Hindari Penipuan dengan Menerapkan fitur Kasir Pintar

Hindari Penipuan dengan Menerapkan fitur Kasir Pintar – Kasir Pintar Pro sebagai aplikasi POS terbaik senantiasa memberikan solusi untuk memudahkan para pebisnis dalam kelola usahanya. Baik itu dari segi keuangan, penjualan, pembelian dan kegiatan operasional lainya.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang pebisnis adalah menghindarkan usahanya dari fraud atau penipuan.

Banyak bisnis atau usaha jatuh bukan karena faktor eksternal seperti sepinya penjualan. Akan tetapi juga ada yang jatuh karena faktor internal seperti fraud dari para karyawannya.

Jika sudah terjadi fraud seringkali kita sebagai pengusaha ada rasa tidak enak untuk menginvestigasi karyawan kita sendiri. Apa lagi tidak adanya bukti yang mengarah kepada mereka yang tertuduh. Oleh sebab itu seperti pepatah lama yang sering kita dengar yaitu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kita bisa mencegah terjadinya penipuan dengan menggunakan SOP pencegahan terutama dengan SOP yang bisa memantau setiap aktivitas yang ada di dalam usaha. Sangat penting bagi anda untuk menggunakan alat bantu yang bisa memberikan data pasti tentang aktivitas dari para karyawan anda.

Salah satunya dengan menggunakan Kasir Pintar Pro. sebenarnya dengan berlangganan Kasir Pintar Pro, anda bisa memantau setiap aktivitas yang ada di dalam aplikasi. Karena Kasir Pintar Pro berbasis cloud.

Namun ada beberapa fitur yang bisa bantu secara detail cegah terjadinya fraud di usaha kamu baik itu penipuan di dalam aplikasi ataupun di luar aplikasi. Lalu apa saja fiturnya? 

Cek absensi dan rekap cash dengan fitur Shift

Jika anda tahu yang terbaru Kasir Pintar merilis fitur yang dapat mengatur shift dari karyawan terutama di bagian kasir. Dengan fitur shift karyawan diharuskan untuk mengisi jumlah uang yang ada di cash drawer dan jumlah uang yang tersisa ketika shift berakhir.

Anda bisa melihat tutorial penggunanya melalui video dibawah ini. So kesimpulanya dengan fitur shift anda bisa mengetahui alur cash dari usaha anda.

Lakukan pengecekan bahan baku dengan Stok Opname

Terkadang kekeliruan bisa terjadi disengaja atau tidak sengaja mengenai status barang yang ada di dalam gudang. Apa lagi jika barang yang ada di gudang tersebut bermacam-macam dan jumlahnya sangat banyak.

Jika tidak menginginkan terjadinya kekeliruan dalam mengatur stok barang, maka anda harus rutin melakukan kegiatan stock opname yang bertujuan untuk 

cek disini untuk mengetahui tutorial mengenai stok opname di menu backoffice Kasir Pintar

Cegah penipuan dengan memantau transfer barang dicabang usaha

Fitur cabang membuat Anda mengatur toko-toko Anda menjadi lebih mudah. Kasir Pintar membuat fitur transfer barang yang mana Anda sebagai owner dapat transfer barang ke sesama cabang.

Sehingga anda bisa mengetahui status dari setiap barang yang ingin di transfer ke anak cabang. Untuk mentransfer barang kepada anak cabang, Anda perlu melakukan hal berikut ini.

  • Pastikan Anda adalah Cabang Pusat. Karena yang bisa transfer barang ke cabang lain adalah cabang pusat.
  • Log in akun cabang pusat Anda.
  • Klik Database >> Transfer barang. Maka akan muncul seperti dibawah ini
  • Pilihlah cabang asal yang akan mentransfer barang.

Contoh kasus : Pak Budi kehabisan stok barang X di cabang A , namun pak Budi masih memiliki stok barang tersebut di cabang B. Pak Budi bermaksud untuk mengirimkan sebagian barang X ke cabang A. sehingga pak Budi memilih cabang B di kolom Cabang Asal.

  • Pilihlah barang X yang ingin di transfer ke cabang lain dengan klik TRANSFER.
  • Maka akan muncul dialog seperti dibawah ini.
  • Masukkan cabang tujuan yang ingin di transfer. Bila seperti contoh di atas maka masukkan cabang A sebagai cabang yang menerima transferan barang.
  • Masukkan jumlah barang yang ingin di transfer >> Transfer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *