7+ Cara Dongkrak penjualan restoran melalui Pesan Antar Makanan

Pesan antar makanan saat ini menjadi suatu hal yang penting untuk bisnis kuliner. Sejak dimulainya pandemi COVID-19, lebih banyak restoran beralih ke pemesanan dan pengiriman online untuk memenuhi profit.

Banyak restoran dengan segera mencari cara untuk meningkatkan penjualan melalui delivery. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan tujuh ide yang terbukti ini untuk dicoba di restoran Kamu.

1. Wajib Online

Sebelum Kamu melakukan hal lain, pastikan bisnis Kamu mudah ditemukan secara online.

Bisa dimulai dari sosial website, google bisnis dan media sosial dari bisnis kamu. Jika kamu tidak ada budget untuk membuka sebuah website, tenang Kasir Pintar punya solusi untuk Kamu dengan menggunakan Olshopin.

Apa itu olshopin? Pelajari selengkapnya disini

Selanjutnya yaitu Google My Business (GMB). media ini penting untuk Kamu miliki, selain Gratis Google My Business dapat dengan mudah menginformasikan restoran Kamu dalam mesin pencarian.

Terakhir, Kamu perlu membangun kehadiran media sosial Bisnis Kamu. Fokus intinya harus di Facebook dan Instagram, tetapi perlu diingat bahwa masing-masing memiliki tujuan tertentu. 

Facebook sangat cocok untuk berbagi pembaruan dan penawaran khusus, serta mengobrol dengan pelanggan. 

Instagram dimaksudkan untuk memposting foto dan cerita yang akan menarik perhatian dan membuat pengguna mendambakan makanan Kamu.

2. Gunakan deskripsi Produk yang menarik dan gambar High Resolution

Tidak seperti menu kertas di restoran, menu digital Kamu perlu menyertakan gambar sebanyak mungkin. 

Pelanggan tidak bisa mencium makanan yang berasal dari dapur, jadi Kamu perlu menjangkau indra mereka dengan cara lain. Dengan bahasa deskriptif dan gambar berkualitas tinggi, Kamu dapat membuat pengguna mengeluarkan air liur dan memaksa mereka untuk memesan.

Meskipun mungkin perlu waktu untuk mendapatkan bidikan yang tepat untuk setiap hidangan, Kamu harus berinvestasi untuk mendapatkan foto terbaik. 

Gambar-gambar ini akan dilihat oleh banyak orang, dan sangat memengaruhi jumlah pesanan yang dibuat.

Pada saat yang sama, deskripsi ini perlu secara akurat mewakili setiap makanan. Pelanggan online tidak dapat mengajukan pertanyaan, jadi pastikan Kamu menjelaskan dengan jelas apa yang disertakan dengan pesanan. Ini harus mencakup lauk pauk, saus, perkakas, dan bahan tambahan umum lainnya.

3. Buat promosi Menggiurkan

Orang-orang beralih ke aplikasi pesan-antar makanan seperti gofood dan grab food. Tidak mengherankan jika kemudahan ini datang dengan biaya yang meningkat. 

Pembeli akan menjelajahi aplikasi untuk mendapatkan nilai terbaik, membandingkan setiap penawaran satu sama lain.

Dengan diskon jangka pendek, bisnis Kamu akan mudah terlihat dan dapat menghasilkan penjualan dari orang-orang yang tidak akan membeli dari Kamu dengan harga biasanya. 

Meskipun Kamu akan mengurangi keuntungan dengan penawaran ini, Kamu dapat menggunakan pembelian ini sebagai kesempatan untuk membangun loyalitas merek. 

Sekaranglah waktunya untuk menunjukkan kepada pelanggan kualitas dan nilai makanan Kamu. Jika dilakukan dengan benar, pembeli ini akan dengan senang hati membayar harga penuh saat mereka memesan dari Kamu.

Selain diskon, Kamu harus sesekali memaketkan item atau menawarkan makanan gratis dengan metode upsell. 

Baca Juga : 5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS

Pelanggan akan menghargai bahwa mereka mendapatkan penawaran yang lebih baik jika Kamu menyertakan kue gratis, minuman, atau item lain yang biasanya tidak disertakan dengan pembelian.

4. Kumpulkan Feedback

Mendapatkan ulasan positif sangat penting untuk bisnis apa pun. Terkait makanan, tamu ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka bayar dan bahwa makanan Kamu aman untuk dimakan. Hanya satu ulasan buruk yang mengatakan makanan Kamu membuat seseorang sakit bisa menimbulkan masalah.

Bagaimana Kamu mendapatkan ulasan? Mintalah mereka!

Dengan setiap makanan yang Kamu kirim, sertakan catatan singkat yang berterima kasih kepada pembeli atas pesanan mereka dan meminta ulasan. 

Dorong pelanggan untuk jujur ​​dan Kamu akan mencatat semua umpan balik. Ulasan positif tidak hanya memberi sinyal kepada pelanggan bahwa Kamu membuat makanan enak, tetapi juga memberi tahu mesin telusur bahwa orang ingin melihat apa yang Kamu miliki.

Saat Kamu mendapatkan lebih banyak ulasan dan sinyal sosial, mesin telusur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk memberi Kamu peringkat lebih tinggi pada halaman hasil.

Meskipun kami berharap Kamu mendapatkan ulasan yang sangat positif, umpan balik yang buruk tidak bisa dihindari. Kuncinya adalah bagaimana Kamu menanggapi ulasan buruk.

Pastikan untuk mengikuti setiap langkah ini saat Kamu mendapatkan ulasan buruk:

  • Akui semua ulasan: Orang ingin melihat Kamu responsif dan tidak mengabaikan masukan.
  • Bersikaplah profesional, bukan pribadi: Perlakukan semua orang dengan hormat dan jangan tersinggung.
  • Jawab secara publik dan tindak lanjuti secara pribadi: Akui masalahnya dan berikan pelanggan nomor telepon atau alamat email untuk menghubungi Kamu.
  • Tawarkan kesempatan untuk mencoba lagi: Undang pelanggan kembali dan beri mereka makanan gratis untuk melihat apakah Kamu dapat memenangkan dukungan mereka.
  • Belajar dari kesalahan Kamu: Perbaiki penyebab masalah untuk mengurangi keluhan yang berulang.

5. Upgrade usaha Marketing dengan Advertising

Advertising atau Periklanan adalah rahasia pertumbuhan bisnis yang tak terhitung jumlahnya. Dengan pendekatan yang tepat, Kamu bisa mendapatkan laba atas investasi yang besar dan meningkatkan penjualan pesan-antar makanan di wilayah Kamu.

di mana Kamu harus menjalankan iklan?. Kamu bisa menggunakan opsi berikut:

  • Iklan media sosial: Facebook dan Instagram Ads yang paling untuk mempromosikan layanan pengiriman restoran Kamu. Platform ini memungkinkan Kamu menargetkan pengguna di wilayah Kamu, memfilter usia, minat, kebiasaan, dan banyak lagi.
  • Iklan Penelusuran (SEM) : Saat orang menelusuri restoran di Google, mereka melihat hasil organik dan berbayar. Dengan Google Ads, Kamu dapat menempatkan diri Kamu di bagian atas daftar pencarian dan mendorong lebih banyak klik untuk situs web Kamu.

6. Percepat layanan

Meskipun ide yang disebutkan sebelumnya akan membantu Kamu meningkatkan penjualan pesan-antar makanan, Kamu perlu memastikan layanan berkualitas agar pelanggan terus datang kembali. 

Dalam dunia pengiriman, kecepatan adalah segalanya.

Semuanya dimulai dengan pemrosesan pesanan. Setelah pesanan dilakukan di situs web, aplikasi, atau melalui telepon, pesanan harus dibawa ke dapur dengan sesedikit mungkin gangguan.

Peralatan restoran yang ketinggalan zaman akan menunda proses ini dan menghabiskan waktu yang berharga. Dan seringkali sistem transaksi yang lemot akan menunda pekerjaan restoran dan membuat pesanan berantakan.

Untungnya, sistem tempat penjualan cepat modern seperti Kasir Pintar yang mempunyai Food Menu dan Kitchen Management plugin menyederhanakan proses ini. 

Dengan perangkat tersebut, pesanan bisa langsung masuk ke sistem display dapur Kamu. Tim dapur dapat menyiapkan makanan lebih cepat, menerima pesanan tanpa gangguan.

Selain itu, pengiriman cepat sangat penting. Meskipun Kamu tidak bisa serta merta membuat pengemudi dan pengendara sepeda melaju lebih cepat, Kamu dapat memberi mereka lebih sedikit pesanan untuk memastikan makanan sampai dari titik A ke titik B dalam waktu singkat.

 Untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk meningkatkan armada pengiriman Kamu sehingga setiap pengemudi berhenti sejenak.

7. Beri insentif dengan hadiah

Cara penting lainnya untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan menghargai kesetiaan. 

Semua orang suka merasa dihargai, dan membuat program loyalitas restoran adalah cara Kamu untuk menunjukkan kepada pelanggan betapa Kamu menghargai mereka. 

Selain itu, program ini dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak dari Kamu, menciptakan aliran pendapatan berulang.

Pembeli berulang menghabiskan lebih dari tamu pertama kali, jadi mempertahankan pelanggan ini sangat bermanfaat. Demikian pula, biayanya 5x lebih mahal untuk menarik pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Bagaimana cara kerja program loyalitas?

  • Lacak kebiasaan berbelanja: Setiap kali tamu membeli dari Kamu, pesanan mereka dicatat sehingga Kamu dapat melihat apa yang mereka beli dan seberapa sering.
  • Akumulasi poin atau level: Setiap rupiah yang dihabiskan membantu pembeli mendapatkan poin yang dapat ditukarkan atau membuka tingkatan yang memberikan fasilitas khusus.
  • Menerima diskon dan item gratis: Baik melalui penukaran atau penawaran yang ditargetkan, anggota loyalitas bisa mendapatkan persentase dari pesanan dan makanan gratis, item tambahan, dan pengiriman.

Semua bisa Kamu lakukan di Kasir Pintar Pro. Perbaiki hubungan dengan mereka dan wow Kamu akan lihat hasilnya. 

8. Tingkatkan Delivery order dan Aktivitas lainnya dengan Kasir Pintar Pro

Jika Kamu ingin kontrol penuh atas restoran Kamu, Kasir Pintar Pro adalah alat yang untuk Kamu. Tidak hanya memungkinkan Kamu memproses delivery order, dari pesanan muncul hingga pesanan sampai di pelanggan.

Berikut cara kerja Kasir Pintar Pro untuk order delivery Kamu:

  • Pelanggan bisa memindai kode QR untuk melihat menu kustom Kamu melalui olshopin 
  • Pesanan dikirim langsung ke dapur Kamu dengan menggunakan Plugin Food Menu dan Kitchen Management
  • Ketika pesanan sudah jadi secara otomatis status pesanan telah selesai dan siap diantarkan
  • Pelanggan menerima pesanan.
  • Semua transaksi dicatat dalam sistem Kasir Pintar Kamu.

Jadi Apa yang membuatmu belum mencoba Kasir Pintar Pro? Gratis selama 30 Hari untuk Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *