Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / 5 Tips Penargetan Iklan Terbaik antara Facebook dan Google
8 Desember 2022 | marketing
Penargetan iklan akan membantumu dalam menemukan pelanggan atau lebih tepatnya membantu pelanggan menemukanmu.
Iklan bertarget adalah cara efektif untuk menggunakan anggaran dalam pemasaran iklan, karena kamu tidak hanya menempatkan iklan tetapi juga berharap orang tepat dalam menemukannya.
Iklan bertarget berguna tetapi menyiapkan iklan secara efektif akan bisa jadi sedikit rumit.
Dibawah ini telah kami rangkum beberapa cara menulis panduan singkat dalam mempersiapkan iklan bertarget, yakni :
Ada banyak cara untuk dapat mempromosikan diri mereka sendiri secara online. Hampir setiap situs media sosial dan mesin pencari memungkinkan untuk menetapkan demografi yang ditargetkan untuk iklan.
Dengan begitu banyak pilihan, mungkin sulit untuk mengetahui di mana harus fokus. Apakah Anda ingin menempatkan iklan pencarian Google? iklan Instagram? atau ingin mempromosikan melalui tweet?
Untuk membuat beban kerja lebih mudah dikelola, coba fokuskan pada satu atau dua jenis iklan bertarget terlebih dahulu. Sebaiknya mulai dengan iklan bergambar Google dan iklan Facebook.
Dengan jangkauan lebih dari 94% pengguna internet di AS, Jaringan Display Google adalah cara terbaik untuk menjangkau pemirsa khusus.
Dengan iklan bergambar Google, pebisnis dapat menempatkan iklan visual di jaringan situs web dan aplikasi di seluruh internet.
Jika kamu menggunakan iklan Display responsif, iklan tersebut akan secara otomatis menyesuaikan tampilannya agar sesuai dengan situs tempat mereka muncul, sehingga mengurangi interaksi bagi pemirsa.
Sementara itu, facebook adalah situs media sosial paling populer, lebih dari 2,9 miliar orang aktif di facebook setiap bulannya.
Memang, kamu tidak akan mencapai semua 2,9 miliar dengan setiap iklan, karena ukuran audiens penargetan Facebook yang disarankan adalah antara 1000 hingga 50.000.
Namun, dengan banyaknya orang yang mengakses situs tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi sangat terperinci dengan penargetan iklan.
Menggunakan iklan bergambar Google dan iklan Facebook memastikan pengecer memiliki cakupan seluas mungkin sebelum memperluas ke platform lain.
Ini adalah tempat yang efisien untuk mulai mengoptimalkan iklan dan mempelajari tentang pemirsa iklan.
Penargetan iklan adalah tentang membangun audiens yang cenderung menginginkan produkmu. Disini kamu dapat membangun audiens berdasarkan : lokasi, minat, kebiasaan, perilaku, dan lainnya.
Sebagai contoh : kamu dapat menjalankan kampanye iklan Facebook yang menargetkan penggemar acara memasak tertentu berusia di atas 35 tahun yang berada di negara bagian kamu pada minggu-minggu menjelang tahun baru untuk menarik perhatian koki rumahan yang akan menyukai lini peralatan masak barumu.
Atau kamu dapat menargetkan iklan bergambar Google kepada wanita yang pernah berinteraksi dengan bisnismu sebelumnya, sehingga mereka sudah tertarik denganmu dan barang yang sebelumnya pernah kamu jual.
Saat ingin membangun audiens, kamu perlu pertimbangkan :
Lakukan pendekatan yang cermat terhadap iklan bertarget kamu, dan jangan lupa untuk terus menyesuaikannya sesuai kebutuhan.
Berikut adalah beberapa tips-nya :
Mengapa kamu ingin menjalankan iklan? Apakah kamu mencari lebih banyak penjualan selama musim tertentu? Apakah kamu menarik perhatian pembeli pada waktu liburan? Meluncurkan produk baru? Membuka lokasi baru?
Masing-masing tujuan ini membutuhkan pendekatan yang berbeda agar efektif.
Katakanlah sasaran kamu adalah orang-orang yang lebih banyak konversi di situs e-Commerce selama obral di bulan Juni.
Alih-alih hanya menempatkan iklan untuk pelanggan yang siap membeli, kamu dapat menggunakan sasaran untuk mempersempit penargetan iklan.
Contoh :
Tanggal 1 Juli dikenal sebagai Hari Pindah di kota Quebec, karena ribuan orang di seluruh provinsi pindah ke rumah baru secara bersamaan.
Obral bulan Juni Anda mungkin menarik perhatian warga Quebec yang membutuhkan kesepakatan untuk sesuatu di tempat baru mereka.
Jadi sebaiknya menargetkan orang-orang yang berlokasi di Quebec di Facebook dan pastikan iklan bergambar Google disetel untuk menargetkan orang-orang untuk segera bertindak "beli sekarang, diskon besar khusus hari ini".
Juni juga merupakan bulan biasa untuk upacara kelulusan perguruan tinggi. Kamu pasti ingin memastikan bahwa iklan bergambar dapat menargetkan orang-orang dalam acara kelulusan "wisuda perguruan tinggi".
Penting untuk diingat bahwa pembeli tidak selalu konsumen.
Meskipun audiens target kamu yang biasa mungkin adalah orang yang menikmati produk, produk tersebut terkadang dibeli sebagai hadiah oleh orang tua, pasangan, atau teman.
Kamu harus memastikan setidaknya beberapa iklan ditujukan kepada pembeli yang bukan pengguna akhir suatu produk .
Ini berarti bahwa paket lengkap (salinan iklan dan aset materi iklan lainnya, serta audiens) yang kamu targetkan harus difokuskan untuk memengaruhi pembeli.
Iklan harus mengomunikasikan bahwa produk akan menjadi hadiah yang sempurna untuk audiens target yang biasa.
Dalam penargetan Facebook, kamu bisa menjadi sangat mudah di sini. Pada bulan Januari dan Februari, jika kamu ingin mengiklankan cincin pertunangan, bunga, dan cokelat kepada mitra yang mencari hadiah, kamu dapat menggunakan perilaku pembelian sebelumnya untuk menentukan pemberi hadiah yang secara khusus tertarik dengan apa yang kamu miliki.
Dalam penargetan iklan bergambar Google, kamu dapat menggunakan penargetan kontekstual untuk menangkap pemberi hadiah dan pembeli.
Ini berarti kamu harus memilih kata kunci yang relevan dengan niat pembelian spesifik mereka—seperti ide hadiah liburan, bunga di dekat saya, kembali ke perlengkapan sekolah—dan Google akan secara otomatis menempatkan iklan-mu di seluruh Display Network untuk menjangkau orang yang tepat.
Mencetak jaring yang lebih luas tidak akan selalu menghasilkan hasil yang lebih baik, terutama jika berada di industri yang sangat kompetitif.
Menjadi lebih spesifik akan menempatkan iklan kamu di depan orang yang tepat pada waktu yang tepat.
Katakanlah kamu adalah seorang pembelanja yang melihat iklan untuk teko teh baru, kamu menyukai tampilannya dan telah mencari ceret baru sehari sebelumnya, jadi kamu memutuskan ingin membelinya.
Anda mengeklik iklan, memesannya dan menunggu teko sampai di rumah atau mungkin melakukan COD dan kamu telah mendapatkan teko baru saat itu.
Keesokannya kamu melihat iklan untuk teko teh yang sama.
Apakah Anda cenderung untuk terus membeli? Mungkin tidak karena kamu sudah memiliki teko. Tetapi akan jauh lebih mungkin untuk membeli teh dan mug serta cairan pembersih kerak untuk teko barumu.
Untuk menangkap energi itu, pengecer akan menggunakan pemirsa khusus untuk penargetan iklan Facebook mereka.
Ambil orang-orang yang sudah berkonversi dari iklanmu, bangun pemirsa khusus dengan semua orang itu dan kecualikan mereka dari set iklan tempat mereka berkonversi.
Sertakan mereka di set iklan lain yang lebih relevan untuk melanjutkan perjalanan pembelian.
Kamu dapat membangun audiens yang ditargetkan dari orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnismu melalui Facebook dan Google.
Kamu mungkin tergoda untuk menempatkan sebagian besar anggaran di sana—lagi pula, umumnya lebih mudah mempertahankan pelanggan daripada membuat pelanggan.
Namun, jika kamu tidak fokus untuk membawa bisnis baru kepada kamu, audiens penargetan ulang tidak akan tumbuh dan pada akhirnya akan melihat lebih sedikit ROI.
Cobalah pembagian anggaran yang lebih berbobot terhadap konversi baru daripada penargetan ulang—pembagian 75/25 akan menjadi tempat yang baik untuk memulai.
Manfaat utama memiliki beberapa iklan adalah dapat menggunakan materi iklan dan taktik penargetan iklan yang berbeda untuk menguji mana yang lebih efektif dalam mengonversi audiens.
Ketika kamu tahu mana yang berkinerja lebih baik daripada yang lain, kamu dapat menyesuaikan strategi untuk memaksimalkan hasil kampanye-mu.
Untungnya, Google dan Facebook memudahkan pelacakan dan pengoptimalan kampanye.
Untuk iklan bergambar Google, kamu dapat menggunakan halaman "Wawasan" untuk memeriksa tren yang relevan dengan bisnis dan iklanmu.
Google akan memberikan perkiraan permintaan untuk memprediksi minat di masa mendatang, wawasan audiens sehingga dapat melihat siapa yang berkonversi di iklan dan banyak lagi.
Dengan informasi ini, kamu dapat secara proaktif menyesuaikan penargetan audiens untuk menarik perhatian pembeli yang lebih terlibat.
Wawasan di Meta Business Suite adalah cara yang relatif baru untuk memeriksa kinerja penargetan iklan Facebook, serta iklan Instagram apa pun yang ditempatkan.
Kamu dapat menggunakannya untuk memeriksa kinerja iklan dan memeriksa tren, dan untuk melihat demografi orang-orang yang menyukai Halaman Facebook.
Dengan menggunakan informasi itu, kamu dapat melihat di mana perlu menyesuaikan anggaran dan menyesuaikan audiens.
Iklan bertarget menampilkan produk kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat, membantumu melakukan konversi dengan lebih efisien.
Algoritme di balik penargetan Google dan Facebook semakin canggih setiap saat, memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang lebih disesuaikan.
Sekarang kamu sudah paham kan akan iklan bertarget di Facebook maupun di Google, nah sekarang saatnya untukmu memahami sistem POS apa yang kira - kira bagus digunakan untuk mengembangkan bisnismu.
Kasir Pintar dapat membantu untuk mengatasi itu. Apa itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin!
Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat