Strategi Bisnis Online di masa karantina

Bisnis online – Saat ini banyak Kota di Indonesia seperti Jakarta masih diberlakukan PSBB. banyak orang sudah mulai bosan dan khawatir karena corona ini. Banyak bisnis UMKM mengalami kesulitan dalam mengelola bisnis untuk tetap bertahan.

Banyak saat ini para bisnis mulai beralih menuju online untuk menjaga bisnis agar tetap eksis. Lalu strategi apa yang harus digunakan untuk beralih ke bisnis online ini? Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda berjualan online.

Baca Juga : Permudah transaksi online dengan Olshopin Kasir Pintar

1. Tawarkan Delivery Online

Banyak restoran mengalami penurunan omzet dikarenakan adanya kebijakan seperti PSBB, Social distancing dan Physical Distancing. Yang intinya kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi orang untuk berkumpul dalam satu tempat.

Namun beberapa kota masih mengizinkan restoran untuk melakukan take-away atau jasa pengiriman makanan ke rumah pembeli. Maka ini solusi pertama yang harus anda lakukan agar bisnis anda tetap jalan.

Jika bisnis anda tidak mempunyai jasa delivery, anda bisa menggunakan aplikasi jasa pesan antar makanan untuk proses pengiriman barang. 

Selain itu jika bisnis anda berupa retail anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang dapat menghitung sekaligus ongkos pengiriman dari barang. Seperti olshopin yang dapat  dengan mudah mengontrol bisnis online anda dengan mudah.

2. Berikan Konsultasi Online

Strategi ini dibuat untuk anda yang mempunyai bisnis jasa seperti terapis, ahli gizi dan bisnis jasa lainya. Berikan konsultasi melalui media online seperti whatsapp, zoom atau media lainnya.

Dengan melakukan strategi ini membuat anda tetap berkomunikasi dengan pelanggan anda. 

3. Buat Formulir Data Pelanggan

Biasanya, bisnis Anda tidak mencatat data pelanggan karena langsung bertransaksi di tempat. Kini, justru saatnya untuk lebih teratur. Kumpulkan kontak dan daftar pelanggan dengan mengisi formulir pelanggan. Untuk pertama kali, Anda bisa menawarkan diskon atau voucher ketika pelanggan mengisi formulir.Selanjutnya, Anda dapat melakukan strategi pemasaran bisnis online melalui email yang mereka berikan saat mengisi formulir. Sekali lagi, ini untuk jangka panjang.

4. Buat Toko Online

Toko Online adalah salah satu platform yang menjadi senjata utama untuk para pebisnis online. Saat ini banyak bisnis yang mempunyai toko online baik itu di marketplace atau website sendiri.

Namun beberapa kendala sering menghampiri para pebisnis online jika menggunakan marketplace yaitu sering terjadi persaingan yang tidak sehat di dalamnya.

Begitu juga dengan menggunakan website sendiri yang terkendala dengan biaya hosting dan domain. serta anda harus menguasai beberapa skill khusus seperti SEO. 

Solusi yang tepat saat ini yaitu dengan menggunakan aplikasi olshopin jika dirasa anda merasakan seperti yang kita tulis diatas.

Dengan olshopin anda tidak perlu ribet dengan berbagai biaya tambahan seperti hosting dan domain. Dan juga fiturnya lengkap sehingga membantu anda berjualan online lebih mudah.

Pelajari selengkapnya tentang olshopin Kasir pintar 

5. Buat Situs Web untuk Bisnis Anda

Jika ingin strategi yang benar-benar jangka panjang, Anda dapat mulai membuat situs web untuk bisnis Anda. Jika sudah memiliki web, sekarang jadi saat yang tepat untuk memperbaiki dan merubah untuk meningkatkan pengalaman pengguna web Anda secara keseluruhan. Apakah branding sudah tepat? Dapatkah tata letak menu tertentu sedikit lebih jelas? Apakah ketika pengguna mengklik X maka akan ke halaman X?

6. Optimalkan SEO Situs Web Anda

SEO (search engine optimization) harus menjadi hal yang Anda kerjakan dan pelajari terus menerus jika memiliki situs web. Bagi banyak bisnis, menjadi sukses secara online berarti muncul di halaman pertama Google. Maksimalkan SEO situs web Anda

7. Menawarkan Kartu E-Gift Pelanggan

Banyak orang ingin mendukung bisnis kecil, salah satu cara mereka dapat melakukannya adalah dengan membeli kartu hadiah dari toko online favorit mereka. Atur dan jual e-gift online ke pelanggan Anda dan berikan promo menarik agar tetap membeli produk bisnis.

8. Buat Member untuk Bisnis

Dengan membuat member di bisnis Anda, pelanggan dapat mengakses konten eksklusif seperti video, artikel, panduan dan sebagai orang pertama yang mengetahui produk dan promosi terkini.

9. Siapkan Hiburan

Alih-alih terus menerus menjual dan memasarkan produk, Anda dapat mulai memberikan hiburan ke pelanggan Anda seperti video menarik, tips-tips yang terkait dengan produk atau podcast untuk menghibur pelanggan selama work from home. Hal ini akan membuat pelanggan semakin terikat dengan bisnis Anda walaupun selama pandemi.

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *