Tips Sukses Jualan di Tik Tok Shop Tanpa Ribet Stok Barang
Sales & Marketing | 13 Desember 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Kenali Apa Itu Marketing Executive dan Prospek Karier Kedepannya
8 September 2022 | marketing
Tahukah kamu apa itu marketing executive? atau mungkin kamu ingin mengisi posisi sebagai seorang marketing executive di masa depan?
Sebelum itu mari kita kenali terlebih dahulu apa itu marketing executive?
Jadi marketing executive adalah seseorang yang bertanggung jawab kepada publik untuk nilai suatu produk atau perusahaan.
Baca Juga : Tips Usaha Meroket Menggunakan Strategi Bisnis Model Canvas
Seorang marketing executive dapat dikatakan sukses apabila dia bisa menjalankan tugasnya dan mampu membuat produk atau layanan perusahaan dikenal oleh banyak orang.
Selain itu tingkat keberhasilannya juga diukur melalui meningkat atau tidaknya penjualan atau pendapatan perusahaan yang dihasilkan.
Marketing executive bertugas dalam pengembangan strategi marketing sebuah brand atau perusahaan.
Tugas marketing executive diantaranya : menulis artikel, membuat blog atau artikel dengan reset kata kunci SEO, bertemu calon klien, analisis target audiens, dan mempresentasikan berbagai macam ide serta strategi marketing.
Selain itu tugas marketing executive berfokus pada pemaksimalan keuntungan melalui strategi yang dijalankan.
Kemudian strategi yang telah dibuat tersebut akan dikerjakan dan dikembangkan lagi oleh bagian marketing yang lebih spesifik, seperti tim social media atau konten.
Baca Juga : Manfaat Catat Keuangan Bagi Bisnis
Untuk tugas lengkapnya kamu bisa membaca poin-poin dibawah ini :
- Menyiapkan dan menyampaikan rencana serta tujuan utama marketing.
- Bekerjasama dengan tim PR untuk membuat media press untuk dibagikan kepada media (koran, majalah, platform berita, dan lainnya).
- Membuat perencanaan campaign online di social media, bekerjasama dengan tim digital marketing atau tim social media marketing.
- Bekerja sama untuk mengorganisir event dan product exhibitions
- Menganalisis penjualan dan iklan.
- Mencari peluang kerja sama atau sponsor
- Mempelajari langkah - langkah atau strategi baru untuk memaksimalkan campaign
- Melakukan analisis target audiens
- Memantau kinerja perusahaan atau brand yang sedang ditangani
- Bekerja sama dengan tim social media untuk menciptakan brand awareness terhadap produk
Baca Juga : Definisi Jurnal Penjualan dan Aspek Penting yang Terkait
- Menganalisis tipe promosi yang efektif untuk setiap brand (dari video sampai iklan)
- Menciptakan komunikasi yang baik dengan audiens
- Peka terhadap tren baru guna meningkatkan engagement
- Mempunyai background pendidikan dibidang ekonomi, management, komunikasi, pemasaran, bisnis, ataupun pendidikan lain yang relevan.
- Memiliki kemampuan menganalisis pasar dan target market
- Berpikir kreatif dan inovatif
- Memiliki keterampilan copywriting dan skill desain guna menghasilkan materi kampanye
- Memiliki kemampuan public speaking yang baik
- Fleksibel dalam bekerja (kantor maupun luar kantor)
- Mahir dalam menggunakan CRM
- Memiliki kemampuan bahasa asing, guna membantu bekerjasama dengan klien multinasional
- Mengerti dan paham akan berbagai tools di social media
- Bekerja secara detail dan juga terorganisir
- Memiliki keterampilan bisnis yang baik
Menjadi seorang marketing executive adalah salah satu pilihan karir yang sedang trend saat ini.
Marketing executive bisa diartikan sebagai seseorang yang tugasnya bertanggung jawab penuh dalam memperkuat nilai suatu produk atau perusahaan di citra publik.
Ketahuilah bahwa marketing executive dan sales executive itu berbeda.
Kedua jenis pekerjaan ini mempunyai nama yang sama namun makna keduanya yang berbeda.
Banyak orang menganggap bahwa profesi sales tidak lebih keren daripada marketing, maka dari itu banyak perusahaan ataupun orang - orang menyebutnya sebagai marketing executive sebagai tenaga penjual mereka.
Job Desk utama seorang marketing executive yaitu, melakukan kegiatan jual menjual barang kepada calon konsumen secara langsung.
Menjadi seorang marketing executive tentunya juga membutuhkan informasi terkait stock barang yang akan dijual secara real time.
Selain itu tentunya juga membutuhkan informasi terkait ketersediaan stock barang atau produk agar nantinya bisa membuat langkah atau strategi promosi yang tepat untuk kedepannya.
Maka dari itu salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan ataupun mencatat stock barang adalah dengan menggunakan Aplikasi POS seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi.
Kamu bisa pelajari fitur-fitur dari Kasir Pintar dengan mengklik link berikut ini, Pelajari Fitur
Kamu juga bisa coba gratis selama 30 Hari dan mendapatkan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro.
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat