Jangan Buka Cabang Usaha Sebelum Tahu Hal ini

Membuka sebuah cabang usaha baru usaha tidak semudah yang dipikirkan. Banyak pemilik usaha yang tidak memperhatikan sumber keuangan mereka saat membuka sebuah cabang.

Banyak yang akhirnya tidak mempertimbangkan resiko dan biaya terkait perluasan cabang usaha ini. Yang akhirnya tak hanya mengancam keberhasilan cabang baru. Tapi juga seluruh perusahaan akan terancam.

Oleh sebab itu, sebelum membuka cabang usaha, Kamu harus memperhatikan hal berikut : 

1. Memiliki tujuan yang jelas saat ingin membuka cabang usaha

Penting untuk Kamu miliki tujuan yang jelas saat membuka cabang di lokasi yang baru. Karena tujuan yang jelas memberikan alasan yang kuat untuk Kamu memutuskan membuka cabang baru.

Tanyakan pada diri kamu Apakah tujuan utama ekspansi Kamu untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada, atau untuk memasuki pasar baru?

2. Contek kesuksesan Kamu sebelumnya

Satu kesalahan yang sering dilakukan pengusaha ketika melakukan ekspansi cabang di luar lokasi pertama adalah ketidakmampuan untuk mengukur dan mereplikasi proses yang membuat bisnis berhasil.

Mendokumentasikan sepenuhnya proses bisnis Kamu dapat membuatnya lebih mudah untuk direplikasi dan diteruskan ke karyawan baru di lokasi kantor baru.

3. Cari tahu Kondisi Arus Kas Usaha Kamu

Berdasarkan perkiraan dan data, temukan tempat yang pas untuk lokasi kedua Kamu guna menghasilkan pendapatan yang cukup untuk mendanai operasi tanpa investasi lebih lanjut.

Sebelum lokasi kedua mulai menopang dirinya sendiri, apakah akan ada cadangan kas yang cukup untuk mendanai pengoperasian lokasi kedua?

Baca Juga : 4 pengeluaran bisnis yang wajib ada saat perencanaan keuangan

4. Jangan kehilangan fokus

Membuka cabang kedua menghadapi banyak tantangan seperti membuka perusahaan baru.

Bagi banyak pengusaha, ini bisa menjadi tantangan yang sebelumnya perlu disambut dan dialihkan fokusnya. Namun, penting untuk tidak melupakan kesejahteraan seluruh perusahaan.

5. Jaga agar budayanya tetap utuh

Salah satu aspek yang lebih praktis dan menantang dalam membuka cabang kedua adalah menjaga budaya usaha Kamu tetap utuh. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat melakukan perluasan adalah menjaga agar karyawan tetap berhubungan dengan misi dan nilai-nilai umum perusahaan.

Cara cara diatas dapat Kamu gunakan apabila Kamu memang akan membuka cabang, karena sebaik baiknya keputusan adalah keputusan yang dipersiapkan.

Jadi bagaiamana? Sudah mantap membuka Cabang Usaha? Salah satu solusi yang bisa Kamu gunakan untuk mengatur dan memonitoring performa cabang Kamu dengan Kasir Pintar Pro.

Sebagai pemilik usaha atau akun pusat di Kasir Pintar Pro, Kamu bisa pantau setiap aktivitas dari cabang usaha yang ada dalam 1 dashboard laporan usaha.

Pelajari selengkapnya tentang Fitur Cabang di Kasir Pintar Pro Sekarang

sumber : ilmukeuangan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *