Pentingnya Peran Waitress untuk bisnis Kuliner, Business Owner Wajib Baca!

 

Kebanyakan orang mungkin berasumsi bahwa menjadi pelayan atau waitress di restoran itu mudah, Mereka mungkin saja salah. 

Pelayan adalah wajah dari restoran. Begitu banyak pengalaman pelanggan sebuah restoran bergantung pada kinerja pelayan.

Oleh karena itu, pelayan atau waitress memiliki banyak tanggung jawab. Dari mengetahui menu Anda hingga menjaga standar kesehatan dan keselamatan, berikut 10 tanggung jawab pelayan terpenting.

1. Memberikan layanan Terbaik untuk pelanggan

Pertama dan terpenting, tugas dari pelayan adalah memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik. Tapi apa artinya ini?

Singkatnya, yaitu tugas waitress memperhatikan kebutuhan pelanggan dan melakukan yang terbaik untuk memenuhinya.

Contoh pelayanan yang bisa dilakukan adalah seperti 

  • menyapa pelanggan dengan sambutan hangat saat mereka memasuki lokasi
  • menawarkan meja tambahan untuk keluarga dengan anak 
  • memberitahu pelanggan tentang detail dari makanan di yang ada di menu.
  • menyarankan hidangan yang menurut Anda sesuai dengan selera mereka. 
  • Atau itu bisa berarti berbasa-basi untuk membantu orang merasa nyaman.

Selama waitress melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, waitress melakukan pelayanan terbaik.

Baca Juga : Alasan Pelanggan Gak Balik ke Toko mu

2. Membersihkan dan menyiapkan ruang makan

Sebagai Waitress, tugas utama laniya yaitu memastikan bahwa ruang makan serapi dan sebersih mungkin untuk pelanggan.

Membersihkan ruang makan biasanya dilakukan segera setelah servis dan melibatkan kebersihan lantai, meja hingga area kamar mandi

Waitress juga bertanggung jawab untuk menyiapkan pengaturan meja agar tertata dengan rapi. Sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan Anda memiliki tempat makan yang bersih, ramah, dan diatur dengan baik.

Ini menjadi tantangan sendiri terutama untuk restoran yang selalu ramai dan selalu berganti pelanggan. Disini tugas waitress sangat dibutuhkan. 

3. Wajib tau informasi tentang Menu

Waitress merupakan penghubung antara pelanggan dan tim yang ada di dapur (kitchen). Banyak restoran, karena masalah pasokan atau musim, seringkali merubah menu mereka secara bulanan, mingguan, atau bahkan harian.

Tugas seorang waitress untuk mengetahui secara real time ttg menu apa saja yang ada di restoran, sehingga waitress mampu menjelaskan secara detail pertanyaan seputar menu.

4. Ketahui Detail Informasi Makanan

Makanan adalah produk utama dari restoran. Waitress perlu tahu apa yang ada di setiap hidangan, dan bagaimana hidangan tersebut kemungkinan besar akan diterima oleh pelanggan. 

Penting untuk mengetahui masakan mana yang pedas, mana yang gurih, dan mana yang manis. Merupakan tugas Waitress untuk memastikan bahwa pelanggan mendapatkan hidangan yang sesuai dengan selera mereka.

5. Menerima pesanan

Menerima pesanan terdengar cukup sederhana, bukan? Waitress membuat satu atau dua rekomendasi, pelanggan memberi tahu tentang pilihan mereka, dan Anda memberi tahu dapur untuk menyiapkannya.

Tidak se simple itu.

Sebagian besar Waitress tidak hanya melayani satu meja – mereka melayani beberapa, dengan banyak meja membuat waitress harus berpindah dari satu meja ke meja lainya.

Sangat mudah bagi pesanan untuk salah tempat, salah urutan, dan kesalahan pesanan lainya.

Untuk memastikan pesanan sesuai, waitress perlu memastikan bahwa dapur mengerjakan tiket yang tepat pada waktu yang tepat. 

Pastikan restoran Kamu memiliki sistem tempat penjualan terbaik yang memungkinkan untuk memasukkan pesanan dan melakukan pembayaran secara efisien.

Aplikasi Kasir Pintar Pro mempunyai plugin tambahan yaitu Food Menu yang memudahkan para waitress melakukan pesanan dari pelanggan yang akan langsung tersampaikan ke dapur secara otomatis.

Dan dari dapur akan langsung menerima pesanan sesuai dengan urutan dan detail pesanan dengan plugin kitchen management. Sehingga meminimalisir kesalahan dalam pembuatan menu.

Pelajari Selengkapnya tentang Plugin Food Menu dan Kitchen Management

6. Tambah cuan dengan Upselling

Sebuah restoran dapat melakukan banyak hal untuk mempromosikan menunya. Mulai dari strategi marketing, dekorasi interior, dan hingga jenis font pada menu semuanya dapat membantu menjual pengalaman pelanggan saat membeli.

Tapi tidak ada pendukung yang lebih baik untuk makanan restoran selain Waitress. Waitress adalah wajah dari restoran dan dapat terhubung dengan pelanggan dan menilai kebutuhan mereka dengan cara yang tidak dapat dilakukan metode lain.

Upselling adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang tambahan untuk restoran. Ini bisa berarti mendorong pelanggan membeli menu tambahan seperti kentang goreng untuk pesanan nya. 

Waitress harus di beri arahan untuk selalu menanyakan apakah ada menu lain yang ingin dipesan.

Baca selengkapnya : 5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS

7. Waitress wajib bisa Berkoordinasi dengan staf dapur

Bagian depan dan belakang restoran perlu bekerja sama untuk membuat sebuah layanan yang ciamik. 

Penting bagi Waitress untuk mengetahui kemampuan dan proses dapur sehingga mereka dapat memberikan rekomendasi yang baik kepada pelanggan.

Buat juga hubungan yang baik antara waitress dengan staf dapur agar layanan berjalan dengan lancar.

8. Menyajikan minuman dan makanan

Setelah pesanan diambil dan makanan disiapkan, sekarang saatnya untuk membawanya ke meja. Ini adalah proses yang tampaknya sederhana.

Pelayan harus memastikan keamanan pelanggan dan orang-orang di sekitar Anda. Dalam penyajian, pelayan membawa barang berat dan panas yang dapat melukai atau melepuh pelanggan jika tidak ditangani dengan benar. 

Anda juga diharapkan membawa banyak barang berbeda pada waktu yang sama, beberapa di antaranya bisa sangat berantakan jika tumpah.

8. Menyadari tindakan pelanggan di tempat

Meskipun pelanggan Anda dihargai, akan selalu ada tamu yang tidak senang di sana-sini.

Baik itu pencurian atau gangguan atau kerusakan properti, Waitress sering kali berada dalam situasi di mana konflik perlu dikurangi dan diselesaikan.

Pelayan harus memberitahu manajemen tentang masalah apapun seputar pencurian, kerusakan, atau gangguan fisik yang dapat membahayakan bisnis, staf, atau pelanggan lain. 

Laporkan semua masalah kepada manajemen sebelum meningkat. Anda mungkin juga perlu menghubungi agen keamanan atau polisi dalam situasi tertentu.

Jalankan Bisnis restoran dengan lancar

Sebagai Waitress, Anda akan bekerja setiap hari dengan sistem tempat penjualan untuk menerima pesanan dan memproses pembayaran.

Namun sekarang Anda dapat membuat proses tersebut jauh lebih lancar dengan sistem tempat penjualan restoran khusus dari Kasir Pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *