Yuk Kenalan dengan Macam-Macam Perangkat Mesin Kasir!

Sistem POS merupakan sistem yang mengkombinasikan Hardware mesin kasir dan software untuk melakukan transaksi penjualan, mulai dari pendataan pembelian produk, melacak inventaris serta mengatur biaya tenaga kerja.

Sistem POS atau aplikasi kasir harus dimiliki untuk bisnis apapun. Di artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang mesin kasir atau perangkat yang mendukung aplikasi POS.

Sederhananya, perangkat keras POS adalah segala perangkat masukan dan keluaran yang mendukung suatu perangkat lunak tertentu, spesifiknya adalah suatu software toko tertentu.

Baca Juga : Anti Cemas Anti Ribet, Pantau Penjualan dengan Fitur Aplikasi POS! 

Berikut adalah beberapa perangkat keras POS yang dibutuhkan dalam bisnis anda:

1. Tablet atau Touchscreen Monitor 

Monitor/iPad atau tablet android semakin umum digunakan untuk mengakses aplikasi kasir online. Perangkat ini membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar dan didesain ramah pengguna sehingga ideal digunakan untuk bisnis kecil dengan anggaran yang terbatas.

2. Credit Card Terminal

Di era digital ini, semakin banyak konsumen yang menggunakan kartu kredit dan debit sebagai pilihan metode pembayaran. Oleh karena itu, perangkat keras yang dibutuhkan salah satunya ada Credit Card Terminal. Pastikan bahwa konsumen dapat melakukan transaksi yang cashless.

3. Mesin Kasir Cash Drawer

Segala jenis pembayaran harus dipersiapkan karena terdapat kemungkinan konsumen menggunakan tunai maupun non-tunai. Cash Drawer adalah barang pokok tidak akan hilang dalam waktu dekat. Perangkat ini menyimpan hasil tunai untuk jangka waktu, biasanya shift atau sehari dan memungkinkan pelanggan untuk membayar dengan uang tunai.

4. Hardware Printer

Di akhir setiap transaksi, kita harus memberikan tanda terima kepada pelanggan dalam bentuk tanda terima kertas yang dicetak menggunakan printer. Tanda terima memberikan catatan transaksi yang dicetak sehingga memungkinkan mereka mengembalikan barang yang tidak memuaskan atau yang lainnya.

5. Barcode Scanner

Scanner dapat menyederhanakan proses pembayaran dengan membaca kode produk. Pemindai kode batang dapat dipegang untuk memungkinkan karyawan memeriksa barang-barang besar atau bisa juga pemindai stasioner di mana barang yang akan dibeli melewati laser untuk diperiksa

Nah, Sobat Kaspin, itu tadi beberapa perangkat keras yang berhubungan dengan perangkat lunak berupa aplikasi kasir online. So, buat kamu yang belum menggunakan POS, coba sekarang yuk!

3 Comments on “Yuk Kenalan dengan Macam-Macam Perangkat Mesin Kasir!”

  1. excellent post, very informative. I’m wondering why the opposite specialists of this sector do not notice this. You must proceed your writing. I’m confident, you’ve a great readers’ base already!

  2. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Wonderful .. I will bookmark your blog and take the feeds additionally厈I am glad to find a lot of helpful info here in the post, we want work out extra techniques on this regard, thank you for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *