4 Rekomendasi Kartu Kredit Virtual Terbaik untuk UMKM
Insight Bisnis | 15 November 2024
Insight Bisnis / 5 Trik Optimasi SEO untuk Meningkatkan Penjualan di Marketplace
10 Februari 2023 | marketing
Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimasi situs web atau halaman web agar bisa muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya.
Tujuannya adalah untuk memperbaiki visibilitas situs web dan meningkatkan trafik organic (tidak berbayar) dari mesin pencari.
SEO melibatkan berbagai teknik, mulai dari konten yang berkualitas, penggunaan kata kunci yang tepat, optimasi meta tag, backlink, hingga optimasi tampilan dan kecepatan situs web.
Ini adalah proses yang berkesinambungan dan memerlukan waktu dan usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan.
SEO juga melibatkan analisis kompetitor dan penelitian kata kunci untuk memastikan bahwa situs web memenuhi standar mesin pencari dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Dalam hal ini, konten berkualitas dan relevan sangat penting karena mesin pencari akan memprioritaskan situs web yang menawarkan konten yang berguna dan bermanfaat bagi pengguna.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi SEO, seperti struktur situs web, kualitas backlink, optimasi meta tag, dan banyak lagi.
SEO juga memerlukan monitoring dan analisis untuk menilai hasil dan membuat perubahan sesuai dengan perkembangan algoritma mesin pencari.
Optimasi mesin pencari adalah bagian penting dari strategi pemasaran digital karena membantu meningkatkan visibilitas situs web dan membawa trafik yang berkualitas ke situs.
Ini juga dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun kepercayaan dengan audiens.
Dengan tingginya pemanfaatan internet atau berbagai platform digital oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), menjadi penting bagi mereka untuk bisa memanfaatkan mesin pencarian dengan menggunakan kaidah Search Engine Optimization (SEO).
Berikut adalah lima tips untuk mengoptimalkan SEO, supaya produk yang kamu akan jual bisa lebih mudah ditemukan calon pembeli di halaman mesin pencarian.
Hal pertama yang dicari oleh calon pembeli biasanya adalah nama produk.
Jika nama produk ini ditulis sesuai dengan produk yang dijual maka akan memudahkan calon pembeli untuk menemukannya.
Berikut adalah beberapa tip untuk menulis nama produk yang baik dan benar :
Jelas dan Mudah Dipahami : Nama produk harus jelas dan mudah dipahami oleh target audiens. Pastikan nama produk tidak membingungkan atau sulit diucapkan.
Singkat dan Padat : Nama produk yang singkat dan padat lebih mudah diingat dan dipromosikan dibandingkan dengan nama yang panjang dan rumit.
Unik dan Berkaitan dengan Produk : Nama produk harus unik dan berhubungan dengan produk yang kamu tawarkan. Ini akan membantu membedakan produkmu dari produk lain di pasar.
Mempertimbangkan Target Pasar : Pertimbangkan target pasar saat menentukan nama produk. Nama produk yang cocok untuk satu pasar mungkin tidak cocok untuk pasar lain.
Mempertimbangkan Faktor SEO : Nama produk harus mempertimbangkan faktor SEO (Search Engine Optimization) seperti penggunaan kata kunci yang relevan dan mudah diingat.
Mempertimbangkan Hak Cipta : Pastikan bahwa nama produk yang kamu pilih tidak melanggar hak cipta atau merek dagang orang lain.
Dapat Diterjemahkan : Jika Anda berencana untuk memasarkan produk secara global, pertimbangkan terebih dahulu apakah nama produk dapat diterjemahkan dengan baik dan mempertahankan makna yang sama dengan bahasa global lain atau tidak.
Penulisan deskripsi ini haruslah dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang relevan.
Sehingga calon pembeli bisa lebih tertarik, tidak hanya itu produk yang Anda jual juga bisa muncul di halaman pencarian.
Berikut adalah beberapa tips untuk mendeskripsikan produk yang sesuai dengan kata kunci :
Penggunaan Kata Kunci yang Relevan : Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan produk dalam mendeskripsikan sebuah produk. Pastikan kata kunci tersebut mempertimbangkan kebutuhan dan minat target audiens.
Struktur Deskripsi : Struktur deskripsi produk harus jelas dan mudah dipahami. Pastikan deskripsi mencakup informasi yang relevan seperti spesifikasi produk, fitur unik, dan manfaat bagi pengguna.
Fokus pada Manfaat : Fokus pada manfaat produk untuk pengguna dalam deskripsi. Berikan contoh nyata bagaimana produk akan membantu memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pengguna.
Penggunaan Meta Tag : Gunakan meta tag untuk memasukkan kata kunci dan deskripsi produk pada halaman produk. Ini akan membantu mesin pencari menemukan dan memahami konten produk.
Pertimbangan SEO : Pastikan deskripsi produk mempertimbangkan faktor SEO seperti penggunaan kata kunci yang relevan, panjang yang sesuai, dan jumlah yang tepat.
Kualitas Konten : Pastikan deskripsi produk berkualitas dan mempertimbangkan ejaan dan tata bahasa yang benar. Deskripsi produk yang berkualitas akan membantu membangun kepercayaan dan mempengaruhi pembelian.
Mendeskripsikan produk dengan benar dan sesuai dengan kata kunci penting karena membantu mesin pencari dan pengguna menemukan dan memahami produk Anda. Pastikan untuk meluangkan waktu dan usaha yang cukup untuk menulis deskripsi produk yang tepat dan membantu meningkatkan visibilitas produk Anda.
Cantumkan link akun toko di platform e-commerce pada halaman media sosial atau situs yang kamu kelola sendiri.
Selain bisa meningkatkan kunjungan ke toko online, hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli.
Berikut adalah beberapa cara untuk menambah tautan di toko online :
Tambahkan Tautan pada Halaman Produk : Kamu dapat menambahkan tautan pada halaman produk untuk mengarahkan pelanggan ke produk terkait atau halaman lain yang berhubungan dengan produk tersebut.
Gunakan Tombol Tautan : Kamu dapat menambahkan tombol tautan pada halaman toko online untuk mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu seperti halaman kontak, halaman FAQ, atau halaman lain yang berhubungan.
Tautan pada Deskripsi Produk : Kamu dapat menambahkan tautan pada deskripsi produk untuk mengarahkan pelanggan ke halaman lain yang berhubungan dengan produk tersebut.
Tautan pada Footer : Kamu dapat menambahkan tautan pada footer toko online untuk mengarahkan pelanggan ke halaman lain yang berhubungan dengan tokomu.
Tautan pada Sosial Media : Kamu dapat menambahkan tautan ke akun media sosial toko untuk membantu pelanggan menemukan dan terhubung dengan toko di platform media sosial.
Pastikan untuk menambah tautan yang berguna dan relevan untuk pelanggan.
Tautan yang berkualitas akan membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.
Foto atau gambar produk dapat membantu meningkatkan jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman produk.
Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan mempengaruhi secara positif urutan rating toko di mesin pencarian.
Gunakan foto yang jelas dan menarik. Dengan demikian, calon pembeli pun bisa merasa terpikat untuk membeli produk kamu.
Kombinasi ini biasanya harus berkaitan dengan produk, Sehingga memudahkan produk yang lebih spesifik untuk ditemukan calon pembeli.
Contoh cara menamai produk yang baik adalah dengan mencantumkan jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe atau warna).
Misalnya “Mukena Wanita (Merek) Merah Ukuran M” akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang mencarinya.
Baca Juga : Media Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Oleh Pebisnis
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Tag
#Optimasi SEOArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat