Powerful! Ini Alasan Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis Kamu

Digital Marketing sangat dibutuhkan untuk pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya sebagai solusi dari penjualan yang menurun saat pandemi berlangsung.

Dengan Digital Marketing kita bisa menjangkau konsumen dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 65 juta pengguna dimana dari angka tersebut, 95% menghabiskan waktu di sosial media.

Apa saja sih manfaat penggunaa Digital Marketing? Yuk simak penjelasan di bawah!

1. Work From Home

Pandemi COVID19 tentu membawa dampak besar di kehidupan sehari-hari. Kita harus membiasakan diri untuk Work From Home atau bekerja secara daring dan menjadikannya sebagai kebiasaan baru di lingkungan.

Hal ini tentu menyebabkan penurunan intensitas kegiatan di luar rumah sehingga berdampak juga pada penurunan daya beli konsumen terhadap produk. Maka dari itu, banyak bisnis yang mulai dijalankan secara online dengan memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan promosi produk atau layanan.

Peran Digital Marketing sangat besar dalam memasarkan produk secara online karena  dapat membantu menyebarluaskan iklan, menganalisis konsumen dan traffic konten, serta banyak manfaat lain yang bisa didapat dari itu.

2. Digital Marketing Memperluas Pangsa Pasar

Pangsa pasar adalah suatu strategi pemasaran yang mengarah ke beberapa bagian kecil antara lain konsumen, bisnis, ataupun daerah yang menjadi prioritas sasaran baru.

Dengan promosi digital tentunya akan memperluas pangsa pasar dan pada akhirnya akan mendatangkan calon konsumen baru. Konsumen yang akan dijangkau tidak hanya daerah lokal atau dalam negeri saja melainkan bisa memperluas hingga ke seluruh dunia.

Untuk mencari calon konsumen baru yang berpotensial diperlukan riset atau penelitian terlebih dahulu untuk memilih lokasi atau target khusus untuk mempromosikan produk ke pelanggan baru.

Perluasan pangsa pasar melalui digital marketing tentunya harus diimbangi dengan kualitas konten yang menarik bagi konsumen. 

3. Hemat Biaya

Promosi menggunakan media konvensional dapat mengeluarkan biaya yang cukup mahal karena harus membayar pajak yang tidak sedikit serta perizinan yang dikenal rumit.

Berbeda dengan digital marketing yang biayanya tidak sebanyak konvensional namun efek yang dihasilkan sangat efektif. Banyak pebisnis yang menganggap bahwa penggunaan digital marketing bisa menghasilkan Return On Investment (ROI) yang lebih menarik daripada mode konvensional. 

4. Lebih Dekat dengan Konsumen

Aktivitas terutama yang dilakukan melalui sosial media akan memudahkan pebisnis untuk berinteraksi lebih dekat dengan konsumen misalnya dengan merespon keluhan secara cepat via sosial media.

Selain itu perusahaan bisa langsung mempromosikan produk atau layanan baru kepada konsumen sehingga konsumen akan merasa dihargai bila diberi fasilitas pelayanan yang baik dan cepat oleh perusahaan.

Di era digital saat ini,masyarakat modern selalu mencari informasi atau ulasan produk melalui google atau sosial media lainnya, maka dari itu peran digital marketing sangat besar karena dapat membangun interaksi dan meningkatkan awareness produk kepada pelanggan dan calon pelanggan. 

Baca Juga : 7+ Cara Dongkrak penjualan restoran melalui Pesan Antar Makanan

5. Mampu Mengenal Perilaku Konsumen

Tools dalam penggunaan digital marketing dapat menghasilkan data-data penting yang bisa digunakan untuk analisis perilaku konsumen. Dari data-data tersebut perusahaan dapat mengenal perilaku konsumen sehingga dapat dengan mudah melakukan treatment konsumen yang sesuai dengan perilakunya.

Selain itu digital marketing juga dapat membantu perusahaan untuk mengenali demografi konsumen berdasarkan data, bukan hanya berdasarkan perkiraan saja. Segala keputusan yang diambil berdasarkan data dapat menjawab kebutuhan konsumen berdasarkan perilaku masing-masing.

Dari sini perusahaan juga dapat melakukan segmentasi berdasarkan perilaku tertentu dan memberi layanan sesuai segmentasi pasar tersebut.

Artikel dibuat oleh : Adellya Rizqy Damayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *