Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / 10+ Tips Utama Untuk Meningkatkan Penjualan Di Hari Natal & Tahun Baru
21 Desember 2022 | marketing
Natal dan tahun baru hanya beberapa hari lagi, yang berarti bahwa sebagai pemilik usaha, kamu harus memanfaatkan periode puncak ini sepenuhnya, dan mempersiapkan bisnismu untuk pembelian “end-0f-year-sale” yang akan segera terjadi.
Pada akhirnya, jika kamu tidak memanfaatkan kegilaan promo belanja pada periode natal dan tahun baru ini, bisa-bisa kamu bakal kehilangan banyak potensi bisnis.
Nah untuk membantu hal tersebut, kami telah menyusun beberapa kiat terlaris yang akan membantumu meningkatkan penjualan menjelang natal dan tahun baru.
(Source : istockphoto)
Semakin mudah kamu membuat pelanggan untuk mengunjungi toko-mu, maka semakin besar kemungkinan mereka akan menemukan sesuatu di situs yang ingin mereka beli.
Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberi mereka ide hadiah untuk orang yang mereka cintai, misalnya dengan membuat saran produk berdasarkan usia, jenis kelamin, jenis produk, minat, dan harga.
Ini tidak hanya meningkatkan keseluruhan perjalanan mereka sebagai pelanggan, tetapi yang lebih penting meningkatkan kemungkinan untuk mengubahnya menjadi penjualan.
Kartu hadiah adalah pembelian yang sangat populer menjelang natal dan tahun baru. Hal ini juga dapat menjadi cara yang bagus untuk mendorong pembelian di toko-mu.
Sedari dulu memang kartu hadiah fisik sangat populer, namun saat ini semakin banyaknya pemilik usaha online, mereka juga tidak mau ketinggalan.
Pemilik usaha online tersebut biasanya banyak menawarkan kartu hadiah digital, atau disebut sebagai e-voucher, yang dapat dikirimkan langsung ke penerima melalui email atau SMS, atau pada tanggal tertentu.
Bagaimana cara menawarkan kartu hadiah digital?
Ada sejumlah situs di luar sana yang memberi bisnis platform untuk membuat dan mempromosikan kartu hadiah digital yang dipersonalisasi, termasuk giftfly dan PayPal.
Hebatnya, kartu hadiah ini dapat dipromosikan hingga menit-menit terakhir “end-of-year-sale” dan juga membantu menghasilkan penjualan serta meningkatkan kesadaran di antara penerima yang mungkin sebelumnya tidak mengetahui bisnismu sebelumnya.
Untuk lebih mendorong pembelian kartu hadiah, kamu mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menawarkan insentif keuangan, misalnya : diskon 50% untuk pembelian kartu hadiah di atas Rp 150.000 atau Rp 200.000.
Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan rasa urgensi menjelang nataru.
Misalnya : mengingatkan mereka tentang tanggal pengiriman terakhir untuk jaminan pengiriman express, atau mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengadakan penawaran eksklusif untuk 50 pembeli pertama.
Ini bisa apa saja mulai dari menawarkan hadiah gratis bernilai rendah seperti lilin, atau menawarkan diskon terbatas atau voucher belanja 20% untuk dibelanjakan pada Januari 2023 nanti, dan banyak lagi.
Cara lain untuk mempertimbangkan mengumumkan penawaran terbatas eksklusif ini adalah melalui pengumuman video, baik itu Instagram Live atau bisa juga dengan Facebook Live.
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan “time countdown” untuk menciptakan rasa urgensi.
Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan media sosial dan website untuk membuat “time countdown” sehingga pelanggan tidak mau ketinggalan diskon spesialnya.
Strategi pemasaran yang dilakukan dengan menambahkan keterangan waktu dinilai cukup efektif untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk berbelanja.
Jadi, cobalah untuk membuat time countdown selama beberapa hari atau beberapa jam mendekati momen natal dan tahun baru.
Cara lain yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan penjualan menjelang nataru adalah dengan hanya menawarkan kode diskon kepada pengunjung untuk ditukarkan.
Atau kamu juga bisa melangkah lebih jauh dan membuatnya meriah, misalnya dengan mempromosikan secara besar-besaran di beranda situs web atau bahkan memasang banner di depan toko.
Kamu bahkan juga dapat menggunakannya sebagai bagian dari kampanye yang berfokus pada “special sale - menit terakhir tahun baru” dan mendorong orang untuk cepat menyelesaikan belanja mereka tepat waktu dan menghemat uang dalam prosesnya.
Jika margin keuntungan tidak memungkinkan untuk diskon 20% secara keseluruhan, kamu juga bisa melakukan pembatasan pada hadiahnya, atau bahkan menawarkan obral kilat.
Basis pelanggan yang sudah ada adalah tempat yang tepat untuk memulai saat mencoba meningkatkan penjualan menjelang natal dan tahun baru.
Apakah kamu akan menawarkan diskon, mendorong pembelian kartu hadiah di menit-menit terakhir, atau hanya ingin memamerkan kategori hadiah saja? (atau semuanya?)
Nah dari itu pemasaran email bisa menjadi pilihan yang bagus. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan email adalah dengan mensegmentasi basis data sehingga kamu hanya akan mengirimkan konten yang paling relevan kepada penerima.
Jenis email lain yang mungkin bermanfaat bagi kamu menjelang natal dan tahun baru ini juga termasuk pengingat barang yang ada keranjang belanjamu (mendorong untuk segera mereka check out).
Jika kamu memiliki sejumlah produk yang saling melengkapi satu sama lain, ada baiknya menyatukan mereka untuk membuat satu set hadiah.
Hal ini akan meningkatkan nilai pesanan rata-rata, karena banyak barang yang akan dibeli dalam satu transaksi (bukan hanya satu).
Pastikan bahwa sistem manajemen inventaris-mu mendukung penggabungan produk untuk menghemat waktu dan secara otomatis menyinkronkan tingkat stok selama waktu tersibuk dalam setahun.
Berikut beberapa contohnya :
Jika memungkinkan, perjelas berapa banyak yang dihemat oleh pembeli, apabila di membeli satu set hadiah tersebut.
Buat mereka akan merasa mendapatkan lebih banyak untung dan menghemat uang mereka, serta ciptakan pengalaman belanja pelanggan yang positif.
Strategi lainnya yang cukup efektif kamu terapkan selama momen natal dan tahun baru, yakni dengan menjual produk secara bundling.
Dalam hal ini, kamu bisa menjual produk buy one, get one free. Namun, pastikan produk yang kamu jual secara bundling saling berhubungan atau saling melengkapi.
Misalnya, dengan menjual sepatu dan menggratiskan produk kaus kaki. Dengan begitu, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian.
Promo bundling biasanya cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan karena dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan mereka membeli secara satuan.
Menawarkan pengiriman gratis dapat menjadi cara yang bagus untuk menarik pelanggan potensial di masa perayaan dan bahkan dapat membantu mendorong kebiasaan berulang di masa mendatang.
Menawarkan kesepakatan seperti "pengiriman gratis untuk pesanan di atas Rp 200.000" akan mendorong pembeli untuk membeli lebih banyak dalam satu transaksi agar diterima untuk pengiriman gratis.
(Source : istockphoto)
Kiat lainnya adalah menyediakan pembungkus kado sebagai opsi, karena ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
Mungkin juga bermanfaat bagi pembeli jika kamu menawarkan pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan untuk ditambahkan ke pesanan mereka (dengan biaya tambahan atau gratis).
Memberikan pelanggan setia layanan pelanggan yang hebat akan mendorong promosi dari mulut ke mulut secara positif, jadi sebaiknya memanfaatkan dampak reputasi yang baik terhadap bisnismu.
Konsisten dengan layanan pelanggan akan memungkinkan kamu untuk mempertahankan reputasi yang baik, sehingga ketika datang ke masa sibuk, pelanggan (lama dan baru) merasa bahwa mereka dapat mengandalkan bisnis untuk pengalaman transaksi yang menyenangkan.
Mereka juga akan merasa senang untuk kembali ke tokomu lagi, sehingga akan memungkinkan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnismu.
Menyesuaikan situs web kamu dengan tema liburan akan menciptakan pemahaman tentang kebutuhan pelanggan pada waktu itu, dan untuk apa pelanggan berbelanja.
Misalnya, lihatlah Amazon, yang secara khusus membuat toko natal, sehingga pelanggan dapat menemukan semua yang mereka butuhkan di satu tempat.
Ini juga memisahkan pelanggan yang tidak ingin berbelanja untuk liburan, atau mungkin lebih suka berbelanja untuk hadiah yang lebih spesifik.
Memfilter pencarian dan mengelompokkan produk bersama-sama (misalnya produk dengan harga di bawah Rp 100.000) akan membuat pencarian produk jauh lebih mudah, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih positif.
Menjelang akhir tahun, mungkin ada beberapa produk yang kamu sadari bahwa penjualannya kurang optimal. Akhirnya, produk tersebut menumpuk di gudang dan menghambat siklus keluar-masuk barang.
Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya kamu jual kembali dengan promo clearance sale atau cuci gudang.
Biasanya, produk yang dijual selama clearance sale akan ditawarkan dengan harga lebih murah. Jadi, ada banyak pelanggan yang akan tertarik untuk membelinya.
Namun, pastikan kamu melakukan perhitungan diskon terlebih dahulu agar produk-produk yang dijual tetap menghasilkan keuntungan.
Untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan selama promo natal dan tahun baru, kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik.
Misalnya, giveaway dengan hadiah produk best seller atau barang new launching. Jadi, pelanggan tertarik untuk berpartisipasi karena hadiah yang menggiurkan.
Kamu bisa coba mengadakan kontes berhadiah menarik ini melalui media sosial. Mintalah peserta kontes untuk like, share, komentar, dan share postingan media sosial untuk meningkatkan jangkauan.
Dengan begitu, kamu bisa membuat brand lebih banyak dikenal oleh audiens. Kamu pun bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.
Tips promo natal dan tahun baru selanjutnya yaitu cobalah untuk meluncurkan kemasan spesial nataru.
Biasanya, ada banyak pelanggan yang ingin mengirimkan hampers untuk merayakan momen natal dan tahun baru dengan orang-orang tersayang.
Produk jualanmu pun bisa menjadi pilihan ide hampers natal dan tahun baru. Dengan kemasan special edition sehingga lebih menarik pelanggan untuk membelinya.
Meskipun tip ini akan membantu kamu untuk menjual lebih banyak barang selama periode natal dan tahun baru, pada akhirnya kamu juga perlu memastikan bahwa perusahaanmu dapat menangani peningkatan volume pesanan, terutama saat mengoptimalkan kampanye pemasaran selama musim penjualan puncak.
Misalnya, untuk mencegah overselling dan menghindari kehabisan stok, serta memaksimalkan efisiensi proses penjualan, berinvestasilah dalam sistem manajemen inventaris otomatis sehingga dapat membuatmu unggul dalam persaingan.
Nah Kasir Pintar dapat membantumu untuk menangani masalah overselling itu. Apa itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Jadi tunggu apalagi! Segera download aplikasi Kasir Pintar sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam bertransaksi 👇
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat