Point of Sales / 10 Cara Menjadi Kasir Idaman Para Pelanggan, Business Owner Wajib tahu!

10 Cara Menjadi Kasir Idaman Para Pelanggan, Business Owner Wajib tahu!

20 Mei 2022 | marketing

Kasir Pintar

Seorang kasir  menjadi salah satu orang penting didalam bisnis. Karena kasir adalah perantara antara bisnis dengan konsumen atau customer.

menjadi kasir membutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menjalankan pekerjaanya. karena dari mereka lah pundi cuan bisnis dan penjualan kamu didapat.

Jika ada kesalahan sedikit saja akan berakibat banyak kekeliruan dalam pelaporan penjualan atau malah sebaliknya jika ada kesalahan dalam pesanan akan terjadi banyak komplain dari pelanggan.

Apa itu kasir?

Jika dijelaskan secara istilah Kasir adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab untuk menerima pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan dan melakukan pencatatan pesanan dari pelanggan tersebut.

Pekerjaan kasir biasanya bisa dijumpai di bisnis retail dan kuliner (f&b) seperti restoran, cafe, swalayan, minimarket dan lainya.

Namun saat ini pekerjaan kasir tidak hanya berhubungan dengan transaksi tunai saja namun juga yang berhubungan dengan non-tunai.

Lalu apakah pekerjaan kasir hanya sekedar melayani pelanggan yang melakukan transaksi? Tentu saja tidak, mari kita cari tahu bersama tentang tugas kasir dan Kamu sebagai business owner harus tahu.

1. Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Tugas wajib yang harus dilakukan seorang kasir yang pertama adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Kasir merupakan orang pertama yang akan ditemui oleh pelanggan saat ingin memesan maka sudah seharusnya seorang kasir memberikan kesan yang pertama yang baik dengan ramah kepada pelanggan.

Pastikan kasir kamu melakukan 3s (salam, senyum dan sopan) kepada pelanggan, tegur kasir jika cuek dan ketus terhadap pelanggan.

Jangan sampai pelanggan berhenti kembali ke toko outlet kamu dikarenakan pelayanan kasir yang tidak memuaskan.

2. Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan

Sebelum melakukan transaksi biasanya pelanggan bertanya-tanya seputar apa yang akan ia pesan, terutama jika pelanggan pertama kali ke outlet Kamu.

Oleh karena itu, kasir yang baik harus siap membantu memberikan informasi produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Kasir harus mengetahui informasi selengkapnya tentang informasi produk dan bisa merekomendasikan menu kepada pelanggan. 

3. Catat transaksi pelanggan

Poin ini merupakan tugas pokok sebagai kasir yaitu sebagai pencatat transaksi. Sebagai seorang kasir wajib untuk mencatat setiap transaksi pelanggan dengan teliti agar hasilnya akurat.

Kesalahan dalam pencatatan transaksi akan menimbulkan masalah dalam pelaporan penjualan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam pencatatan penting untuk menggunakan aplikasi kasir seperti kasir pintar yang dapat dengan mudah dan otomatis mencatat setiap transaksi kedalam database penjualan kamu.

penggunaan aplikasi pun mudah dipelajari bahkan untuk kasir yang baru, maka penting buat Kamu business owner mempunyai fitur-fitur dari aplikasi kasir pintar yang dapat mempermudah kinerja kasir.

Pelajari selengkapnya disini

4. Cek Pesanan dari Pelanggan saat sudah selesai

Untuk Ketika pesanan selesai biasanya kasir juga berperan sebagai penerima pesanan pelanggan. 

Tak semuanya mempunyai sistem seperti itu, namun untuk bisnis yang masih menggunakan kasir sebagai orang yang memberikan barang atau pesanan kepada pelanggan harus melakukan pengecekan kembali sesuai pesanan.

Kasir harus mengecek apakah pesanan benar, atau ada kerusakan dan lainya. 

Kegiatan itu berfungsi meminimalisir kesalahan dalam pesanan, hal ini simple tapi berdampak terhadap pelayanan dari bisnis Kamu. 

5. Merekap laporan transaksi penjualan.

Kasir juga harus melakukan rekap laporan transaksi penjualan pada saat shift sehingga karyawan selanjutnya bisa mengetahui jumlah pasti uang yang ada di laci kasir atau mesin kasir.

Kasir Pintar juga mempunyai sistem shift yang bisa mengetahui jumlah nominal cash dalam laci dari masing-masing karyawan saat melakukan shift.

Pelajari selengkapnya disini

6. Mampu melakukan packing dengan benar

Walaupun terlihat mudah, kasir tidak bisa sembarangan dalam membungkus barang belanjaan dari pelanggan. Sehingga kasir harus memiliki pengetahuan produk yang baik.

Karena tidak semua barang bisa berada dalam satu bungkus yang sama. Misalnya, peralatan pembersih tidak bisa berada dalam bungkus yang sama dengan produk makanan.

7. Melakukan strategi upselling

Apa itu upselling? Upselling adalah aktivitas untuk memberikan saran kepada pelanggan  untuk melakukan pembelian lebih banyak dari yang dibelanjakan.

Aktivitas ini akan memberikan chance untuk mendapatkan penjualan lebih, pastikan kasir menyarankan barang-barang atau menu yang sedang promo atau ingin dipromosikan.

Baca Juga : 5 Strategi Upselling Restoran dengan Aplikasi POS

8. Memeriksa daftar harga 

Untuk bisnis retail sebagai kasir juga bertugas untuk memeriksa daftar harga pada masing-masing produk. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi kesalahan penjualan barang yang tidak sesuai harga.

Misalnya, sabun A yang seharusnya memiliki harga 20.000 malah menjadi 10.000. Jika dijumlahkan dengan total penjualan, ini bisa menjadi hal yang merugikan.

9. Memeriksa stok barang

Selain memeriksa data penjualan, seorang Kasir  juga harus memeriksa ketersedian stok barang yang akan dijual. Jika stok barang sudah menipis, kamu nantinya perlu untuk melakukan request kembali agar barang tersebut tidak kehabisan.

Namun kasir tidak perlu khawatir dengan ketersediaan stok barang, karena aplikasi kasir pintar mampu untuk memberikan informasi seputar sisa stock yang ada di sistem.

10. Stock opname barang 

Seorang kasir tidak hanya bertugas untuk memproses transaksi saja. Sebagai orang yang berkutat dengan data penjualan, kasir juga memiliki peran penting dalam kegiatan stock opname.

Sebab, perbandingan stok produk dan data penjualan membutuhkan masukan dan informasi dari seorang kasir. Jika seorang kasir enggan untuk membantu pelaksanaan stock opname, maka staf lain pasti akan menjadi kewalahan. Inilah pentingnya untuk menjadi kasir yang juga team-player. 

Nah sudah jelas kan beberapa tugas dari kasir yang wajib untuk dilakukan, sebagai business owner tentu membutuhkan efisiensi dari berbagai lini usaha, termasuk salah satunya kasir.

Kasir Pintar Pro sebagai aplikasi kasir untuk UMKM penuhi kebutuhan usaha mulai dari atur stok barang, transaksi penjualan, laporan penjualan, staf dan masih banyak lainya.

pelajari fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro disini yuk! pelajari fitur

Kamu juga bisa download dan coba gratis 30 hari tanpa syarat disini!

 Download Sekarang!

 

 

 

 

-




Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang