7 Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Menarik dan Potensial untuk Dikembangkan
Sales & Marketing | 21 November 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Bagaimana Cara Optimalkan Traffic Estimation untuk SEO? Ini Caranya!
16 Mei 2023 | marketing
Traffic estimation digunakan untuk memprediksi jumlah pengunjung organik dan potensi pasar guna merencanakan strategi SEO.
Pembuatan konten dan pengembangan situs web selalu terkait dengan strategi SEO, terutama dalam konteks bisnis.
Optimasi konten dapat membuka peluang bagi calon pelanggan untuk menemukan bisnismu dan akhirnya melakukan pembelian.
Untuk mencapai hal ini, diperlukan serangkaian strategi SEO yang bertujuan meningkatkan visibilitas situs web.
Selain itu, terkadang diperlukan perkiraan lalu lintas organik untuk memahami potensi pasar bisnismu.
Data ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk merencanakan strategi SEO berikutnya.
Secara sederhana, semakin besar perkiraan lalu lintas situs, semakin banyak pengguna internet yang akan menemukan situs kamu.
Ini berarti peluang bisnismu untuk menemukan pelanggan baru semakin besar.
Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menghitung estimasi lalu lintas.
Dikutip dari Sistrix, traffic estimation merupakan fitur yang digunakan untuk memprediksi jumlah traffic organik Google yang terkait dengan domain, host, path, atau URL tertentu.
Sebagai contoh, kamu dapat memperkirakan seberapa banyak traffic atau pengunjung yang mengunjungi situs web kamu setiap bulannya.
Dengan mengetahui angka tersebut, kamu dapat memperkirakan peluang pasar, tingkat konversi, potensi transaksi, dan bahkan perkiraan biaya iklan yang mungkin kamu perlu dianggarkan.
Karena itu, traffic estimation dapat menjadi faktor penting dalam menentukan strategi SEO.
Data yang kamu peroleh dapat digunakan sebagai referensi untuk pengembangan strategi bisnis digital di masa mendatang.
Baca Juga: Strategi Digital Marketing Organic vs Berbayar, Mana yang Lebih Efektif?
Setiap bisnis memiliki keinginan untuk menghitung tingkat pengembalian investasi (ROI) dari upaya SEO berdasarkan lalu lintas yang ada saat ini dan estimasi di masa depan.
Untuk itu, traffic estimation menjadi penting bagi bisnis. Dengan menggunakan data yang ada, bisnis dapat memperkirakan jumlah traffic organik di situs mereka untuk periode mendatang.
Data ini memungkinkan bisnis untuk mengevaluasi apakah perkembangan situs berada pada tren positif atau sebaliknya.
Apabila estimasi traffic meningkat, kemungkinan penjualan bisnis juga akan meningkat.
Namun, jika trennya menunjukkan penurunan, bisnis perlu merancang strategi SEO baru untuk mengatasi masalah tersebut.
Tidak dapat disangkal bahwa peringkat situs di Google berpengaruh pada popularitas bisnis, kemudahan pelanggan dalam menemukan produk secara online, dan tingkat penjualan.
Menurut Semrush, pemahaman mengenai traffic estimation dapat membantu bisnis menganalisis peluang pasar dan merumuskan strategi SEO yang tepat.
Berdasarkan informasi dari Content Powered, data traffic estimation pada dasarnya berasal dari data yang sudah ada pada situs web saat ini.
Sebagai contoh, alat analitik akan melacak dan menganalisis data traffic sebuah situs web.
Proses analisis dimulai dengan menganalisis kata kunci Google yang terkait dengan PPC (pay per click) dan memfilternya menggunakan data clickstream dari berbagai browser.
Alat analitik juga membedakan antara kata kunci organik dan kata kunci Google. Setiap kata kunci memiliki volume pencarian yang berbeda.
Satu kata kunci pun dapat dibagi lagi menjadi short tail, long tail, dan sebagainya.
Data-data ini kemudian digunakan untuk menghasilkan perkiraan traffic organik.
Selain itu, Semrush memberikan pendekatan yang berbeda dalam mengukur traffic estimation.
Untuk melakukan pengukuran, Semrush akan mengumpulkan kata kunci yang sudah mendapatkan peringkat di situs web kamu. Semrush juga akan menganalisis kata kunci untuk topik baru yang belum mendapatkan peringkat di situsmu.
Selain itu, data volume pencarian, peringkat situs saat ini, traffic aktual terkini, CTR (click-through rate), dan data dari Google Search Console juga digunakan untuk memperkirakan traffic organik.
Memang terdapat banyak variabel yang diperlukan untuk menghitung traffic estimation, dan setiap alat analitik juga memiliki metode penghitungan yang berbeda.
Ketika seseorang mengunjungi sebuah situs web, perangkat yang terhubung ke web akan berinteraksi dengan server situs web.
Setiap halaman web terdiri dari berbagai file yang berbeda. Server web akan mengirimkan setiap file tersebut ke browser pengguna, dan kemudian file-file tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik dan teks.
Setiap file yang dikirimkan mewakili satu "hit", sehingga satu tampilan halaman web dapat menghasilkan banyak hit.
Server dapat mencatat setiap permintaan untuk halaman web, merekam informasi yang diperlukan untuk menentukan seberapa populer situs tersebut, dan mengidentifikasi halaman mana yang paling sering diakses.
Dengan menganalisis traffic situs web, kamu dapat mengumpulkan informasi tentang kinerja situs web dan bisnismu.
Kamu dapat mengukur sejauh mana efektivitas konten yang telah kamu buat.
Kamu juga dapat mengetahui siapa saja yang paling tertarik dengan produk kamu. Yang paling penting, kamu dapat mengetahui konten iklan mana yang paling cocok untuk bisnismu.
Selain melakukan traffic estimation, terdapat juga metode lain yang dapat meningkatkan traffic situs web, yaitu dengan menciptakan konten evergreen. Berikut adalah beberapa tipsnya!
Untuk menciptakan konten evergreen, penting untuk memilih kata kunci yang juga bersifat evergreen.
Misalnya, hindari kata kunci yang terkait dengan peristiwa tertentu atau berfokus pada kata kunci yang memiliki potensi pencarian yang konsisten sepanjang waktu.
Dalam memilih kata kunci yang tepat, lakukanlah riset kata kunci. Buatlah daftar kata kunci yang relevan dengan bisnismu.
Saat menciptakan konten evergreen, disarankan untuk menerapkan teknik SEO agar performanya optimal di mesin pencarian.
Menurut laman Forbes, berikut beberapa teknik SEO yang dapat kamu terapkan saat menciptakan konten evergreen:
Dalam menciptakan konten evergreen, penting untuk menyertakan gambar yang sesuai dengan isi artikel.
Pastikan foto atau visual yang kamu gunakan relevan dan mewakili konten yang kamu sajikan. Meskipun terdengar mudah, tetapi sebenarnya ini adalah hal yang menantang.
Ada banyak sumber yang dapat kamu gunakan untuk mencari visual, seperti situs web stok foto seperti Pexels, Unsplash, Freepik, dan banyak lagi.
Setelah berhasil menciptakan konten evergreen dan mempublikasikannya di blog, periksalah konten tersebut secara berkala.
Lakukan pembaruan konten jika diperlukan. Dengan demikian, konten kamu akan tetap evergreen di tengah perubahan zaman.
Setelah selesai menciptakan konten evergreen dengan menggunakan tips di atas, jangan lupa untuk membagikannya di media sosial.
Konten evergreen dapat dibagikan secara berulang di media sosial karena sifatnya yang tidak lekang oleh waktu.
Kamu dapat membagikan konten evergreen yang mendapatkan traffic tinggi setiap tahunnya di media sosial untuk menarik minat baru dan membangkitkan kesadaran kembali terhadap konten tersebut.
Itulah penjelasan tentang traffic estimation dan cara meningkatkan traffic situs web. Semoga berhasil!
Baca Juga: Search Intent: Apa Itu dan Mengapa Penting untuk SEO
Apa Itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat