Kios Vs Toko : Apa Saja Perbedaan Utama dalam Dunia Usaha ?
Seputar Bisnis | 14 Desember 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Bagaimana Cara Mendongkrak Penjualan Online?
28 Oktober 2022 | marketing
Perubahan preferensi konsumen serta keadaan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan pergeseran ke arah belanja online.
Jika kamu adalah pemilik bisnis yang lebih berpikiran tradisional, ini mungkin tampak seperti awal dari akhir.
Namun kamu adalah orang yang beruntung karena dapat menemukan artikel ini, karena dalam blog ini akan memberitahu kamu bahwa tidak harus seperti itu.
Sebab membuka bisnis ke dunia online bisa menjadi langkah besar untuk bisnis dan penjualan.
E-commerce dapat menjadi hal yang menakutkan, jadi sebaiknya kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki semua informasi yang benar diperlukan untuk mendekatinya.
Di artikel ini, kita akan menjelajahi dunia penjualan online secara mendetail dan juga bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan.
Dalam deskripsi paling dasar, istilah "penjualan online" mengacu pada penjualan yang dilakukan melalui internet menggunakan perangkat elektronik.
Perangkat ini dapat mencakup komputer, tablet, dan smartphone. Berkat kemajuan teknologi penjualan, sekarang sangat normal bagi beberapa bisnis untuk mengabaikan lokasi fisik dan beroperasi sepenuhnya secara online.
Contoh bisnis online saja termasuk dropshipping. Dropshipping adalah praktik yang relatif baru di mana bisnis secara pribadi tidak menyediakan produk mereka dan malah bertindak sebagai perantara antara pelanggan dan produsen.
Dropshipping adalah model bisnis yang sempurna bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dengan upaya serendah mungkin.
Ada beberapa perbedaan utama dalam cara meningkatkan penjualan antara toko fisik dan toko online.
Pertama yaitu, penjualan online tidak mendapat manfaat dari lalu lintas pejalan kaki dan tenaga penjualan langsung.
Ini berarti kamu tidak dapat mengandalkan metode tradisional saat memasarkan toko online.
Baca Juga : 10 Platform Iklan Online GRATIS!
Meskipun kesuksesan tidak pernah dapat dijamin sepenuhnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan E-Commerce.
Di bawah ini, telah disusun daftar taktik penjualan online yang dapat membantu menempatkan bisnis kamu pada posisi untuk tingkat keberhasilan terbaik.
Untuk membuat pilihan yang tepat dengan pemasaran dan produk, kamu perlu memahami apa yang diinginkan pelanggan.
Berkat sifat online bisnis, ada sejumlah cara berbeda untuk mengumpulkan informasi ini.
Misalnya, beberapa sistem Point Of Sale (POS) memungkinkan kamu untuk mengumpulkan data penjualan dari situs website.
Solusi lengkapnya yakni dengan menggunakan aplikasi Kasir Pintar, karena dalam aplikasi ini telah dirancang dengan baik dalam menyusun informasi penjualan ke dalam laporan bisnis yang menunjukkan kepada kamu item paling populer dan paling tidak populer.
Kamu kemudian dapat menyesuaikan penawaranmu dengan baik dan terstruktur
Kamu juga dapat meminta pelanggan untuk menyelesaikan survei setelah mereka melakukan pembelian menggunakan daftar email.
Informasi dari survei ini bisa sangat berguna karena datang langsung dari pelanggan.
Mereka dapat mengetahui apa saja yang kamu lakukan dengan benar dan apa yang kamu lakukan dengan salah.
Di dunia online, analitik dapat menjadi salah satu alat paling kuat yang diinginkan.
Mereka dapat memberitahu kamu dengan tepat apa yang dicari pelanggan dan juga bagaimana mereka menemukan toko kamu secara online.
Setelah memiliki informasi ini, kamu dapat mengarahkan upaya pemasaran untuk menjangkau lebih banyak audiens ini.
Konsumen modern jauh lebih paham tentang internet saat ini dan dapat dengan mudah menemukan penjual yang tidak autentik.
Sebagai bagian dari strategi pemasaran, kamu harus mencoba mengungkapkan apa yang membuat bisnismu unik dan mengapa pelangganmu harus membelinya.
Salah satu nilai jual utama menggunakan situs E-commerce adalah kemudahan membeli sesuatu secara online.
Kamu harus mempertimbangkan pengalaman pelanggan situs web dan membuatnya dengan sesederhana mungkin.
Semakin sedikit klik antara pelanggan untuk memilih apa yang ingin mereka beli dan menyelesaikan proses checkout maka semakin baik.
Bekerjasamalah dengan desainer web untuk meminimalkan upaya dari pihak pelanggan kamu sebanyak mungkin.
Ketika digunakan dengan benar, pemasaran media sosial dapat membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.
Banyak dari pelanggan akan menjadi pengguna media sosial dan jika kamu dapat menjangkau mereka di platform ini, maka secara alami akan memiliki peluang yang lebih baik untuk meningkatkan penjualanmu.
Sebagian besar - jika tidak semua, platform media sosial memungkinkan bisnis untuk membeli iklan mereka yang kemuadian ditargetkannya ke kelompok pengguna tertentu.
Iklan ini tidak harus membebani, mereka hanya harus dijalankan dengan baik dan menarik perhatian pengguna.
Penting untuk melakukan penelitian tentang apa yang membuat iklan bagus dan mencari tahu platform apa yang paling cocok untuk bisnismu.
Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Kekinian Yang Ber-Cuan Besar
Kasir Pintar bukan hanya perusahaan sistem POS. Kami menawarkan kepada pelanggan kami berbagai alat canggih yang dapat membantu mereka mencapai kesuksesan dalam pemasaran online.
Jadi tunggu apalagi, segeralah miliki aplikasi Kasir Pintar yang dapat digunakan secara free maupun pro untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan dalam mengelola bisnismu secara keseluruhan, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi.
Tag
#jualanonlineArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat