Tips potong modal usaha untuk UMKM disaat wabah COVID-19

 

Modal usaha – Banyak sektor ekonomi yang mendapatkan dampak buruk semenjak adanya wabah virus corona ini. Tak terkecuali dengan UMKM yang juga mengalami penurunan drastis dikarenakan daya beli masyarakat yang turun. Banyak cara yang dilakukan oleh UMKM untuk mempertahankan bisnis mereka di masa krisis ini. Salah satunya yaitu dengan cara memotong modal usaha.

Dibawah ini penjelasan beberapa cara untuk memotong anggaran modal usaha agar bisnis UMKM tetap berjalan di masa pandemi COVID-19 ini.

1. Pangkas biaya untuk modal usaha

Jika biasanya anda menghabiskan biaya dari beberapa sumber seperti biaya produksi, biaya gaji karyawan dan biaya-biaya lainya. Rencanakan kembali untuk memotong kembali anggaran untuk biaya bisnis anda.

Seperti contoh jika anda biasanya menghabiskan banyak biaya di bahan baku untuk produksi. Maka rencanakan ulang untuk membeli bahan baku dengan harga yang lebih murah dengan cara bernegosiasi dengan supplier anda.

Jika rencana itu tidak bisa dilakukan anda bisa pikir ulang lagi dengan mencari supplier yang lebih murah dari biasanya. Sehingga biaya yang dihabiskan akan lebih sedkit dari biasanya. Kabar baik untuk anda yang ingin menhabiskan bahan baku dari supplier baru, anda bisa menetapkan fitur LIFO di dalam Aplikasi Kasir Pintar anda.

Baca Juga : Bedanya FIFO, LIFO , AVERAGE yang harus kamu tau

Contoh lain jika anda selama ini menghabiskan banyak biaya di gaji karyawan. Anda bisa mengkaji ulang agar bisa lebih menghemat pengeluaran untuk karyawan anda. Seperti jika selama ini anda memberikan uang transport untuk karyawan anda ketika bekerja.

Maka saat wabah COVID-19 ini anda bisa menerapkan sistem WFH (working from home) atau bekerja di rumah. Sehingga memungkinkan untuk anda tidak perlu memberikan uang transport untuk karyawan karena mereka sudah bekerja dirumah dan tidak memerlukan datang ke kantor.

2. Gunakan Media online secara gratis untuk marketing dan selling

Disaat ini sosial media sangan penting untuk dijadikan pemasaran bisnis dari produk anda. Karena banyak orang yang berdiam di rumah memungkinan mereka untuk selalu memantau smartphone mereka dan berselancar di sosial media.

Terbukti dengan sosial media bisa memasarkan produk anda secara cepat, terjangkau dan lebih maksimal. Gunakan sosial media sesuai dengan target market dari produk anda. Anda bisa menggunakan media iklan berbayar dari facebook dan instagram untuk keperluan marketing anda.

Dengan facebook ads anda bisa menjangkau orang-orang sesuai dengan target yang anda inginkan. Tentu biaya yang dikeluarkan di iklan ini sangat terjangkau, terutama untuk kalangan UMKM.

Setelah melakukan marketing di sosial media, selanjutnya adalah selling atau menjual produk anda dengan mengarahkan calon customer anda dari sosial media menuju toko online anda.

Selanjutnya anda bisa menggunakan marketplace atau membuat website toko online sendiri. Tentunya jika customer anda arahkan menuju marketplace mereka akan membanding-bandingkan dengan produk lain dan customer anda akan meningalkan jalur selling anda.

Jika anda membuat toko online sendiri, biaya yang dibutuhkan terbilang mahal. Tujuan utama dari artikel ini adalah memotong modal usaha anda. Jadi apa solusinya?

Anda bisa menggunakan e-katalog dari Kasir Pintar. Dengan e katalog anda bisa mengarahkan user potential anda untuk membeli dari toko anda. E-katalog mirip dengan toko online akan tetapi lebih mudah dan ringkas karena pesanan akan langsung menuju ke kontak anda (whatsapp dan email).

Baca Juga : Bisnis retail tetap jalan dengan e-katalog Kasir Pintar

3. Kurangi penggunaan kertas dan gunakan teknologi

Yang terakhir teori sederhana untuk memotong modal usaha adala dengan mengurangi penggunaan kertas dalam setiap kegiatan bisnis. Disamping mengurangi biaya, anda juga ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan.

misalkan jika terjadi penjualan terutama saat ini sedang merebak virus COVID anda bisa mengurangi penggunaan kertas diganti dengan teknologi kirim struk melalui email atau whastapp. Cara ini tentu menghemat beberapa beban dari bisnis anda.

Tak hanya itu baik itu untuk urusan laporan penjualan, laporan stok dan kebutuhan bisnis lainya anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat membuat semua menjadi paperless atau beralih ke digital.

Anda bisa dapatkan fitur tersebut dengan menggunakan Aplikasi Kasir Pintar, yang mempermudah kinerja bisnis anda, serta membuat segalanya bisa digunakan dalam digital.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Kasir Pintar di website resmi Kasir Pintar. Dapatkan uji coba gratis aplikasi selama 30 hari secara GRATIS.