5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS

Penting untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan atau upselling di restoran ketika Kamu ingin memaksimalkan pengeluaran setiap pelanggan yang datang ke restoran.

Upselling menjadi suatu tantangan bagi pengusaha, bahkan lebih sulit lagi saat ini dilakukan sambil menjaga jarak dari pelanggan. 

Kabar baiknya adalah sistem tempat penjualan (POS) restoran Kamu dapat melakukan hal-hal ini untuk Kamu!

Sistem POS modern lebih dari sekedar hanya untuk mengirimkan pesanan ke dapur. Karena POS juga merupakan alat berharga yang dapat membantu Kamu meningkatkan penjualan.

Dalam artikel tentang cara meningkatkan penjualan atau upsell di restoran menggunakan POS Kamu.

Baca Juga : 5 Alasan Cerdas Menggunakan Software POS berbasis Cloud

Apa Itu Upselling?

Upselling adalah aktivitas untuk memberikan saran kepada pelanggan  untuk melakukan pembelian lebih banyak dari yang dibelanjakan.

Misalnya, Kamu mempunyai restoran Burger, Kamu bisa bertanya kepada pelanggan Apakah mereka ingin meningkatkan ukuran burger yang lebih besar hanya dengan menambahkan 3000 rupiah saja.

Orang-orang sering mengidentifikasikan upselling dengan penjualan sugestif. Padahal upselling berarti menyarankan peningkatan atau tambahan pelengkap.

Penjualan sugestif berarti mendorong tamu untuk membeli produk yang berbeda dari yang mereka pesan atau biasanya mereka pesan. Mempromosikan menu spesial Kamu atau mendorong tamu untuk mencoba makanan pembuka baru itu baru contoh penjualan sugestif.

Karena margin keuntungan yang tipis, industri restoran selalu memprioritaskan untuk memaksimalkan ukuran. 

Namun, pandemi COVID-19 membuat upaya ini semakin kritis. Karena keterbatasan dalam bertemunya antara pelanggan dan kasir. Pemilik restoran harus terus memperhatikan teknik upselling untuk mengoptimalkan penjualan yang mereka dapatkan.

Upselling adalah cara yang efektif untuk menghasilkan lebih banyak uang dari orang-orang yang sudah mau berbelanja di restoran Kamu. Jika Kamu menguasai teknik upselling, pelanggan akan merasa tidak perlu repot untuk meningkatkan ukuran dan jumlah pesanan mereka.

Kasir tradisional atau pos tradisional hanya bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan dengan mengajukan pertanyaan seperti, “Apakah Kamu ingin memperbesar ukuran makananya?” Akibatnya, Kamu mungkin berpikir bahwa karena pandemi telah menurunkan interaksi tatap muka, peningkatan penjualan menjadi lebih sulit.

Bagaimana jika kami memberitahu Kamu bahwa Aplikasi POS restoran Kamu dapat membuat penjualan lebih mudah daripada sebelumnya?

Tepat sekali. POS restoran Kamu dapat melakukan banyak kerja keras untuk meningkatkan penjualan untuk Kamu.

6 Tips Cara Upselling di Restoran Menggunakan POS 

Jadi bagaimana tepatnya Aplikasi POS dapat memfasilitasi upselling untuk membantu menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis Kamu?

Berikut 6 tips upselling POS untuk memaksimalkan keuntungan.

1. Cara Upselling Makanan: Gunakan Aplikasi POS untuk Mendesain Ulang Menu Restoran

Mari mulai dengan mengidentifikasi hidangan restoran yang paling populer dan menyoroti peluang penjualannya.

Pertama, tinjau laporan bisnis yang ditemukan di POS Kamu dan gunakan untuk mengidentifikasi item di menu Kamu yang memiliki margin keuntungan tertinggi dan paling laku. Dalam dunia desain menu restoran, item ini disebut “stars” Kamu.

Selanjutnya, identifikasi peluang upselling untuk star-star tersebut. Misalkan burger adalah item menu populer yang paling menguntungkan di restoran Kamu. Upsell yang mungkin bisa digunakan adalah membuat burger double, menambahkan topping premium seperti mungkin mozarella atau apapun yang menarik, Dan rekomendasikan adds on (tambahan) seperti makanan pendamping (kentang, gorengan-gorengan dll)

Sekarang Kamu harus mendesain ulang menu untuk menyoroti Stars Kamu dan peluang penjualannya. Mulailah dengan memastikan item star Kamu berada di depan dan di tengah menu Kamu . Jika belum, sekarang saatnya mendesain ulang menu restoran Kamu.

2. Sertakan Visual di POS Kamu

Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan tingkat ketertarikan dari customer adalah dengan memberikan gambar produk yang menarik di setiap menu yang ada di restoran.

Aplikasi POS yang baik mempunyai fitur untuk menunjukkan kepada pelanggan tampilan menu melalui gadget. Seperti Kasir Pintar yang mempunyai fitur Food Menu yang mampu menampilkan menu ke meja pelanggan dan akan transaksi akan otomatis terupdate di kasir dan dapur

Tak hanya di menu POS Kamu juga perlu untuk memajang di papan order. Biasanya ini digunakan oleh Restoran siap saji ketika orang akan mengorder di kasir akan langsung dihadapkan dengan tampilan menu besar di hadapan mereka. 

Intinya buat Menu “Stars” tadi tampil di halaman utama  dan menjadi highlight di tampilan menu. Tujuanya adalah agar pelanggan bisa menentukan pilihan pada menu “Stars” dengan cepat.

3. Gunakan POS Kamu untuk Mengatur Pengingat Otomatis untuk Staf

Tahukah Kamu bahwa Kamu dapat mengatur peringatan terkait jumlah stok di POS untuk dilihat karyawan saat mereka masuk?

Saat Kamu menemukan menu “stars” di restoran. Pastikan menu tersebut tidak kehabisan stok dan Pelanggan harus kecewa karena menu yang dicarinya tidak ada.

Solusinya adalah dengan setting menu tersebut ke dalam pengingat di Aplikasi POS Kamu. Apakah bisa? Tentu bisa, Aplikasi Kasir Pintar mampu untuk mengingatkan Kamu untuk segera merestock barang atau produk yang akan habis. cek disini

Bahkan Kamu bisa setting sesuai dengan batas SOP kamu. Misalkan, Kamu memberikan peringatan produk tersebut akan habis jika menyentuh angka 10. Maka secara otomatis sistem akan mengingatkan Kamu untuk restock ketika mencapai angka 10

4. Jalankan Kompetisi Antar Staf dan Gunakan POS untuk Melacak Hasil

Kontes adalah cara yang bagus untuk mendorong staf Kamu agar lebih banyak menjual. Persaingan bisa sangat membantu meningkatkan penjualan di restoran. Hasilkan laporan penjualan yang disesuaikan melalui POS Kamu untuk mengetahui siapa yang paling banyak menjual peningkatan selama shift tertentu.

Misalnya, mulailah shift Sabtu malam yang sibuk dengan kontes staf untuk melihat siapa yang dapat menjual paling banyak burger sebagai peningkatan premium ke burger dengan topping atau isi lebih banyak, lalu periksa untuk melihat siapa yang menang dengan laporan total item penjualan cepat. 

Jangan lupa berikan hadiah kepada pemenangnya!

5. Mulai Program Loyalitas Yang Terintegrasi dengan POS

Tahukah Kamu bahwa peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 5% saja dapat meningkatkan laba hingga 95%?

Meskipun peningkatan loyalitas pelanggan selalu merupakan hal yang baik, hal itu bahkan lebih penting setelah COVID-19, ketika traffic di restoran turun dan mendapatkan pelanggan baru lebih sulit dari sebelumnya.

Di situlah program loyalitas restoran terintegrasi POS seperti Kasir Pintar berperan. Kamu dapat menggunakan program loyalitas untuk mengidentifikasi pelanggan yang telah membeli item menu tertentu atau mengunjungi restoran selama sebulan terakhir. 

Kemudian kirim kepada pelanggan tersebut dengan media seperti whatsapp atau bahkan sosial media, mengundang mereka untuk kembali untuk pengalaman yang lebih tinggi di lain waktu dengan penawaran premium Kamu.

Personalized Marketing ini dapat mendorong mereka untuk mencoba sesuatu yang berbeda, lebih mahal pada kunjungan berikutnya.

Bottom Line :  Mengetahui Bagaimana Upsell di Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Jangka Panjang

Industri restoran salah satu yang mengalami kesulitan karena pandemi virus COVID19 ini. Namun, memaksimalkan penjualan dari setiap pelanggan dengan strategi upselling adalah kunci untuk mempertahankan bisnis yang sukses bahkan di saat-saat sulit dan kapasitas terbatas.

Dengan menggunakan POS Kamu bisa meningkatkan penjualan ke pelanggan di dalam dan di luar lokasi restoran Kamu

Ingin meningkatkan sistem POS Kamu? Pelajari lebih lanjut tentang Kasir Pintar

2 Comments on “5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *