4 pengeluaran bisnis yang wajib ada saat perencanaan keuangan

Bisnis berjalan ditentukan oleh pengelolaan keuangan yang baik. Seringkali business owner tidak memperhatikan keuangan mereka secara terperinci sehingga banyak kebocoran yang terjadi. 

Dengan tidak mengelola keuangan secara baik akhirnya membuat pengeluaran membengkak dan terjadi kerugian dalam bisnis.

Salah satu hal penting untuk dilakukan adalah dengan mengetahui alur kas dari bisnis anda. Karena dengan mengetahui arus kas yang jelas bisa memberikan profit yang jelas pula. Dan tidak lagi anda mengandalkan asumsi belaka dan lebih fokus ke data (arus kas).

Anda harus membuat rencana keuangan bisnis anda dengan realistis. Dan oleh karena itu pengeluaran juga harus disertai dengan data yang valid. Bagi beberapa pebisnis pemula dan UMKM membuat perencanaan keuangan atau financial planning  yang baik mungkin sedikit membingungkan.

Namun anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Kami akan jelaskan jenis pengeluaran yang perlu anda masukkan kedalam financial plan bisnis. Apa saja yang perlu untuk dimasukkan?

Pertanyaan tersebut bisa kita mulai dengan 4 jenis pengeluaran yang harus ada dalam perencanaan agar bisnis anda tidak over budget.

Baca Juga : 5 Poin Penting hadapi New Normal dan Next Normal untuk bisnis

Pengeluaran untuk Riset Pasar

Sebelum anda memulai bisnis. Tentu anda harus melakukan kebutuhan riset pasar. Hal ini perlu untuk dilakukan karena sangat menentukan kesuksesan dari bisnis.

Yang pertama ketahui terlebih dahulu siapa yang membutuhkan produk dan jasa bisnis yang anda tawarkan, apa yang mereka butuhkan dari bisnis anda dan bagaimana cara mendapatkan mereka untuk kemudian membeli produk anda. 

Dengan mempertanyakan hal diatas anda bisa mengetahui apakah ide bisnis anda  bisa memiliki pasar dan bisa bertahan kedepan.

Namun seringkali jika anda melakukan riset pasar akan memakan biaya yang lumayan. Oleh karena itu anda wajib untuk memasukan ke dalam budget planning agar bisa memperkirakan berapa biayanya dan berapa kebutuhan yang bisa anda penuhi untuk riset pasar itu sendiri.

Salah satu solusi untuk riset pasar anda agar lebih efektif adalah dengan melalui jasa agensi. Mungkin diawal akan terasa mahal untuk biayanya namun anda bisa menghemat waktu dan biaya tambahan untuk keperuan riset pasar.

Karena agensi tersebut biasanya mempunyai pengalaman dan cara sendiri dalam membuat metric untuk keperluan riset dan survey. Bisa saja anda melakukan sendiri namun biaya dan waktu yang anda butuhkan bisa berlipat daripada anda menggunakan jasa survey.

Selain itu sumber daya yang anda miliki mungkin juga terbatas sehingga data yang didapat belum tentu komprehensif. Ayway apapun cara yang anda lakukan tetap sisihkan budget untuk melakukan riset pasar.

Asuransi

Saat anda membuat financial planning, pikirkan juga kemungkinan tentang risiko-risiko dalam bisnis kedepan. Apapun industri yang anda geluti hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membeli asuransi bisnis.

Selain bisa untuk melindungi karyawan, asuransi juga bisa menjadi safety net net yang menyediakan proteksi finansial untuk membantu bisnismu tetap bertahan di masa krisis.

Baca Juga : Kurangi Biaya Bisnis dengan Melakukan ini

Dalam mencari asuransi yang tepat untuk bisnismu, pertimbangkan mengenai faktor risiko dari bisnismu juga, misalnya bisnismu rentan bencana alam atau penipuan. Jadi pikirkan juga faktor eksternal yang dapat mempengaruhi usahamu. Kemudian mulai riset mengenai biaya masing-masing asuransi, yang mana yang masuk budget dan yang mana yang tidak. 

Biaya Pajak

Pelaporan pajak pertamamu setelah membangun bisnis akan sangat menantang. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan jasa konsultan pajak. Pasalnya, pajak untuk usaha jelas memiliki perbedaan dengan pajak untuk karyawan. Makanya ada banyak pebisnis pemula yang kebingungan dalam melakukan hal yang satu ini.

Baca Juga : Cara set diskon dan pajak dengan Kasir Pintar

Dalam tahun pertama usahamu, ada banyak hal yang bisa dicoret dari budget untuk tahun selanjutnya. Namun ada juga beberapa hal yang tetap membutuhkan alokasi budget per tahunnya. Maka itu, jauh sebelum kamu mulai melakukan pelaporan SPT, penting untuk mengetahui apa saja yang bisa dihilangkan dan apa saja yang tidak. 

Dengan demikian, kamu jadi tahu bagaimana pajak bisa mempengaruhi budget bisnismu. Jika kamu merekrut seseorang untuk menangani perpajakan bisnismu, jangan lupa tambahkan biaya itu juga ke dalam budget-mu. 

Biaya Software dan Aplikasi

Untuk saat ini banyak kita jumpai jasa software otomatis  yang dapat memudahkan kelola bisnis anda. Mulai dari kelola stok, pembukuan, laporan profit dan lain sebagainya.

Software tersebut memudahkan bisnis anda dan meningkatkan efektivitas dari kinerja bisnis, sembari anda bisa fokus di bidang lainya dalam pengembangan bisnis.

Oleh karena itu sediakan dana khusus untuk membeli dan berlangganan software tersebut diawal anda melakukan perencanaan keuangan. Budget setiap bisnis memang berbeda.

Untuk itu, sediakan dulu dana khusus untuk menyewa atau membeli perangkat lunak di awal. Budget tiap bisnis untuk hal ini bisa berbeda-beda, tergantung industri dan kebutuhan bisnismu. Misalnya jika kamu menjual berbagai jenis barang di berbagai platform e-commerce, kamu mungkin membutuhkan layanan manajemen multichannel yang membantu meninjau tiap stok dan pesanan. 

Contoh lainnya adalah jika kamu berjualan di website toko online sendiri. Agar lebih menghemat budget anda bisa berlangganan software yang satu paket dalam mengurusi kebutuhan bisnis anda.

Seperti Kasir Pintar yang memudahkan anda untuk anda mengatur dan memenuhi banyak kebutuhan bisnis anda. Jika contoh kasus seperti diatas anda bisa melakukan kontrol stok barang, transaksi, laporan untung rugi, toko online sekaligus terintegrasi ke laporan penjualan dan masih banyak fitur lainya yang memudahkan anda untuk menghemat budget dan waktu anda.

Dan agar budget tidak membengkak, usahakan untuk mengantisipasi kebutuhan ini di 1 atau 2 tahun pertama. Lebihkan juga budget-nya karena kamu kemungkinan akan menemukan software-software baru yang kamu butuhkan seiring dengan berkembangnya bisnis.

Download Kasir Pintar sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *