5 Ide Bisnis Potensial di Masa Pandemi 2021

 

Banyak ide bisnis yang bisa Kamu gunakan saat pandemi ini. Seperti yang kita lihat sampai diawal tahun 2021 ini pandemi masih belum usai.

Pandemi membuat banyak orang beralih untuk membuka bisnis atau usaha baru, banyak faktor yang melatarbelakangi seperti bisnis yang sebelumnya bangkrut karena pandemi, ada juga yang terkena imbas PHK.

Intinya membuka bisnis baru menjadi solusi satu-satunya yang harus dilakukan. Jadi kali ini Kami akan membahas beberapa ide bisnis yang mungkin bisa Kamu pilih disaat pandemi ini

Baca Juga : Powerful! Ini Alasan Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis Kamu

1. Ide Bisnis Kopi Kekinian

Meskipun jumlah bisnis kopi kekinian diperkirakan menurun, namun trend kopi terus aktif sampai saat ini. Banyak model bisnis yang bisa dilakukan berhubungan dengan kopi.

saat ini sudah mulai banyak orang yang menggunakan sistem pesan antar untuk kopi dengan size besar dengan menggunakan botol.

Tenang kalau Kamu sebelumnya tidak tahu menahu tentang cara membuat kopi yang benar, banyak channel youtube saat ini yang membahas tentang usaha kopi kekinian seperti video ini

2. Layanan Pengiriman Barang

Pandemi tentunya mengubah pola belanja masyarakat yang awalnya bisa langsung menuju toko namun sekarang harus berbelanja secara online karena keterbatasan ruang gerak akibat adanya pandemi.

Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat yang beralih untuk berbelanja secara online melalui aplikasi ataupun sosial media.

Maka dari itu, salah satu ide bisnis yang potensial dilakukan selama pandemi ialah layanan pengiriman barang karena banyak masyarakat yang membutuhkan jasa pengiriman barang ketika berbelanja secara online.

Ide bisnis ini tentu dapat meningkatkan kinerja bisnis terutama pada layanan pengiriman barang. 

3. Aplikasi Edukasi Online

Kebijakan Stay At Home memungkinkan masyarakat untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Berada di rumah dalam waktu yangs angat lama bisa saja menyebabkan jenuh.

Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk menambah wawasan selama menghabiskan waktu di rumah.

Orang-orang akan mencari hiburan dan kegiatan yang bersifat online. Pada akhirnya konsumen akan terbiasa dengan aplikasi edukasi online yang dapat diakses kapanpun dimanapun pada masa new normal. 

4. Menjual Frozen Food

Riset dari Mckinsey & Company menyebutkan bahwa 58% konsumen Indonesia memilih mengurangi frekuensi makan di tempat selama pandemi.

Maka dari itu, salah satu bisnis yang berpeluang besar selama masa new normal ialah bisnis frozen food. BIsnis ini cukup fleksibel karena penjual bisa langsung mengirimkan makanan kepada pelanggan tanpa bertemu secara langsung.

Apalagi sebagian masyarakat lebih memilih untuk makan di rumah daripada harus mendatangi langsung restaurannya untuk mencegah diri dari paparan penyakit. 

5. Perlengkapan Kebersihan dan Kesehatan

Di masa pandemi saat ini, masyarakat akan lebih peka terhadap isu kesehatan. Apalagi dengan adanya protokol kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk selalu mencuci tangan dan melakukan social distancing.

Hal ini merupakan peluang bagi bisnis perlengkapan kebersihan dan kesehatan terutama produk seputar hand sanitizer, masker, sabun cair, face shield dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memberikan promo atau diskon untuk beberapa produk yang Kamu jual.

Nah itu tadi beberapa ide bisnis yang bisa kamu gunakan disaat pandemi ini. Jadi Kamu pilih yang mana?

Artikel dibuat oleh : Adellya Rizqy Damayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *