Insight Bisnis / Sales & Marketing / Panduan Sukses Berjualan di Facebook Marketplace!

Panduan Sukses Berjualan di Facebook Marketplace!

1 Agustus 2023 | marketing

Kasir Pintar

Apakah kamu tahu tentang fitur Facebook Marketplace?

Media sosial saat ini telah mengembangkan berbagai fitur untuk membantu bisnis memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

Salah satunya adalah Facebook, yang menyediakan fitur bernama Facebook Marketplace.

Fitur ini gratis dan memungkinkan pengguna untuk melakukan penjualan produk langsung melalui platform Facebook, bahkan tanpa harus memiliki toko online sendiri.

Facebook Marketplace bekerja seperti marketplace pada umumnya. Pengguna dapat mengunggah foto produk dan langsung melakukan penjualan.

Melalui fitur ini, penjual dan pembeli dapat berkomunikasi secara instan menggunakan Facebook Messenger, yang dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Selain itu, perilaku pengguna juga mempengaruhi algoritma Facebook, sehingga unggahan di Marketplace memiliki peluang lebih tinggi untuk dilihat oleh target pelanggan potensial, meningkatkan tingkat konversi.

Untuk memulai berjualan di Facebook Marketplace, pengguna hanya perlu mengklik ikon Marketplace pada menu Home dan memilih "Create New Listing".

Selanjutnya, pengguna dapat memilih tipe listing untuk produk, kendaraan, properti, atau lowongan pekerjaan, dan mengunggah foto produk, menyertakan deskripsi, kategori, harga, tag, dan informasi lainnya untuk memulai berjualan.

7 Tips Jualan Dengan Facebook Marketplace

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di Facebook Marketplace:

1. Lakukan Riset

Sebelum memulai berjualan di Facebook Marketplace, lakukan riset terlebih dahulu dengan memeriksa barang-barang yang banyak dicari dalam kategori produk serupa dengan produkmu. 

Periksa juga halaman toko yang menjual barang tersebut. Cari tahu apakah sudah ada produk serupa yang dijual di Facebook Marketplace. 

Lihat perbedaannya dengan produk yang akan kamu jual, dan usahakan agar produkmu memiliki keunggulan yang menarik minat pembeli.

Tinjau juga harga dan deskripsi produk serupa. Jika memungkinkan, tetapkan harga produk yang sedikit lebih rendah daripada pesaing atau jelaskan mengapa produk yang kamu jual lebih berharga dari pesaing.

Eksplorasi Facebook Marketplace sebelum memulai penggunaannya dapat memberikan gambaran tentang ekosistem jual-beli, standar harga, dan cara menarik perhatian calon pembeli. 

Kamu juga bisa menambah nilai dan menemukan keunggulan produk dari pesaing yang menjual produk serupa.

2. Manfaatkan Facebook Ads

Facebook memiliki jutaan pengguna, dan kebanyakan dari mereka akan memeriksa halaman Facebook beberapa kali per hari. 

Gunakan Facebook Ads untuk memperluas jangkauan penjualanmu.

Tetapkan target customer yang ingin kamu capai dan mulai beriklan. 

Misalnya, dengan menargetkan iklan produkmu kepada orang-orang berdasarkan usia, minat, perilaku, dan lokasi.

Facebook Ads dapat membantu menjangkau pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, dan mendorong pembeli untuk kembali membeli produkmu. 

Iklan ini juga memiliki proses yang cepat dengan hasil langsung.

Selain itu, beriklan dengan Facebook Ads cenderung lebih murah dibandingkan media promosi lain, sehingga kamu dapat menghemat biaya pemasaran.

Baca Juga: Bagaimana Cara Beriklan di Facebook? Berikut ini Caranya!

3. Optimalkan Penjualan dengan Kata Kunci Relevan

Pastikan unggahan produkmu berada di peringkat atas hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh calon pembeli dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

Optimalkan penjualanmu dengan menyertakan kata kunci utama pada judul dan kata kunci yang berkaitan pada deskripsi produk.

Contohnya, masukkan nama produk, model, warna, jenis atau bahan, kondisi, dan lain-lain.

Lakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari dan ideal untuk produkmu.

Periksa kembali kata kunci yang relevan dengan produk yang dijual sebelum dipublikasikan.

4. Pilih Kategori yang Tepat

Hindari memasukkan terlalu banyak kategori untuk satu produk. Misalnya, jika kamu menjual pakaian, jangan memberi label produk elektronik pada listing tersebut.

Pilih kategori yang sesuai dengan produk yang kamu jual. 

Memasukkan kategori sembarangan akan mempersulit pengguna dan membuat unggahanmu sulit ditemukan oleh target customer yang tepat.

5. Gunakan Foto yang Berkualitas

Foto merupakan faktor penting yang mempengaruhi persepsi pembeli, baik di Facebook Marketplace maupun platform penjualan lainnya.

Pastikan kamu mengunggah foto produk yang jelas, berkualitas tinggi, dan tidak buram.

Gunakan pencahayaan yang baik, terutama yang natural, untuk menghasilkan foto yang menarik.

Latar yang bersih, seperti warna hitam atau putih, juga membantu calon pembeli melihat produk dengan baik. 

Gunakan tripod agar foto tidak buram. Jika perlu, lakukan edit foto, tetapi jangan sampai hasil editan membuat produk terlihat berbeda.

Apabila produkmu memiliki cacat, tampilkan cacat tersebut pada foto agar pembeli tahu dengan jelas sebelum membeli.

6. Pertahankan Reputasi yang Baik

Cara kamu melayani customer menjadi faktor yang dinilai oleh Facebook. Gunakan fitur respons cepat untuk menanggapi pesan pelanggan sesegera mungkin.

Usahakan untuk tidak terlalu lama merespons, karena calon pembeli bisa kehilangan minat dan beralih ke pesaing.

Tingkatkan reputasi toko online dengan mendapatkan badge dari Facebook yang menunjukkan bahwa kamu memberikan respons cepat dan memiliki rating yang tinggi.

7. Berpartisipasi dalam Grup Jual Beli yang Relevan

Bergabunglah dengan grup Facebook yang relevan dengan produk jualanmu. 

Misalnya, jika menjual pakaian bayi, bergabunglah dengan grup yang beranggotakan wanita hamil atau ibu baru.

Dengan berpartisipasi dalam grup yang aktif, kamu dapat bertemu dengan target audiens yang sesuai dan berpeluang membeli produkmu.

Dengan mengoptimalkan fitur-fitur Facebook Marketplace dan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan peluang mendapatkan lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualanmu.

Baca Juga: Apa itu Twitter Ads? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu Kasir Pintar?

Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.

Kenapa Harus Kasir Pintar?

- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik

Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur