Catatan Sobat / Cafe Rahasia Art Space & Eatery

Cafe Rahasia Art Space & Eatery

20 September 2022 | marketing

Kasir Pintar

Hallo sobat kaspin, kali ini kita akan berbincang-bincang dengan Bapak Thomas Hanandri, seorang owner cafe Rahasia Art Space & Eatery.

Nah bagaimana cara Bapak Thomas memulai bisnis-nya tersebut? mari kita simak cerita beliau dalam sesi catatan sobat kali ini ya.

Nah sobat kaspin, rupanya Pak Thomas ini pada dasarnya mempunyai basic di bidang illustrator lho. Beliau banyak mendapat orderan untuk membuat illustrator, kemudian pada tahun 2019 akhir memutuskan untuk resign kerja dari kantor-nya di Surabaya, yang kemudian mencoba fokus untuk bekerja di bidang ilustrasi.

Namun masuk pada awal tahun 2020 rupanya terkena pandemi dan rupanya pekerjaan - pekerjaan yang Pak Thomas dapat dari Jakarta tadi semuanya On Hold. 

Wah sobat Kaspin, kira - kira bagaimana ya kelanjutan dari cerita Pak Thomas ini? Tetap Stay Tune ya sob!

Sebetulnya dari kecil, Pak Thomas ini ingin mempunyai sebuah bisnis yaitu yang bergerak pada bidang kuliner. Kemudian dari uang yang ada beliau kumpulkan, Pak Thomas ini mencoba membuka usaha yaitu yaitu toko pot, karena pada saat itu tanaman - tanaman dan pot - pot sedang hype di masyarakat. 

Nah, dari perputaran uang yang didapatkan dari jualan tersebut dan juga didukung oleh barang - barang antik (piringan hitam, koper) tidak terpakai yang Pak Thomas dapat dari rumah ibunya, kemudian beliau berfikir bahwa barang - barang tersebut dapat digunakan untuk sebuah dekorasi kafe.  

Pak Thomas berkaca dari bisnis yang dikelola Nintendo, jika dulu game-game maka berfokus ke grafis yang bagus, nah kemudian si Nintendo tadi muncul bukan dengan konten grafis yang bagus namun dengan gameplay yang menarik. 

Dari itu Pak Thomas belajar, bahwa beliau tidak ingin berada di jalur yang sama dengan kafe - kafe lain yang menunya tentang kopi. Karena sampai saat ini kopi sangat banyak, dan orang - orang yang mengerti tentang kopi itu banyak sekali. 

Akhirnya beliau mencoba untuk beralih ke teh, karena sebetulnya teh itu mempunyai banyak ragam dan juga lebih mudah untuk dinikmati. Beliau sudah sering meminum berbagai jenis teh sejak kecil dan juga experience Pak Thomas tentang teh itu sudah lumayan dan mungkin bisa diterapkan di kafe-nya tersebut. 

Menurut Pak Thomas, dunia teh itu cukup luas. Misal kita berbicara tentang daun teh itu mungkin cuma ada Black Tea, White Tea dan Green Tea saja. Namun sebetulnya ada golongan teh yang bernama “Tisane” yang merupakan seduhan - seduhan yang berasal dari selain daun teh yakni yang berasal dari bunga - bunga Telang, bunga Chamomile. 

Bahkan yang sampai Kafe Pak Thomas miliki ada teh dari kulit coklat kemudian juga ada dari cocoan yang diseduh (masuk dalam golongan Tisane)

Dahulu, Pak Thomas sering sekali mengajak adik - adik mahasiswa di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Surabaya untuk belajar, kemudian dari hasil itu Pak Thomas orbitkan untuk menjadi ilustrator beneran. 

"Jadi bisa dibilang ini tempat rahasia gitu, karena tidak ada yang tahu jika di Surabaya ada tempat beginian" ujar Pak Thomas.

Dulu Pak Thomas namai kafe ini dengan nama “Rahasia Space”, karena menurut beliau tempat ini sesuai dengan konsepnya. Yaitu : terselubung, agak viral juga maka dari itu Pak Thomas namai dengan kafe “Rahasia”.

Karena kafe ini mempunyai basic semi outdoor, jadi kalau misal musim - musim hujan atau bahkan terjadi hujan lebat gitu, maka terkadang tidak terpakai. 

Dan untuk promosi sendiri sejauh ini Pak Thomas hanya menggunakan media sosial Instagram saja, dan belum pernah beriklan ke platform - platform iklan lain, Jadi untuk promosi yang Pak Thomas lakukan saat ini adalah dari mulut ke mulut, didukung juga dengan bisnis jualan pot pada sebelumnya. 

Nah pada saat jualan pot itu yang Pak Thomas lakukan adalah promosi secara hard sell, seperti : banyak mengikuti berbagai event, lalu pada saat ada orang yang mengambil atau membeli pot, orang -orang tersebut sekalian mampirlah ke kafe-nya Pak Thomas.

Kafe Pak Thomas ini memiliki konsep hidden gem, tetapi hasil yang diterima Pak Thomas setiap harinya lumayan besar lho.  Bahkan pernah menerima order sebanyak 60 kali dalam satu hari. Apabila memasuki musim hujan pendapatan yang diterima juga agak sedikit berkurang mungkin hanya sekitar 13 - 20 transaksi saja per hari.

Lantas, dari mana Pak Thomas mengetahui Kasir Pintar? rupanya Pak Thomas tahu akan kasir pintar bukan dari diri-nya sendiri melainkan ada teman yang merekomendasikan untuk menggunakanya.

Semua informasi yang Pak Thomas butuhkan semua sudah terakomodasi di dalam Kasir Pintar sendiri, misal masalah transaksi harga harian yang setiap hari mendapat transaksi sebesar berapa rupiah kemudian yang masuk ke cash sebesar berapa rupiah karena Kasir Pintar sudah terintegrasi dengan via EDC.

Dan saat ini Kasir Pintar sudah sangat baik untuk me-cover semua yang dibutuhkan oleh kafe Pak Thomas. Jika pembukuan pada awalnya di kafe milik Pak Thomas ini dilakukan secara manual kemudian mencoba beralih ke aplikasi Kasir Pintar ini, karena apabila melihat transaksi pada saat dulu dilakukan dengan mencatat satu per satu. 

Dan setelah melihat fitur-fitur di Kasir Pintar rupanya sudah ada pencatatan transaksi sesuai dengan tanggal, selain itu bisa menghitung HPP dengan mudah karena bisa dilakukan secara otomatis.

Wah sobat kaspin, sangat informatif dan menarik sekali bukan cerita dari Pak Thomas ini? Jika kamu ingin mendengarkan cerita Pk Thomas secara lebih lengkap lagi, kamu bisa tonton disini ya sob. 

Nantikan cerita - cerita seru lainnya di Catatan Sobat edisi Grebek Merchant ya. Stay Tune!

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang