Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Alasan kenapa Kamu Harus Pakai Tiktok untuk Jualan

Alasan kenapa Kamu Harus Pakai Tiktok untuk Jualan

15 September 2022 | marketing

Kasir Pintar

Saat ini TikTok telah sukses berkembang menjadi aplikasi favorit dan mendapatkan banyak sekali penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

TikTok diperkirakan telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna. 

Banyak sekali pelaku bisnis hingga perusahan yang menggunakan platform tersebut sebagai media pemasaran digital.

Terlebih saat ini, TikTok sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, tak kalah juga dengan yang dimiliki social media lainnya.

Fitur ini ditujukan untuk memudahkan penggunanya membagikan kreativitas melalui konten yang telah mereka buat dan memotivasi pengguna lain untuk terus menonton konten yang dibuat oleh orang lain di TikTok

Kalau kamu belum punya a, boleh banget tuh install Tik Tok sebagai salah satu aplikasi penunjang aktifitas jualanmu.

Nah, berikut telah kami rangkum, beberapa alasan Tiktok menjadi platform yang harus Kamu coba untuk berjualan

1.  Tiktok berkembang dalam 10 Tahun Terakhir

Pada tahun 2020, jumlah pengguna yang telah men-download aplikasi ini di PlayStore dan AppStore sudah menyentuh angka 2 miliar!

Dan tahukah kamu, platform social media sekelas Instagram bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai jumlah tersebut.

Secara singkat, TikTok menarik atensi dengan cepat, dan tentunya akan terus tumbuh. 

Ingat masa di mana bisnismu masih asik main di Twitter dan terlambat mencoba Instagram sehingga akhirnya “kudet” dan kesulitan membangun komunitas dan pamor di sana? Maka sekarang, jangan ulangi kesalahan itu!

Berikut adalah beberapa statistik perkembangan TikTok :

- Memiliki lebih dari 800.000 juta pengguna aktif sedunia per 2020

- Sudah didownload sebanyak 2 miliar kali di PlayStore dan AppStore

- Memiliki user aktif di 154 negara di seluruh dunia.

2.  Menjadi kesukaan anak Gen Z

60% Pengguna platform ini adalah Gen Z, maka dari itu mereka menjadi yang paling banyak menggunakan karena memang fiturnya ini sangat cocok dengan kebiasaan para GenZ.

App creator TikTok sendiri mengatakan bahwa TikTok dirancang dengan menargetkan audience berusia di bawah 18 tahun sebagai market utamanya.

Bagi bisnis yang menargetkan Gen Z, tentu platform ini merupakan media yang cocok, tidak hanya untuk promosi dan membangun interaksi, tapi juga mencari tahu habit dan trend yang diminati oleh target market usia tersebut.

Jika kamu ingin berjualan di TikTok, buatlah konten yang menarik minat (dan tentunya menjual!) bagi target market-mu yakni si Gen Z tersebut, dan pastikan kamu selalu update info viral terbaru dan tau mereka lagi rame ngomongin apa saja.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Drakor tentang Bisnis yang menginspirasi

3. Siapapun Punya Kesempatan untuk Terkenal

Berbeda dengan Instagram dan YouTube di mana “pamor” ditentukan dari nama besar sejak awal, tapi TikTok memiliki algoritma yang menarik. 

Yaitu mendadak munculnya selebriti TikTok (seleb) yang sebelumnya “bukan siapa-siapa.”

Kuncinya adalah konten yang menarik, karena ada 1 miliar video TikTok yang ditonton setiap harinya.

Sehingga banyak inspirasi, banyak insight, banyak referensi, banyak pula audiencenya, dan tentunya juga kita akan punya peluang untuk stand out dengan konten dari bisnis kita!

4. Banyak Content Creator Bertebaran!

Siapapun bisa jadi content creator di TikTok! Konten lucu, konten inspiratif, konten apapun bisa kamu temukan dari jutaan content creator super kreatif.

Dengan hal ini berarti kamu bisa mengajak content creator tersebut untuk kerja sama dalam memproduksi konten untuk bisnismu.

Dengan authenticity yang mereka punya, karya mereka bisa dibuat sangat native dengan tujuan agar siapapun yang melihat tidak sadar kalau itu iklan.

5. Bisa Beriklan Lewat TikTok for Business

Selain kamu bisa beriklan atau endorsement melalui seleb TikTok, sekarang kamu juga bisa beriklan melalui TikTok for Business, yang dashboardnya memiliki tampilan dan proses mirip sekali dengan Facebook Ads Manager.

Jadi bagi kamu yang sudah terbiasa beriklan lewat Facebook / Instagram Ads, tidak akan kesulitan memahami “mesin” pengatur iklan bisnismu.

www.kasirpintar.co.id

Instagram : @kasirpintar

Facebook : Kasir Pintar

Credit foodiz.id

Share Article

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang