Katalog Produk Digital vs Fisik : Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis
Seputar Bisnis | 11 Desember 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Cara Memanfaatkan Instastory Untuk Promosi Bisnis
19 Januari 2023 | marketing
Instastory merupakan salah satu fitur Instagram yang banyak digunakan saat ini dan termasuk salah satu fitur favorit karena dapat menjadikan konten yang dibuat tampak lebih interaktif dan unik.
Pertanyaannya, bagaimana cara memanfaatkan Instastory untuk melakukan pemasaran secara online?
Instagram story, atau yang sering pula disebut Instastory, biasa digunakan oleh para pengguna Instagram untuk berbagi cerita, seperti :
Di sisi lain, Instastory ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal tadi.
Menggunakan Instastory secara optimal dan kreatif oleh pelaku UMKM dapat membantu dalam memancing lebih banyak followers untuk bergabung dan menciptakan interaksi terkait produk, layanan, dan bisnis yang ditawarkan.
Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi penjualan, menambah jumlah follower aktif, bahkan bisa mendatangkan banyak pelanggan ke online store atau website bisnis kamu.
Instagram Story dapat menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens mereka dan mempromosikan produk atau layanan mereka.
Berikut adalah beberapa cara bisnis dapat menggunakan Instagram Story untuk keuntungan mereka:
Penting untuk diingat bahwa konsistensi adalah kunci saat menggunakan Instagram Story untuk bisnis, posting secara teratur dan cobalah untuk tetap berpegang pada tema atau estetika cerita yang kamu unggah.
Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dalam memanfaatkan Instastory untuk promosi secara optimal.
Baca Juga : Cara Menggunakan Instgram Untuk Membangun Brand Awareness
Strategi pertama yang harus dilakukan saat hendak memaksimalkan fungsi Instagram story adalah membuat perencanaan yang matang serta terukur, terkait konten yang hendak ditayangkan.
Konten di sini sebaiknya sudah sejak awal dirancang untuk menjadi konten yang menarik dan interaktif.
Perencanaan yang matang memudahkan proses produksi konten dan membuat hal-hal kecil yang sebelumnya tak terpikirkan, malah bisa dioptimalkan untuk menjadi ide yang mungkin out of the box.
Dari perencanaan yang disusun secara teliti, detail, dan terstruktur inilah, kamu akan bisa membuat konten yang menarik untuk ditayangkan di story Instagram, baik dalam bentuk teks, image, infografis, video, dan sebagainya.
Pada Instagram story, sudah tersedia banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan konten yang khas dan berbeda dengan kebanyakan konten yang sudah ada.
Bahkan sekarang, semua pengguna Instagram sudah bisa memanfaatkan fitur link sticker yang dapat menyematkan tautan langsung ke online store atau website produk-mu.
Pastikan untuk menggunakan semua fitur secara maksimal dalam proses mempromosikan bisnis.
Bahkan, kamu bisa mengkombinasikan fitur dan aplikasi maupun jenis konten untuk menciptakan konten yang benar-benar berbeda.
Penggunaan hashtag merupakan sesuatu yang tidak kalah penting kalau kamu hendak melakukan pemasaran melalui Instastory.
Hashtag memiliki dampak besar terhadap setiap konten yang kamu posting. Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Instagram dan media sosial lainnya, mencari informasi yang dibutuhkan hanya dari hashtag, tanpa perlu bersusah payah mencari melalui nama akun media sosial.
Lebih bagus lagi, jika kamu dapat menciptakan hashtag sendiri dan menjadikannya viral. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak audiens yang mengenal bisnis dan produkmu melalui hashtag tersebut.
Jangan lupa, maksimalkan juga fungsi location tag agar konten yang kamu posting bisa jauh lebih maksimal dampaknya.
Manfaatkan Fitur Q&A
Instastory juga memiliki fitur Q&A (Questions and Answers). Dengan fitur ini, kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada audiens atau followers-mu, dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan apa pun yang ingin mereka ketahui tentang bisnis dan produkmu.
Instastory yang berisi fitur Q&A merupakan salah satu cara untuk mengajak audiens berinteraksi secara langsung, membangun kedekatan yang bisa berdampak pada peningkatan engagement dan interaksi yang berkelanjutan.
Tak hanya beberapa poin di atas, pastikan juga untuk menggunakan fitur Instagram live agar konten kamu memiliki jangkauan yang lebih luas.
Live video seperti ini memiliki format interaktif yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan live video biasa.
Intinya, bebaskan imajinasi dan berkreasilah untuk menciptakan kombinasi konten Instastory yang interaktif dan mengundang audiens kamu untuk tertarik, kemudian berpartisipasi dengan mengomentari keunikan konten yang kamu tayangkan.
Baca Juga : Trend Social Media Marketing di Tahun 2023
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Tag
#instastoryArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat