Apakah Struk Penjualan Begitu Penting Untuk UKM? Ini dampaknya!
Seputar Bisnis | 21 November 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / 5 Manfaat Penting Software ERP untuk Bisnis F&B di Tahun 2024
5 Februari 2024 | marketing
5 Manfaat Penting Software ERP untuk Bisnis F&B di Tahun 2024
Bagaimana Prospek Bisnis F&B di Tahun 2024?
Di tahun 2024 ini, pertumbuhan bisnis makanan dan minuman (F&B) diramalkan akan terus melesat. Setelah mulai pulih di tahun 2022 dengan pertumbuhan 3,5%, industri food and beverages terus naik dengan stabil sebanyak hampir 10% di akhir tahun 2023. Yang pasti, semakin pesat perkembangan suatu perusahaan F&B, semakin rumit juga manajemen keuangan, produksi, sampai gudangnya. Otomatis, semakin canggih software yang dibutuhkan untuk mengelolanya.
Selain restoran dan kafe, bakery, pastry, sampai bisnis minuman juga punya kebutuhan khusus untuk mengelola stok yang tidak bisa dilayani oleh aplikasi gudang atau software akuntansi saja. Apa saja kebutuhan bisnis F&B, dan apa manfaat software ERP untuk F&B?
Baca Juga : 10 Strategi Saluran Komunikasi Promosi yang Efektif untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis
5 Manfaat Penting ERP untuk Bisnis F&B
Saat baru merintis, bisnis bakery, restoran atau cafe biasanya mengelola keuangan dengan aplikasi akuntansi. Semakin banyak bahan baku yang disimpan di gudang, dan semakin banyak menu yang ditawarkan, maka kita pasti akan butuh food recipe software. Salah satu alternatif untuk mengelola pembukuan, gudang, dan resep makanan ini adalah aplikasi enterprise resource planning atau ERP. Apa saja fitur yang dibutuhkan bisnis F&B dalam software ERP?
Bakery butuh aplikasi pengelola inventory canggih dengan konversi unit otomatis untuk inventory bahan baku makanan maupun minuman. Misalnya, untuk penggunaan bahan baku seperti tepung dan saus, satuan yang digunakan bisa berupa gram, kilogram, pak, liter, dan sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ERP yang punya fitur inventory cerdas, konversi unit dari gram ke kilogram atau sebaliknya, misalnya, akan terjadi otomatis dan tanpa error.
Restoran dan cafe juga butuh laporan stok yang akurat dan bisa diakses setiap waktu. Ini semua karena sifat bahan baku seperti tepung, susu, dan sebagainya yang punya expiry date serta masa simpan. Karena aplikasi ERP ini menyatukan aplikasi gudang dengan akuntansi, pembelian dan penjualan, maka perhitungan bahan baku yang kompleks jadi presisi, stock opname jadi akurat, kelola retail maupun grosir pun jadi mudah.
Salah satu penyedia ERP terbaik di Indonesia, Ukirama, menawarkan fitur Bill of Material dan Recipe yang sangat berguna untuk bisnis makanan dan minuman, termasuk bakery. Lewat fitur resep, biaya pembuatan setiap unit di setiap menu bisa dilihat pergerakannya, sesuai dengan turun-naik harga bahan baku. Stok bahan baku juga otomatis terpotong sesuai pemakaian dengan fitur Recipe.
Baca Juga : Langkah-langkah Praktis dalam Pembuatan Laporan Keuangan yang Efektif untuk Para UMKM
Kalau perusahaan sudah mulai besar, maka pengolahan bahan baku akan membutuhkan gudang dan central kitchen. Produk yang sudah jadi lalu akan didistribusikan ke cabang-cabang, dan kamu membutuhkan aplikasi ERP untuk mengelola central kitchen ini. Ukirama ERP memiliki modul inventory yang melacak keberadaan stok, baik bahan baku maupun produk, saat sedang transit dari gudang ke outlet. Pelajari lebih jauh tentang central kitchen di sini.
Jika perusahaan terlibat dalam distribusi produknya, ERP bisa membantu merencanakan rute distribusi yang paling efisien. Produk makanan dan minuman yang rusak dan hilang saat pengiriman bisa terpantau setiap waktu, sehingga distribusi dari central kitchen ke outlet bisa disesuaikan sampai optimal, dan mengurangi food waste.
Ingin tahu lebih jauh tentang akuntansi dan aplikasi ERP? Pelajari lebih dalam di sini.
*Artikel ini hasil kerja sama antara Ukirama dan kasir Pintar.
Tag
#ukiramaArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat