Makna ‘For Sale’ : Istilah Dasar yang Wajib Dipahami oleh Pebisnis
Sales & Marketing | 10 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Tren Social Media Marketing di Tahun 2023, Mari Mulai Dari Sekarang!
11 Januari 2023 | marketing
Nampaknya, tren social media marketing di tahun 2023 ini bisa dibilang tidak ada perubahan yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu. Akan tetapi, tentunya ada sedikit hal baru nih yang bisa kamu explore supaya strategi social media-mu bisa semakin efektif dan berkembang :
Siapa yang tak kenal dengan salah satu aplikasi hiburan ini yang sejak pandemi lalu popularitasnya semakin moncer. Begitupun bisa dibilang bahwa tren social media marketing untuk tahun 2023 ini sepertinya akan erat kaitannya dengan popularitas media sosial yang satu itu.
Ya meskipun pengguna aktif di TikTok belum melebihi sosial media lain seperti Instagram dan Facebook, namun Tiktok mampu menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak di-download sepanjang awal tahun 2022.
Mulai dari Gen Z, milenial, bahkan hingga baby boomer, semuanya mulai beralih pada TikTok untuk mencari sumber hiburan, nah itulah permulaan dari banyaknya konten viral yang sering kita temui saat ini.
Popularitas TikTok ini perlu dipertimbangkan oleh marketer untuk menjangkau target pasar mereka seluas-luasnya.
Baca Juga : TikTok For Business (Cara Mudah Dapatkan Cuan di Masa Kini)
Tren selanjutnya dalam kegiatan promosi dan marketing di media sosial adalah live streaming, nah live streaming ini bisa kamu terapkan baik itu di TikTok, Instagram, maupun Facebook.
Banyak sekali kelebihan yang kamu peroleh apabila kamu mengadakan live streaming, dan dari cara ini juga yang membuat banyak brand akhirnya rutin mengadakan live, karena :
Untuk menarik lebih banyak viewers, terkadang brand juga menggandeng beberapa influencer untuk live bersama mereka.
Dan strategi lain yang dianggap membawakan banyak pemirsa untuk menonton live mereka yakni sering memberikan flash sale ataupun giveaway selama live berlangsung.
Baca Juga : Social Selling (Cara Menggunakan Instagram Untuk Membangun Brand Awareness)
Tren social media marketing 2023 yang selanjutnya adalah meningkatnya penggunaan social media ads. Ketahuilah bahwa sebenarnya brand dapat mengusahakan pertumbuhan organik bagi strategi marketing-nya. Namun algoritma media social sering kali
Namun, algoritma media sosial sering kali memprioritaskan postingan dari akun yang sering berinteraksi dengan user. Hal tersebut juga berlaku baik itu untuk akun teman, sahabat, atau keluarga.
Artinya, brand perlu bersaing agar konten mereka dapat menjangkau target audiens yang luas dan tepat. Di sinilah peran paid advertising jadi sangat diperhitungkan.
Dalam hal influencer marketing, beberapa istilah seperti makro, mikro, dan nano influencer wajib dipahami oleh para marketer. Karena beberapa istilah tersebut kerap kali merujuk pada kategorisasi ukuran audiens atau popularitas seorang influencer dengan nano sebagai kategori paling kecil atau pemula.
Lantas, mengapa mereka akan menjadi salah satu tren di tahun ini?
Influencer terkenal terkadang tidak menjamin kesuksesan campaign. Sementara, influencer nano cenderung memiliki komunitas yang lebih terhubung dengan satu sama lain.
Dengan begitu, review dari mereka akan terasa lebih natural bagi followers-nya, seperti seorang teman yang sedang memberi saran.
Pengintegrasian teknologi augmented reality (AR) pada media sosial tidak hanya menambah keseruan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai alat bantu brand dalam menjalankan kampanyenya.
Bagaimana bisa?
Filter kuis, game, atau produk make up yang sering kamu gunakan adalah contoh dari hasil teknologi AR. Apabila menarik, filter tersebut bisa digunakan oleh banyak orang yang nantinya akan membantu eksposur brand atau kampanye yang sedang dijalankan.
Social commerce bisa jadi salah satu tren social media marketing di tahun 2023 mendatang. Apa itu social commerce? Kamu mungkin sadar bahwa saat ini Instagram dan TikTok mulai menonjolkan fitur belanja online. Pengguna bisa langsung melihat-lihat produk dan melakukan transaksi pembelian.
Inilah yang dinamakan social commerce, yaitu penyatuan aktivitas belanja dengan platform media sosial. Jadi, mulai dari sekarang dan seterusnya, media sosial tidak hanya berfungsi untuk berinteraksi dan berjejaring, tetapi juga sebagai tempat jual beli.
Marketer dapat memanfaatkan tren ini untuk memaksimalkan branding, mengingat orang-orang pasti lebih sering membuka media sosial dibandingkan dengan aplikasi e-commerce.
Bagian terpenting yang tak boleh terlewat dari tren social media marketing 2023 adalah pentingnya social awareness. Dengan meningkatnya cancel culture, brand perlu berhati-hati dalam setiap hal yang dilakukan dan diucapkan. Jangan sampai menyinggung suatu kelompok atau isu sensitif di masyarakat.
Dilansir dari Neal Schaffer, dulu orang-orang pasti tidak peduli apakah perusahaan memperlakukan karyawannya dengan baik. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk era saat ini di mana kepekaan sosial masyarakat semakin meningkat.
Saat ini semakin banyak perusahaan yang menyediakan akun resmi mereka di media sosial sebagai sumber informasi sekaligus sarana layanan konsumen. Contohnya mungkin kamu sering temui di Twitter saat ada seseorang yang langsung mention akun perusahaan sambil menyampaikan keluhan mereka.
Apabila keluhan tersebut mendapat perhatian banyak dari pengguna lain, di sinilah strategi customer service brand akan diuji. Bila akun perusahaan hanya memberi balasan berupa template dan sama sekali tidak membantu, siap-siap untuk menerima kritikan pedas dari konsumen, ya.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat