Tips Sukses Jualan di Tik Tok Shop Tanpa Ribet Stok Barang
Sales & Marketing | 13 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Apa Keuntungan Menggunakan Giveaway Marketing? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!
22 Juni 2023 | marketing
Terdapat berbagai teknik pemasaran digital yang bisa diterapkan, salah satunya adalah giveaway marketing. Namun, apa sebenarnya giveaway marketing?
Giveaway marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara mengadakan kuis berhadiah menarik.
Biasanya, giveaway digunakan oleh penjual untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.
Di era digital saat ini, giveaway marketing menjadi salah satu strategi yang paling populer.
Terutama dalam pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.
Giveaway marketing dinilai efektif dalam pemasaran digital karena mayoritas pelanggan menyukai hal-hal yang dapat memberikan kepuasan dan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu.
Sebuah studi dari Tailwind yang dikutip dari laman Woobox bahkan membuktikan bahwa "Kontes di Instagram mendapatkan 3,5 kali lebih banyak jumlah 'like' dan rata-rata 64 kali lebih banyak komentar daripada postingan biasa."
Dengan demikian, mengimplementasikan giveaway sebagai bagian dari strategi penjualan di era digital dapat menjadi pilihan yang menguntungkan.
Menerapkan strategi pemasaran giveaway marketing memiliki berbagai keuntungan yang dapat kamu dapatkan. Berikut adalah penjelasannya:
Melalui giveaway di media sosial, kamu dapat mempromosikan merekmu dengan cara yang menarik.
Dengan mengadakan kontes atau kuis berhadiah, audiens di media sosial akan lebih tertarik untuk mengenal merekmu karena tidak ada unsur penjualan yang langsung terlibat.
Hal ini disukai oleh pelanggan karena tidak selalu menuntut mereka untuk melakukan pembelian.
Ketika audiens melihat konten kuis di akun bisnismu, mereka mungkin akan tertarik untuk mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Akhirnya, ini dapat mempererat hubungan pelanggan dengan merek dan mendorong minat mereka untuk melakukan pembelian di masa depan.
Baca Juga: 5 Ide Branding untuk Mengembangkan Bisnismu, Wajib dicoba!
Giveaway marketing juga dapat dimanfaatkan sebagai alat riset audiens atau target pasar bisnismu.
Dengan mengajukan pertanyaan dalam giveaway, kamu dapat memahami kebutuhan audiens dengan lebih baik.
Kamu juga dapat mengumpulkan informasi dasar atau kontak pelanggan melalui formulir yang disisipkan dalam giveaway.
Jawaban pelanggan dan informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk mengoptimalkan penawaran produk atau jasa.
Konten kuis berhadiah cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan postingan biasa.
Penerapan giveaway marketing dapat memberikan keterlibatan audiens yang lebih besar.
Konten kuis berhadiah mendorong pengguna untuk berinteraksi, dan mereka yang bersemangat untuk memenangkan hadiah akan melakukan tindakan seperti memberikan "like", komentar, dan berbagi kontenmu.
Kamu dapat menciptakan keterlibatan yang tinggi dengan menggunakan "like", komentar, simpan, tag, atau bagikan sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah.
Konten giveaway yang kamu unggah juga dapat meningkatkan promosi dan memperbanyak konten pengguna, yang pada gilirannya membuat pelanggan lebih terlibat dan memperkuat ingatan merekmu.
Mengadakan kontes atau kuis berhadiah di media sosial juga dapat membantu membangun basis penggemar untuk merekmu.
Dengan menawarkan hadiah yang menarik, audiens akan lebih termotivasi untuk berinteraksi dengan merek dan dengan audiens lainnya.
Hubungan positif ini dapat membuat mereka merasa senang dan antusias.
Hal ini tidak hanya berlaku untuk pelanggan lama, tetapi juga dapat menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan yang ada kembali.
Selain itu, giveaway memungkinkan merek untuk memberikan sesuatu yang dapat dilihat dan dirasakan oleh audiens.
Visibilitas merek dan tingkat keterlibatan ini dapat menciptakan komunitas online antara pengguna yang terlibat.
Untuk memaksimalkan basis penggemar merekmu, kamu dapat membuat kontes atau kuis yang melibatkan audiens dalam pembuatan konten.
Ketika audiens merespons dan berkontribusi dalam giveaway tersebut serta terus menyebarkan konten yang positif, merekmu akan memiliki citra yang lebih baik.
Giveaway merupakan jenis pemasaran yang hemat biaya dan memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan keterlibatan, mempromosikan merek, membantu riset audiens, dan lain-lain.
Jika kamu memiliki anggaran iklan yang terbatas, giveaway bisa menjadi solusi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnismu.
Dengan memanfaatkan viral marketing dan word of mouth marketing, giveaway dapat lebih hemat biaya dibandingkan kampanye iklan lainnya.
Namun, perencanaan yang matang diperlukan, termasuk menghitung biaya untuk hadiah, promosi, dan aspek lainnya yang memerlukan pengeluaran.
Giveaway marketing juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kontes atau kuis berhadiah yang kamu adakan dapat membantu membangun kepercayaan pelanggan terhadap merekmu.
Bagi audiens yang memenangkan giveaway, perasaan senang mereka akan lebih besar, sehingga peluang untuk kembali dan melakukan pembelian lebih tinggi.
Dengan memberikan produk jualanmu sebagai hadiah dalam giveaway, produkmu akan mendapatkan eksposur yang lebih tinggi.
Produk yang kamu berikan sebagai hadiah juga dapat membantu mengukur minat pelanggan.
Dengan memberikan pengalaman langsung melalui penggunaan produk, audiens yang menjadi pemenang akan tertarik untuk mencoba dan membeli produkmu jika mereka menyukainya.
Mengadakan giveaway juga dapat meningkatkan jumlah pengikut akun bisnismu.
Kamu dapat meminta pengguna untuk mengikuti akun bisnismu sebagai salah satu syarat untuk memenangkan hadiah dalam kuis.
Dengan cara ini, kamu dapat meningkatkan jumlah pengikut dengan cepat. Pengikut tersebut dapat menjadi calon pelanggan baru bagi bisnismu.
Itulah beberapa keuntungan dari penerapan giveaway marketing. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan strategi ini dalam pemasaranmu?
Baca Juga: Cara Menggunakan Meme Marketing, Promosi Kekinian Ala Gen Z!
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kamu bisa Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat, atau jika ingin mendapatkan fitur lengkap gunakanlah Kasir Pintar Pro.
Tag
#marketingArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat