Cara POS Cegah Kecurangan Karyawan di Restoran

Memiliki restoran bisa menjadi sesuatu yang menantang. Salah satunya yaitu membangun tim yang solid untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan.

Masalah yang sering terjadi terutama terkait membangun tim yaitu adanya kecurangan karyawan terhadap bisnis yang Kamu jalankan.

Sangat penting untuk aware dan tahu tentang hal ini untuk mencegah kerugian dari restoran dan menerapkan strategi untuk melindungi bisnis.

Faktanya, Menurut data dari National Restaurant Association 75% kekurangan inventori disebabkan oleh kecurangan dari karyawan dan 4% dari kesalahan penjualan.

Lebih buruk lagi, sekitar tiga perempat staf mencuri dari tempat kerja mereka setidaknya pada satu kesempatan. Sebuah fakta yang pasti akan meninggalkan rasa tidak enak di benak para business owner.

Maka melalui artikel ini Kami akan menjelaskan tentang beberapa tips untuk melakukan Pencegahan Kerugian Restoran atau yang biasa disebut dengan Loss Prevention.

Baca Juga : Pentingnya Peran Waitress untuk bisnis Kuliner, Business Owner Wajib Baca!

Apa itu Loss Prevention?

Mari kita mulai dengan menjawab pertanyaan apa itu loss prevention?

Pencegahan kerugian mengacu pada upaya yang dilakukan oleh restoran untuk mengurangi setiap dan semua kerugian dari pendapatan.

Termasuk mengambil langkah-langkah sederhana, seperti memastikan Kamu tidak memesan terlalu banyak bahan dan berakhir dengan limbah atau sampah makanan yang berlebihan.

Mengurangi kerugian juga dapat menanggulangi masalah yang lebih kompleks, seperti taktik pencegahan pencurian restoran pelanggan kabur tanpa bayar, penipuan kartu kredit, dan pencurian karyawan di restoran. Mari alihkan perhatian kita ke poin yang terakhir.

Tipe Kecurangan Karyawan di Restoran

Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan satu pelayan mencuri meningkat jika rekan kerja lainya juga mencuri.

Dan jika karyawan baru melihat rekan kerja mereka mencuri dalam lima bulan pertama mereka bekerja, kemungkinan besar mereka juga akan menjadikannya kebiasaan.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa jenis pencurian karyawan yang paling umum di restoran yang harus Kamu biasakan agar Kamu dapat mengenali dan menghentikannya.

Short Ringing

Kecurangan Karyawan ini Juga dikenal sebagai under-ringing of sales, berikut adalah cara short ring biasanya dimainkan. Seorang pelanggan membayar tunai di restoran untuk nasi ayam ukuran besar seharga Rp 30.000.

Tapi pelayan malah memasukkan di sistem POS dengan pesanan nasi ayam sedang dengan harga Rp 20.000 dan mengantongi Rp 10.000 lainya, tanpa meninggalkan jejak kertas dari pencurian.

Pencurian di Cash Register

Kecurangan Karyawan dengan model Pencurian Cash Register melibatkan staf yang mencuri uang dari penjualan yang tidak dicatat dalam pembukuan restoran Kamu.

Misalnya, pelanggan memesan salah satu menu di restoran dan pelayan memberi mereka yang dipesan tetapi tidak memasukkan di sistem POS, lalu menyimpan uang tunai alih-alih memasukkannya ke mesin kasir Kamu. Dalam kasus lainnya, membaca sekilas juga dapat mencakup mencuri sejumlah uang tunai langsung dari mesin kasir Kamu.

Memberikan Terlalu banyak Pesanan Gratis atau Tester

Memberi tamu makanan dan minuman gratis atau tester adalah praktik standar di sebagian besar restoran.

Namun, jika ini mulai terjadi terlalu sering, Kamu perlu mengatasinya dalam strategi pencegahan kerugian restoran.

Tentu Kamu tidak ingin karyawan Kamu yang terlalu murah hati memberikan makanan pembuka gratis kepada teman mereka setiap kali mereka makan di restoran Kamu.

Membatalkan Penjualan Setelah Closing

Jangan lengah hanya karena restoran akan tutup, pencurian dapat dan memang terjadi setelah jam kerja.

Misalnya, karyawan Kamu yang sedang bertugas dapat secara diam-diam membatalkan satu item dari beberapa pesanan dan mengantongi totalnya alih-alih memasukkannya ke dalam pembayaran per malam.

11 Tip Pencegahan Kerugian Restoran

Jika Kamu pernah mengalami situasi di restoran Kamu seperti yang baru saja kita diskusikan, pasti sulit untuk menanganinya.

Ada sejumlah strategi yang dapat Kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Mari kita bahas tips pencegahan kerugian restoran ini bersama-sama.

1. Membayar Staf Dengan Baik dan Memberikan Manfaat

Beberapa karyawan mungkin mencuri hanya untuk iseng, yang lain mungkin beralih ke pencurian karena mereka kesulitan memenuhi kebutuhan.

Sebagian Staf restoran sering dibayar dengan gaji rendah dan bergantung pada uang tunai ekstra yang mereka terima dari pelanggan.

Namun, lebih dari 80% pekerja restoran telah melaporkan penurunan tip selama pandemi COVID-19, dan hampir dua pertiga dari pekerja tersebut telah melihat tip mereka dipotong setidaknya menjadi setengahnya.

Dengan menambahkan jumlah nominal gaji kepada karyawan dan memberikan tunjangan kesehatan, Kamu akan membantu mereka mengatasi masa-masa sulit dan melindungi restoran Kamu dari pencurian yang disebabkan oleh keputusasaan.

2. Buat Kebijakan Makan Karyawan yang Jelas

Fasilitas staf seperti potongan harga atau makanan gratis adalah ekspektasi di sebagian besar restoran, tetapi mereka juga memiliki beberapa keuntungan bagi Kamu sebagai pemilik restoran.

Menawarkan penawaran makan kepada karyawan dapat meningkatkan kesejahteraan, membantu staf menjadi lebih akrab dengan masakan Kamu, dan mencegah pencurian.

Ingatlah untuk terus memantau jamuan makan karyawan dengan kebijakan khusus termasuk persentase jumlah uang yang dialokasikan per bulan, dan pantau sistem untuk memastikan staf Kamu tidak menyalahgunakan manfaat tersebut.

3. Tawarkan Orientasi dan Pelatihan yang Tepat

Tim adalah bahan utama dalam resep untuk kesuksesan restoran Kamu, itulah mengapa sangat penting untuk memiliki proses onboarding yang solid.

Onboarding adalah suatu program yang diciptakan agar membuat karyawan merasakan engagement dalam waktu yang relatif singkat setelah bergabung ke dalam suatu perusahaan, dengan harapan karyawan mampu beradaptasi dan memberikan performa baik sesuai harapan perusahaan

Jika dilakukan dengan baik, onboarding dapat membantu kinerja tim lebih baik dan memungkinkan untuk mencegah pencurian oleh karyawan restoran. 

Tapi bagaimana cara melakukanya?

Membuat checklist karyawan baru untuk karyawan restoran dapat membantu Kamu merampingkan proses onboarding dan memastikan semua karyawan baru memiliki pemahaman yang jelas tentang aturan dan prosedur di restoran

4. Sempurnakan Prosedur Penanganan Uang Tunai Usaha Kamu

Sebagai pemilik restoran, Kamu tidak ingin terlalu banyak uang di kasir Kamu pada waktu tertentu. 

Tingkatkan strategi pencegahan dengan menempatkan kotak brankas di dekat mesin kasir sehingga tidak akan penuh dengan bills dan berisiko dicurangi.

Kamu juga dapat meningkatkan praktik penanganan kas dengan memisahkan tugas pengelolaan kas sehingga banyak karyawan yang terlibat.

Dengan cara ini, tidak ada satupun anggota staf yang dapat memalsukan angka penjualan mereka.

5. Menyesuaikan Pengaturan dan Kontrol dari Staf

Sistem POS restoran membuat lebih mudah dengan mengontrol apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan karyawan saat memasukkan pesanan dan menerima pembayaran.

Dengan opsi untuk mengatur akses setiap staf dengan izin khusus berdasarkan role atau peran mereka, Kamu dapat mengawasi lebih mudah dan memastikan uang masuk ke dalam cash register.

POS (point of sale) dengan kontrol yang dapat disesuaikan dapat membantu Kamu menghindari penipuan.

Semisal staf yang hanya bisa melakukan hapus transaksi di Aplikasi POS hanya di Manajer atau orang yang sudah Kamu percaya. Maka dengan itu karyawan lain tidak akan mendapatkan akses untuk melakukan kecurangan dengan menghapus setiap transaksi.

6. Review Laporan POS

Sistem POS yang bagus tidak cukup untuk mencegah kecurangan karyawan di restoran. Kamu juga perlu meninjau laporan POS Kamu secara teratur untuk mengidentifikasi dimana pencurian terjadi dan di mana keuntungan bocor dari bisnis Kamu.

Sebagai bagian dari strategi loss prevention restoran, gunakan semua fitur laporan transaksi mulai dari laporan penjualan barang, laporan retur transaksi, hingga laporan log aktivitas setiap karyawan.

Tujuanya untuk melihat apakah ada transaksi yang dihapus atau diubah setelah diselesaikan. Jika Kamu melihat ada transaksi yang aneh, tindak lanjuti dengan staf Kamu.

Kamu juga harus menjalankan laporan tentang berapa banyak rongga dan diskon yang dilakukan, berapa kali laci kas dibuka, dan siapa yang bertanggung jawab untuk setiap kejadian.

Ini menjelaskan tindakan karyawan dan meminta pertanggungjawaban mereka.

7. Menerapkan Pelacakan inventori yang Benar

Sebagian besar pemilik restoran tahu bahwa pelacakan inventori bahan dan barang paling baik jika dipantau secara konsisten dan benar, dan dengan membandingkan item apa yang telah dijual dengan apa yang ada dan yang sudah habis.

Menggunakan solusi pelacakan inventori yang terintegrasi dengan POS dapat membantu Kamu memantau stok dan menangkap setiap kasus pencurian karyawan di restoran Kamu.

Misalnya, Kamu mungkin memperhatikan bahwa beberapa pesanan sayap ayam hilang dari inventori fisik Kamu setiap beberapa minggu pada Jumat malam.

Kamu dapat membandingkan laporan inventori Kamu dengan laporan shift Kamu untuk melihat siapa yang bekerja selama waktu itu, dan kemudian berbicara dengan mereka untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan camilan larut malam yang menghilang.

Pelajari Plugin Ingredients dari Kasir Pintar

8. Pantau Kinerja Karyawan

Pencurian tak hanya tentang inventori dan uang cash. Penting untuk mengevaluasi kehadiran karyawan vs. jam yang dijadwalkan, serta waktu istirahat, untuk memastikan mereka tidak “mencuri waktu”.

POS dengan setelan yang melacak perubahan ini dapat membantu untuk mengetahui siapa pun yang mencoba dibayar untuk jam-jam yang tidak mereka lakukan.

9. Evaluasi kembali Sistem Akuntansi Kamu

Pencurian restoran juga dapat terjadi selama rekonsiliasi akhir hari dan bahkan melibatkan pendapatan manajer yang tidak dilaporkan. 

Meninjau prosedur akuntansi Kamu dan memastikan Kamu memiliki teknologi yang tepat untuk mendukung kesehatan keuangan restoran Kamu adalah langkah yang bijaksana.

Kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk meminta ahli pihak ketiga meninjau pembukuan restoran Kamu untuk mengidentifikasi pencurian dan melindungi dari kerugian pendapatan di masa depan.

10. Tingkatkan Prosedur dan Teknologi Keamanan

Meskipun Kamu tidak ingin menciptakan lingkungan yang tidak ramah, dalam beberapa kasus Kamu perlu mendapatkan sedikit cadangan dengan memasang kamera keamanan CCTV di restoran Kamu untuk mencegah calon pencuri.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk meningkatkan teknologi restoran Kamu sehingga Kamu dapat mengelola kunci dan kartu gesek dengan rekaman digital, bukan dengan cara lama.

11. Buat Lingkungan Restoran yang Nyaman

Jangan lupakan elemen manusia dalam strategi pencegahan kerugian restoran Kamu. Menjadi business owner yang mudah didekati bisa sangat membantu untuk menghentikan pencurian karyawan di restoran.

Buat lingkungan kerja yang positif di mana staf Kamu merasa nyaman meminta bantuan saat mereka membutuhkannya, dan ciptakan budaya akuntabilitas untuk membantu semua orang tetap jujur.

Tingkatkan Strategi Loss Prevention Kamu

Sekarang Kamu memiliki jawaban untuk pertanyaan, “apa itu pencegahan kerugian” dan 11 tip pencegahan kerugian yang solid untuk membantu Kamu menjaga dari pencurian karyawan restoran.

Langkah Kamu selanjutnya? Jika Kamu belum memilikinya, POS yang menawarkan kontrol dan wawasan tentang tindakan staf Kamu adalah alat paling penting yang dapat Kamu manfaatkan untuk pencegahan kerugian restoran.

Kasir Pintar menawarkan fitur yang dapat menyelamatkan bisnis Kamu dari bahaya penipuan dari staff.

  • Free 5 akun untuk staf atau karyawan
  • Sesuaikan akses karyawan dan staf sesuai dengan role
  • Pantau setiap bahan dengan plugin Ingredients
  • Gunakan fitur shift untuk pantau setiap aktivitas di kasir dan cash register
  • Pantau setiap kinerja bisnis dengan laporan super lengkap

Pelajari Selengkapnya apa saja yang bisa Kamu lakukan dengan Kasir Pintar untuk usaha Restoran Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *