Insight Bisnis / Sales & Marketing / Media Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Media Pemasaran Online yang Wajib Diketahui Pebisnis!

3 Februari 2023 | marketing

Kasir Pintar

Bagi para pebisnis, dalam mengembangkan bisnis-Nya peran promosi akan sangat diperlukan.

Tanpa adanya promosi, suatu bisnis maka akan sulit untuk berkembang besar.

Mengapa seperti itu? Karena tanpa melakukan promosi dalam bisnis yang kamu jalankan kemungkinan akan sulit mendapatkan konsumen baru yang tertarik dengan produk yang kamu miliki.

Ini lho Tujuan Promosi!

Dalam proses mengembangkan bisnis, promosi menjadi satu hal yang penting.

Apa sih tujuan dilakukannya promosi? Yap, tentunya tujuan dari promosi ini banyak sekali seperti:

  • Memberikan informasi tentang suatu produk secara luas kepada calon konsumen
  • Untuk menjangkau dan memperoleh konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen
  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan, dan menjaga kestabilan penjualan
  • Mengunggulkan produk yang kamu miliki agar dapat bersaing dengan kompetitor
  • Meningkatkan Brand Awareness

Paham kan? Kenapa promosi/pemasaran sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. 

Apa Itu Media Pemasaran?

Pastinya dalam melakukan promosi, kamu membutuhkan media pemasaran.

Apa itu media pemasaran? Media pemasaran merupakan sarana yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dari bisnis yang sedang kamu jalankan.

Media pemasaran dibagi menjadi dua jenis yaitu, media pemasaran offline dan media pemasaran online.

Saat ini media pemasaran online jauh lebih efektif dibandingkan media promosi offline.

Mengapa begitu? Menggunakan media promosi online dapat menjangkau lebih banyak audiens, hemat biaya dan terukur. 

Lalu apa saja sih media promosi online yang dapat kamu gunakan untuk promosi? 

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Organic vs Berbayar, Mana yang Lebih Efektif?

Jenis-jenis Media Pemasaran Online

Kamu bisa memilih media pemasaran online dengan menyesuaikan target pasar yang telah kamu tentukan.

Berikut ini jenis-jenis media pemasaran online yang dapat kamu gunakan untuk melakukan promosi: 

1. Google Ads 

Media promosi online yang satu ini dikembangkan oleh Google. Google Ads merupakan teknologi periklanan yang menggunakan pencarian keyword atau kata kunci di mesin pencari (Search Engine) agar dapat menampilkan iklan. 

2. Facebook Ads 

Facebook menduduki peringkat 3 media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi, Facebook juga memiliki layanan untuk pemasaran yaitu Facebook Ads.  Dengan memiliki jumlah pengguna yang paling banyak di Indonesia hingga dunia.

Karena itu, Facebook menjadi salah satu media promosi online paling efektif untuk kamu gunakan.

3. Instagram Ads

Sama dengan Facebook, Instagram tidak hanya digunakan untuk mengunggah foto maupun video.

Instagram juga memiliki layanan periklanan yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi online. 

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Instastory Untuk Promosi Bisnis

4. Twitter Ads

Media promosi online lainnya yaitu, Twitter. Media sosial yang satu ini juga memiliki layanan periklanan seperti promoted tweet, promoted accounts, dan promoted trend. 

5. TikTok Ads

Saat ini TikTok menjadi media sosial yang paling digunakan. Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna, maka TikTok juga menyediakan layanan periklanan (TikTok Ads).

6. Youtube Ads

Selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi online adalah, Youtube Ads.

Biasanya media promosi yang satu ini menggunakan promosi melalui video seperti review produk atau bisa juga melalui acara podcast yang saat ini banyak dilakukan oleh para Youtuber. 

7. Marketplace 

Marketplace yang biasanya digunakan sebagai platform jual beli namun, saat ini juga menyediakan layanan periklanan sebagai media promosi online.

Contoh marketplace yang menyediakan layanan periklanan seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. 

8. Endorsement

Endorsement juga bisa kamu gunakan sebagai media promosi online. Dengan memanfaatkan para influencer yang mempunyai jumlah pengikut yang banyak dan pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan target pasar bisnis kamu. 

9. Blog 

Blog juga bisa kamu gunakan sebagai media pemasaran online. Menjadikan blog sebagai media promosi online akan lebih menghemat biaya.

Jadi tidak salah jika kamu mencoba menggunakan blog sebagai media promosi online bisnis yang kamu jalankan. 

10. Email Marketing

Penggunaan email marketing sebagai media promosi online sudah digunakan sejak lama namun, penggunaan email marketing masih sangat kuat dalam melakukan promosi secara online.

Nah, email marketing ini memiliki keunggulan lho! Email marketing dapat mengirimkan berita promosi kepada para konsumen yang sudah berlangganan.

Email marketing juga dapat dikatakan sebagai alat pemasaran paling hemat biaya. 

Nah, diatas 10 media pemasaran online yang wajib kamu coba agar bisnis yang kamu jalani dapat berkembang dengan pesat!

Ingin menjalankan bisnis tapi masih bingung cara memanajemen stok barang, mengelola penjualan hingga laporan usaha? Tenang aja Kasir Pintar hadir untuk membantu kamu!

Kasir Pintar adalah sarana yang mungkin bisa kamu gunakan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk mencatat transaksi penjualan unlimited, 

mengatur stok barang, hingga mengelola penjualan dan juga laporan usaha.

Keunggulannya dalam meningkatkan customer service dan penyimpanan data membuat Kasir Pintar berguna untuk mendukung strategi ...

Download Sekarang Juga Kasir Pintar Pro dan Coba Gratis selama 30 Hari Tanpa syarat.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur