunculan banyak kasus tertular dan kematian. Namun kondisi masih bisa terkendali
  3. Kondisi 3, sangat banyak terjadi kasus dan kematian (>10)
  4. Kondisi 4, kondisi mulai tidak terkendali

Tentukan kondisi daerah anda sesuai dengan metric diatas, anda harus jeli untuk menentukan status dari daerah anda sehingga anda bisa membuat keputusan selanjutnya.

Buat manajemen karyawan sementara

Selanjutnya adalah anda harus memberikan prioritas terhadap staf dan karyawan anda terlebih dahulu. Bagaimanapun juga, jalanya bisnis anda tergantung dari keselamatan tim. Anda bisa membuat beberapa pengaturan sementara untuk kinerja dari staf anda tergantung dari kondisi tempat bisnis anda. 

Seperti contoh jika bisnis anda masih memungkinkan untuk jalan maka anda bisa membuat beberapa opsi seperti memisahkan beberapa shift dari karyawan anda. Yang kedua anda juga bisa memberikan tugas kepada staf anda untuk bekerja di rumah dengan ketentuan bidang dari pekerjaan staf tersebut memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah.

Lalu selanjutnya jika bisa dikerjakan dirumah, anda harus bisa menentukan apa saja yang akan dikerjakan dari staf anda? Bagaimana cara untuk tetap berkoordinasi? Dan berbagai persiapan lainya.

Siapkan perhitungan teknis bisnis

Karena situasi saat ini sedang tidak kondusif seperti biasanya, tentu banyak bisnis yang mengalami penurunan dalam segi penjualan dan omzet. Solusinya adalah anda harus mempersiapkan tentang segala yang berkaitan dengan teknis dari bisnis. Anda bisa memulai dengan pertanyaan seperti :

  1. Berapa opex minimal kita? bagaimana jika terjadi penurunan omset hingga 75%? 
  2. Jika rantai supply terganggu, apakah ada barang substitusi lainnya untuk bisnis kita?
  3. Bagaimana jika kondisinya mengharuskan merumahkan karyawan?
  4. Berapa saldo kas kita sekarang dan bisa bertahan berapa bulan saat terjadi kondisi terburuk?

Setidaknya tiga prioritas langkah diatas bisa dijadikan referensi awal terlebih dahulu. Sekian artikel dari kami semoga keadaan ini cepat membaik dan kembali seperti biasanya.

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

sumber : samdk.net 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *