Kios Vs Toko : Apa Saja Perbedaan Utama dalam Dunia Usaha ?
Seputar Bisnis | 14 Desember 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / 5 Ide Organic Marketing untuk Pengusaha Tahun 2023
14 November 2022 | marketing
Tertarik untuk mempelajari cara meningkatkan lalu lintas dan memasarkan produk tanpa menguras kantong?
Hari ini kita akan membahas beberapa strategi pemasaran digital sederhana yang dapat digunakan oleh setiap pengusaha untuk mendapatkan lalu lintas ke toko mereka secara gratis.
Meskipun kampanye pemasaran berbayar dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan banyak lalu lintas dengan cepat, lalu lintas ini bersifat jangka pendek, biayanya mahal, dan perlu terus berinvestasi kembali.
Untungnya, ada banyak taktik lain jika kamu ingin mempelajari cara meningkatkan lalu lintas situs web.
Organic Marketing (juga dikenal sebagai pemasaran organik) berfokus pada strategi sederhana yang dapat ditindaklanjuti untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas gratis dengan menciptakan nilai bagi audiens.
Satu tips yang perlu diingat : gandakan lalu lintas paling relevan yang dapat kamu temukan dan pilihlah strategi yang dapat dilakukan secara konsisten.
Fokus untuk mendapatkan hasil dengan satu pendekatan sebelum kamu menambahkan yang lain.
Jika kamu akan melakukan semua upaya untuk mengarahkan lalu lintas organik, berarti dapat dipastikan bahwa kamu siap untuk sukses. Yang kamu butuhkan adalah aliran pelanggan potensial yang stabil dan mengubah lalu lintas menjadi pendapatan dan keuntungan.
Sebelum memulainya, pastikan bahwa kamu memiliki :
Pertimbangkan untuk melalui proses validasi produk sebelum meluncurkan taktik organic marketing.
Kamu akan membutuhkan banyak orang yang tertarik untuk membeli jenis produk ini.
Ini berarti sekelompok orang di pasar dengan nilai-nilai bersama, perilaku, atau kualitas lain yang dapat kamu fokuskan.
Salinan situs web dan deskripsi produk harus cukup menarik untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.
Setelah siap dengan hal diatas, saatnya untuk memulai.
Konten adalah salah satu alasan utama orang menggunakan web, dan membuat jenis konten yang tepat dapat membantu menghasilkan lalu lintas yang serius.
Pemasaran konten adalah tentang membuat konten organik berkualitas tinggi, informatif, dan menarik untuk menarik pelanggan ke toko online.
Ini adalah metode yang ampuh untuk membangun lalu lintas karena dapat membantu membangun merek dan memposisikan bisnis di industri sebagai pemimpin pemikiran.
Ingat : Kita berbicara tentang strategi jangka panjang, yang menuntut konsistensi dan kesabaran, tetapi imbalannya sepadan dengan usaha.
Pertumbuhan tahunan dalam lalu lintas situs unik adalah 7,8 kali lebih tinggi untuk merek yang menggunakan pemasaran konten.
Di luar hal yang telah disebutkan diatas, konten organik juga dapat :
Kamu pasti ingin menghasilkan konten berkualitas tinggi dalam berbagai format (misalnya posting blog, ebook, video) yang berfokus pada sesuatu selain produk dan perusahaan agar tidak terlalu promosi diri, bukan?
Kunci dari pemasaran konten adalah memberikan nilai nyata melalui konten yang mungkin dianggap relevan atau menarik oleh pelanggan.
Memulai sebuah blog tidak berarti hanya membagikan pemikiran dan perasaan dengan harapan dapat menghasilkan penjualan.
Taktik lalu lintas blog 1 : Kata kunci ekor panjang
Memprioritaskan SEO saat membuat kalender konten dan menulis artikel akan membantu mengarahkan lalu lintas organik.
Mulailah dengan melakukan penelitian kata kunci untuk mengidentifikasi peluang peringkat untuk kata kunci yang terkait dengan niche kamu.
Kemungkinan ada banyak peluang "cara" dan "hasil terbaik", yang dapat kamu hasilkan sebagai konten blog.
Meskipun istilah singkat dan bervolume tinggi mungkin menggoda, bisa saja kamu kehilangan tampilan halaman jika tidak melihat kata kunci berekor panjang juga.
Kata kunci ekor panjang adalah frase kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik. Mereka lebih mudah untuk di peringkat dan sering mendapatkan klik dari mesin pencari pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada istilah yang lebih pendek dan lebih umum.
Untuk situs tanpa banyak lalu lintas dan sangat sedikit backlink, kata kunci ekor panjang adalah tempat yang bagus untuk memulai.
Di luar penargetan kata kunci, ingatlah untuk mengoptimalkan konten SEO, seperti :
Taktik lalu lintas blog 2 : Wawancara dan berkolaborasi dengan para ahli
Bahkan jika kamu tidak memiliki banyak lalu lintas, jangan takut untuk menjangkau wawancara dan berkolaborasi dengan pakar.
Kebanyakan orang sangat terbuka untuk diwawancarai jika konten yang kamu buat sejalan dan akan membantu mereka memajukan misi mereka.
Plus, banyak yang bersedia mempromosikan konten di akun media sosial mereka atau bahkan menulis posting tamu sendiri, yang selanjutnya dapat memperluas jangkauan dan juga mendapatkan lebih banyak lalu lintas.
Pertimbangkan pertemuan ahli dengan 10, 50, atau bahkan 100 pemimpin teratas di industri mu — taktik ini juga ampuh untuk mendorong orang-orang berpengaruh untuk membagikan artikel kepada audiens mereka.
Taktik ini bahkan lebih efektif jika kamu membuat lencana atau visual pelengkap lainnya yang dapat mereka tampilkan di situs web mereka, idealnya menautkan kembali ke artikel asli.
Tidak perlu peralatan kamera yang mahal untuk mengarahkan lalu lintas melalui video. Kualitas konten jauh lebih penting daripada kualitas produksi.
Menurut Cisco, pada tahun 2022, video online akan membentuk lebih dari 82% dari semua lalu lintas web konsumen. YouTube sudah menjadi mesin pencari paling populer kedua di planet ini.
Tidak semua video sama dalam hal mengarahkan lalu lintas dan memberikan laba atas investasi. Daripada mencoba menjadi sensasi viral berikutnya, salah satu hal terbaik untuk memusatkan perhatian adalah memastikan mengikuti tiga Es berikut ini :
Alasannya sederhana : membuat konten yang berguna bagi audiens, baik yang mereka tonton hari ini, besok, atau dua tahun dari sekarang, dapat membantumu untuk menghasilkan prospek tahun-tahun mendatang. Agar strategi ini berhasil, pastikan video-mu dioptimalkan untuk pencarian.
Misalnya, Beardbrand membuat tutorial perawatan pria. Dalam salah satu video YouTube yang populer, itu menargetkan permintaan pencarian "cara memangkas janggut pendek" yang dilaporkan memiliki 600 pencarian sebulan di ahrefs Keyword Explorer.
Merek ini memiliki strategi SEO YouTube yang baik untuk memfokuskan konten video pada meliput kata kunci, menggunakan judul yang jelas, deskripsi video yang terperinci, dan terdaftar di salah satu daftar putarnya.
Taktik video 1: Peningkatan konten
Peningkatan konten adalah konten tambahan atau tambahan yang melengkapi aset konten lainnya.
Saat membuat video, pertimbangkan untuk melampirkan peningkatan konten terkait, seperti lembar contekan, studi kasus, infografis, daftar periksa, webinar, dan template dengan topik yang sama.
Atau jika kamu memiliki produk yang kompleks atau berteknologi tinggi, mungkin notes yang dapat diunduh akan berfungsi.
Taktik ini adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan alamat email pelanggan dan membangun daftar email sehingga dapat terus memberikan nilai dan memperdalam hubungan melalui pemasaran email.
Taktik video 2 : Video langsung
Video langsung terasa lebih pribadi dan eksklusif daripada jenis konten video lainnya karena membuka pintu untuk interaksi dua arah secara real-time.
Sekarang kamu dapat melakukan streaming langsung di beberapa platform media sosial sekaligus dari sumber video yang sama, menjadikan video langsung sebagai alat yang ampuh untuk kampanye pemasaran organik.
Video langsung memberi pemirsa kesempatan untuk berinteraksi dengan merek secara langsung, memungkinkan mereka untuk membentuk hubungan emosional yang nyata.
Jadi, meskipun mungkin ada lebih sedikit lalu lintas yang dihasilkan dari video langsung daripada metode lain, kualitas lalu lintas bisa sangat tinggi.
Seperti contoh, merek perawatan kulit harus memutar strategi pemasaran 2020 karena pandemi COVID-19—jadi beralih ke Instagram.
Merek ini mengadakan pertunjukan langsung dengan kolaborator, termasuk ahli kecantikan, psikolog, penata gaya merek, instruktur yoga, dan banyak lagi.
Media sosial lebih dari sekadar mendapatkan suka terbanyak dan mendorong orang untuk membeli sesuatu. Pada intinya, media sosial benar-benar tentang mendorong percakapan, membangun komunitas, dan mendorong kegembiraan.
Membangun pengikut media sosial sangat penting untuk mempromosikan dan membangun kesadaran merek. Tetapi tujuannya di sini adalah untuk mendapatkan lalu lintas kembali ke situs web, jadi taktik di bawah ini berfokus untuk membantumu melakukan hal itu.
Taktik media sosial 1: Hadiah dan kontes
Kontes dan hadiah adalah cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dan juga dapat berdampak besar pada pengikut serta keterlibatan.
Hadiah dan penghargaan adalah insentif yang kuat untuk membuat orang mempromosikan bisnis.
Daripada hanya memberi penghargaan kepada orang yang mendaftar, buat lingkaran viral dengan sistem berbasis poin di mana orang mendapatkan poin untuk promosi.
Ini menggambarkan proses di mana orang meningkatkan peluang mereka untuk menang berdasarkan jumlah orang lain yang mereka daftarkan, sambil memperluas jangkauan organik profil media sosial.
Kamu juga dapat menggunakan tautan rujukan untuk melacak ini.
Taktik media sosial 2 : Tawarkan diskon sensitif waktu
Menempatkan kedaluwarsa pada diskon memanfaatkan kelangkaan, yang merupakan pemicu penjualan psikologis yang kuat. Itulah mengapa menawarkan diskon sensitif waktu dapat membantu menghasilkan banyak lalu lintas dan penjualan.
Karena taktik ini adalah pendorong lalu lintas jangka pendek, pastikan untuk menangkap email pelanggan dan izinkan mereka untuk ikut serta dalam buletin sehingga dapat terus mengirimi mereka konten yang berharga dan menarik mereka kembali ke situs-mu.
Taktik media sosial 3 : Manfaatkan perdagangan sosial
Perdagangan sosial adalah titik pertemuan media sosial dan perdagangan. Platform media sosial seperti Pinterest dan Instagram telah menyederhanakan proses pembelian untuk pelanggan.
Pelanggan yang melihat produk yang mereka sukai dapat langsung menambahkannya ke keranjang di setiap platform media sosial.
Bergantung pada platform, konsumen juga dapat menyelesaikan pembelian mereka langsung dari platform atau pindah ke situs resmi pengecer.
Dengan smartphone dan media sosial yang semakin populer, perdagangan sosial semakin menjadi arus utama dari hari ke hari.
Untuk sementara demam perdagangan sosial belum mencapai titik puncaknya di AS, sementara di Cina perdagangan sosial menyumbang 11,6% dari penjualan e-commerce ritel.
Dan penjualan social commerce mencapai $186 miliar di China pada tahun 2019, kira - kira 10 kali lipat jumlah penjualan social commerce di AS.
Sederhananya, perdagangan sosial di Amerika Utara memiliki banyak ruang untuk berkembang, dan ini adalah peluang lalu lintas dan penjualan yang tidak ingin abaikan.
Kamu mungkin pernah mendengar tentang pemasaran influencer, di mana selebritas sosial mendapatkan bayaran tetap untuk membuat postingan yang mendukung suatu produk.
Selain biaya di muka, tidak mengetahui berapa banyak penjualan yang akan datang darinya adalah resiko besar bagi pengusaha pemula atau yang sadar anggaran.
Program afiliasi adalah semacam taktik pemasaran influencer, tetapi tidak perlu mengeluarkan apa pun di muka untuk mendaftarkan promotor.
Namun sebaliknya, afiliasi mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang berasal dari mereka yang memasarkan produk. Pikirkan pemasaran afiliasi sebagai pemasaran dari mulut ke mulut digital.
Afiliasi hanya mempromosikan produk secara organik, lalu mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Penjualan dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web atau aplikasi ke yang lain.
Meluncurkan program afiliasi dengan blog dan influencer dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan lalu lintas dan penjualan. Ini menciptakan situasi win-win yang mendorong influencer untuk mencoba dan melakukan penjualan karena mereka berpotensi menghasilkan banyak uang.
Persentase komisi afiliasi dapat berkisar tergantung pada influencer, blog, industri, dan perusahaan.
Meskipun iklan pencarian bayar per klik (PPC) dapat membantu melompat ke bagian atas halaman hasil pencarian audiens, penting untuk dicatat bahwa 75% klik mengarah ke tiga hasil organik teratas pada halaman hasil mesin pencari.
Dengan mengingat hal itu, jauh lebih berdampak bagi toko untuk menjadi salah satu hasil organik teratas yang muncul saat pelanggan menelusuri produk.
Sementara taktik pemasaran SEO terbaik adalah menciptakan konten hijau yang berharga yang akan selalu dibutuhkan audiens.
Ada beberapa hal sederhana lainnya yang perlu diperbaiki sebelumnya, yakni :
Tahukah kamu, salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
Kamu juga bisa coba gratis selama 30 Hari dan mendapatkan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat