Sering terjadi selisih stok, Gimana Cara Mengatasinya?

Ada banyak kesalahan yang kerap terjadi dalam mengelola stok barang, salah satunya adalah selisih stok. Masalah ini terjadi saat ada perbedaan angka antara data pemeriksaan fisik dan data computer. Jika dibiarkan berlarut-larut, kegiatan operasional perusahaan akan terganggun dan berimbas pada banyak hal.

Apa penyebab selisih stok dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pengelolaan Ruang Persediaan Yang Buruk
Jika perusahaan memiliki gudang yang tidak baik bisa dibilang keadaanya buruk ini dapat menyebabkan permasalahan. Pasalnya ini akan berdampak pada efisiensi toko dan kerapian pada bagian gudang. Sebaiknya perusahaan memiliki gudang yang luas, bersih, dan aman, dengan begitu barang dapat diposisikan di tempat yang strategis. Dan untuk memudahkan menemukan barang yang ada di gudang, sebaiknya berikan label pada tempat penyimpanan barang. Perusahaan sebaiknya menyediakan rak tinggi, sehingga penggunaan ruang di gudang dapat maksimal atau efisien.

Proses Pengiriman dan Penerimaan Barang
Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan selisih stock barang adalah pencatatan data akan barang yang diterima dan keluar tidak sesuai. Karena itu, pencatatan barang yang keluar atau masuk harus dicatat dengan benar agar tidak terjadi adanya perbedaan data yang diterima sehingga, persediaan barang bisa terpantau dengan baik.

Kurangnya Pengecekan Fisik
Salah satu penyebab umum yang kerap terjadi adalah, kurangnya pengecekan fisik untuk stock barang yang dimiliki. Barang yang tersimpan di Gudang tidak selama akan berada dalam kondisi yang baik karena, ada nilai penyusutan yang terjadi atau barang rusak. Masalah ini bisa diatasi dengan pengecekan fisik secara teratur sehingga, pihak Gudang bisa menghitung barang yang tidak layak jual.

Apa itu Stok Opname?

Stok opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual. Kegiatan ini memang cukup menyita waktu, karena kamu akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung.

Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau ada yang terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dijualnya. Kedengarannya ribet ya? Tapi tenang saja. Kasir Pintar sudah menyediakan fitur stok opname untuk membantu kamu melakukan kegiatan ini!

Baca juga: Cara melakukan Stok Opname di Kasir Pintar

Kapan Stok Opname Harus Dilakukan?

Jawabannya tergantung dari kebijakan perusahaan dan jenis usahanya. Umumnya periode untuk melakukan perhitungan stok dilakukan dalam periode tahunan, per kuartal (4 bulan), triwulan (3 bulan), bahkan ada yang setiap bulan sekali.

Untuk menekan risiko selisih dari stok, pada beberapa perusahaan melakukan kegiatan opname stok barang di setiap awal bulan. Tujuannya adalah agar perbedaan stok dapat segera diketahui dan dicari tahu akar dari analisis perhitungannya. Jika penyebabnya adalah jumlah barang, maka jarak waktu ketika melakukan opname stok barang juga semakin lama. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di sela hari kerja atau ketika perusahaan sedang tidak beroperasi.

Jangan ketinggalan kabar terbaru dari Kasir Pintar. Follow kami di Instagram, Facebook, dan Twitter.