Alasan kenapa Kamu Harus Pakai Tiktok untuk Jualan

Saat ini TikTok telah sukses berkembang menjadi aplikasi favorit dan mendapatkan banyak sekali penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

TikTok diperkirakan telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Sudah terdapat banyak sekali pelaku bisnis hingga perusahan yang menggunakan platform tersebut sebagai media pemasaran digital.

Terlebih TikTok saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti yang dimiliki social media lain.

Fitur ini ditujukan untuk memudahkan penggunanya membagikan kreativitas melalui konten yang mereka buat dan memotivasi pengguna lain untuk terus menonton konten yang dibuat oleh orang lain di TikTok

Kalau kamu belum punya, boleh banget gunakan Tik Tok sebagai salah satu aplikasi penunjang aktifitas jualan kamu.

Alasan Tiktok menjadi platform yang harus Kamu coba untuk berjualan

1.  Tiktok berkembang dalam 10 Tahun Terakhir

Di 2020, jumlah download aplikasi ini di PlayStore dan AppStore sudah menyentuh 2 miliar download! Instagram sendiri butuh waktu bertahun-tahun untuk mencapai jumlah tersebut.

Secara singkat, TikTok menarik atensi dengan cepat, dan tentunya akan terus tumbuh. Ingat masa di mana bisnismu masih asik main di Twitter dan terlambat mencoba Instagram sehingga akhirnya “kudet” dan kesulitan membangun komunitas dan pamor di sana? Jangan ulangi kesalahan itu!

Berikut beberapa statistik perkembangan Tik Tok:

  • Memiliki lebih dari 800.000 juta pengguna aktif sedunia per 2020
  • Sudah didownload sebanyak 2 miliar kali di PlayStore dan AppStore
  • Memiliki user aktif di 154 negara di seluruh dunia.

2.  Menjadi kesukaan anak Gen Z

60% Pengguna paltform ini merupakan Gen Z. Mereka menjadi yang paling banyak menggunakan karena memang fiturnya ini sangat cocok dengan kebiasaan para GenZ.

App creator TikTok sendiri mengatakan bahwa TikTok dirancang dengan menargetkan audience berusia di bawah 18 tahun sebagai market utamanya.

Bagi bisnis yang menargetkan Gen Z, tentu platform ini merupakan media yang cocok tidak hanya untuk berpromosi dan membangun interaksi, tapi juga mencari tahu habit dan trend yang diminati oleh target market usia tersebut.

Buat konten yang menarik minat (dan tentunya menjual!) bagi target marketmu yang merupakan market Gen Z kalau nggak tau mereka lagi rame ngomongin apa?

Baca Juga : 5 Rekomendasi Drakor tentang Bisnis yang menginspirasi

3. Siapapun Punya Kesempatan untuk Terkenal

Berbeda dengan Instagram dan YouTube di mana “pamor” ditentukan dari nama besar sejak awal, TikTok memiliki algoritma yang menarik. Mendadak muncul seleb yang sebelumnya “bukan siapa-siapa.”

Kuncinya adalah konten yang menarik, karena ada 1 miliar video TikTok yang ditonton setiap harinya.

Sehingga banyak inspirasi, banyak insight, banyak referensi, banyak pula audiencenya, tentu kita juga punya peluang untuk stand out dengan konten dari bisnis kita!

4. Banyak Content Creator Bertebaran!

Siapapun bisa jadi content creator di TikTok! Konten lucu, konten inspiratif, konten apapun bisa kamu temukan dari jutaan content creator super kreatif.

Hal ini berarti, Sobat bisa mengajak content creator tersebut untuk kerja sama dan memproduksi konten untuk bisnismu.

Dengan authenticity yang mereka punya, karya mereka bisa dibuat sangat native dengan tujuan agar siapapun yang melihat gak sadar kalau itu iklan!

5. Bisa Beriklan Lewat TikTok for Business

Selain beriklan melalui endorsement lewat seleb TikTok, sekarang sudah tersedia TikTok for Business yang dashboardnya memiliki tampilan dan proses mirip sekali dengan Facebook Ads Manager.

Jadi bagi kamu Foodpreneurs yang sudah terbiasa beriklan lewat Facebook / Instagram Ads, tidak akan kesulitan memahami “mesin” pengatur iklan bisnismu.

Credit Artikel dari foodiz.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *