Pengendalian Mutu Bisnis: Definisi, Manfaat, Penerapan, Studi Kasus
Insight Bisnis | 21 Agustus 2025
Insight Bisnis / Pendaftaran Merek Dagang, Solusi UMKM untuk Cegah Plagiat!
20 Agustus 2025 | marketing
Bersamaan dengan hadirnya era digital seperti sekarang membuat banyak bisnis-bisnis yang berlahiran. Namun pesatnya pertumbuhan digital ini justru bisa jadi ancaman sebab makin banyak pula duplikasi brand yang bisa terjadi kapan pun. Oleh sebab itu, pendaftaran merek dagang jadi satu aspek vital yang harus pebisnis UMKM manapun pahami.
JasaMerek.com hadir sebagai solusi bagi pelaku bisnis yang ingin mencegah masalah hukum terkait merek. Masalah hukum yang menyangkut merek bisnis bukan sebuah hal baru lagi di Indonesia. Tak cuma menyeret bisnis-bisnis besar, tapi juga bisa menyasar bisnis-bisnis kecil. Meskipun terdengar seram, tapi faktanya masalah-masalah tersebut masih bisa kamu cegah dengan jasa pendaftaran merek dengan Ai yang dimiliki oleh JasaMerek.com.
Mari pahami konsep lebih lengkapnya soal pendaftaran merek dagang tersebut dalam ulasan artikel di bawah ini!
Hampir semua pemilik bisnis — baik besar atau UMKM — saat ini sudah mulai mendigitalisasi bisnis mereka. Tujuannya tentu agar bisnisnya bisa punya value lebih di mata pelanggan sehingga bisa turut mendongkrak penjualan dan keuntungan.
Misalnya saja, penggunaan sistem Point of Sale (POS) seperti KasirPintar yang bisa sangat memudahkan bisnis dalam mencatat transaksi penjualan, keuangan, hingga aspek operasional bisnis lainnya.
Makin bertambahnya value bisnismu, produk-produk yang bisa kamu hasilkan pun juga akan ikut terdongkrak pula kualitasnya. Tapi perlu kamu perhatikan juga proteksi aset intelektualnya agar tak ada pihak lain yang melanggarnya.
Kalau kamu adalah UMKM yang juga bergerak di industri kreatif di mana karya-karya yang kamu buat adalah sumber utama pemasukanmu, maka kamu sangat membutuhkan jasa pendaftaran hak cipta seperti JasaMerek.com atas produk-produk karyamu tersebut.
Selain dari sisi produk, kamu juga harus perhatikan dari sisi merek bisnismu juga. Satu cara melindunginya adalah dengan lakukan pendaftaran merek dagang. Pasalnya, dengan makin berkembangnya bisnismu, maka peluang merekmu bakal pihak lain tiru juga akan selalu ada potensi.
Kalau kamu masih ragu, maka berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan pendaftaran merek dagang untuk bisnis UMKM yang kamu jalankan tersebut, yakni:
Manfaat paling utama yang bisa kamu dapatkan dari pendaftaran merek dagang adalah kamu bisa mendapatkan hak eksklusif atas merek bisnis yang sudah kamu daftarkan tersebut. Hak ini cakupannya meliputi hak untuk memakainya sendiri, dan/atau hak untuk melarang/membolehkan pihak lain untuk memakai merek yang sama denganmu.
Pelanggan tentu akan lebih memilih bisnis yang punya reputasi baik serta kredibel. Di sinilah salah satu peran pendaftaran merek dagang bisa membantumu membangun reputasi bisnismu, karena pelanggan akan yakin bahwa bisnismu benar-benar asli karena merekmu sudah terdaftar.
Tak cuma dari mata pelanggan saja, namun dari mata investor atau calon mitra yang ingin kamu ajak kolaborasi, bisnismu juga jadi lebih terpercaya saat merekmu sudah terdaftar.
Ini karena mereka akan merasa aman dan yakin bahwa bisnismu bukanlah bisnis tiruan yang bertujuan mendompleng merek lain.
Baca Juga : Capek Rekap Manual? Gunakan Aplikasi Rekap Penjualan Ini
Prosedur mendaftarkan merek untuk UMKM saat ini telah mendapat banyak kemudahan. Belum lagi dengan hadirnya jasa pendaftaran merek dagang UMKM yang kini turut banyak membantu UMKM mengamankan mereknya.
Jika kamu memutuskan untuk meregistrasikan merekmu, maka nantinya akan meliputi beberapa tahap berikut:
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus membuat akun dulu untuk kebutuhan daftar merekmu tersebut lewat sistem web dari DJKI.
Tahap selanjutnya yakni kamu harus isi formulir registrasi sebagai tiket utamamu untuk mendaftarkan merek bisnismu. Di sini termasuk juga mengisi soal kelas atau kelompok merekmu.
Selanjutnya unggah syarat-syarat daftar merek yang sistem minta. Namun jika kamu mendaftar sebagai UMKM maka lampirkan pula surat keterangan UMKM agar pihak DJKI tahu bahwa merek yang mau kamu registrasikan adalah merek UMKM.
Jangan lupa juga untuk melakukan pembayaran pendaftaran sesuai yang tertera. Nah, kabar baiknya adalah biaya untuk mendaftar merek sebagai UMKM akan lebih murah daripada biaya secara umumnya.
Setelah lunas pembayarannya, merekmu akan masuk tahap-tahap pemeriksaan yang akan pihak DJKI lakukan. Sehingga pastikan kamu ikuti dan perhatikan semua prosesnya agar bisa berjalan lancar.
Ketika semua prosesnya selesai dan merekmu sudah ternyatakan terdaftar, maka kamu tinggal unduh sertifikat atas merekmu tersebut langsung lewat sistem DJKI tersebut.
Namun, bagi banyak UMKM tahapan ini sering terasa membingungkan karena ada banyak detail teknis yang harus diperhatikan. Supaya lebih praktis dan tidak salah langkah, kamu bisa menggunakan layanan jasa pendaftaran merek dagang seperti JasaMerek.com yang sudah berpengalaman membantu UMKM mengurus proses registrasi hingga sertifikat resmi terbit.
Baca Juga : Apa itu Stockopname dan Mengapa Penting bagi Bisnis yang Punya Banyak Barang?
Mendaftarkan merek memang terdengar seperti sebuah kegiatan yang sepele. Namun di balik itu semua, tersimpan beragam manfaat yang bisa kamu dan bisnismu rasakan. Sehingga, jangan tunggu sampai masalah merek menimpamu untuk melindungi merekmu.
Segera berikan proteksi optimal untuk aset investasi masa depan bisnismu ini agar tak tercuri kompetitor atau orang lain!
Artikel ini kerja sama dengan Jasa Merek X KasirPintar
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat