Insight Bisnis / Sales & Marketing / Terapkan 3 Langkah Ini untuk Analisis Marketing Strategy!

Terapkan 3 Langkah Ini untuk Analisis Marketing Strategy!

11 April 2023 | marketing

Kasir Pintar

Dalam dunia bisnis, strategi pemasaran yang efektif sangat penting untuk memenangkan persaingan dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Namun, untuk dapat mengevaluasi dan meningkatkan strategi pemasaran yang telah ada, dibutuhkan analisis yang cermat dan terstruktur.

Berikut adalah tiga langkah yang dapat diterapkan untuk melakukan analisis strategi pemasaran yang efektif dan membantu bisnis Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Ini 3 Langkah yang Harus Kamu Lakukan!

Marketing strategy STP (Segmentation, Targeting, Positioning) adalah suatu pendekatan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Pendekatan ini terdiri dari tiga tahapan:

1. Segmentation (Segmentasi)

Segmen pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik atau kebutuhan yang sama.

Hal ini dilakukan untuk memahami lebih baik siapa target pasar mereka dan apa yang dibutuhkan oleh setiap kelompok pelanggan.

2. Targeting (Targeting)

Setelah melakukan segmentasi pasar, bisnis harus menentukan segmen pasar mana yang menjadi target pasar yang paling menjanjikan.

Hal ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan faktor seperti ukuran pasar, potensi keuntungan, tingkat persaingan, dan kebutuhan pelanggan.

3. Positioning (Penempatan)

Setelah menentukan target pasar, bisnis harus menentukan bagaimana mereka ingin memposisikan produk atau layanan mereka di mata konsumen.

Hal ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan elemen seperti harga, kualitas produk, dan atribut produk lainnya yang dapat membedakan produk dari pesaing.

Dalam menerapkan pendekatan STP, bisnis dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan peluang mereka untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Baca Juga: Strategi Membuat Konten Marketing Untuk Menarik Para Pelaku UMKM

Contoh  S-T-P Toko Kelontong

Berikut adalah contoh STP produk toko kelontong:

1. Segmentation (Segmentasi)

Toko kelontong biasanya melakukan segmentasi pasar berdasarkan geografi dan demografi.

Mereka dapat membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok berdasarkan lokasi geografis, seperti kota atau desa, dan demografi seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat pendapatan.

2. Targeting (Targeting)

Setelah melakukan segmentasi pasar, toko kelontong menargetkan konsumen yang tinggal di lingkungan sekitar atau dalam jangkauan toko mereka.

Mereka juga menargetkan konsumen yang memiliki tingkat pendapatan menengah ke bawah, serta konsumen yang mencari kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

3. Positioning (Penempatan)

Toko kelontong memposisikan produk mereka sebagai toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan mudah dijangkau oleh konsumen di lingkungan sekitar.

Mereka juga menekankan ketersediaan produk yang lengkap dan beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang langkah analisis marketing strategy dengan menggunakan  STP (Segmentation, Targeting, Positioning).

Dalam membangun strategi pemasaran, STP adalah langkah penting yang harus diterapkan agar produk dapat diposisikan dengan baik di pasaran dan dapat menarik konsumen yang tepat.

Segmentation membantu kita memahami pasar dan membaginya menjadi kelompok-kelompok yang berbeda, sedangkan targeting membantu kita menentukan kelompok mana yang akan menjadi fokus pemasaran.

Sedangkan positioning membantu kita memposisikan produk secara tepat di pasar untuk menarik konsumen yang sesuai.

Dalam menerapkan STP, perlu dilakukan penelitian dan analisis pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen.

Selain itu, strategi pemasaran juga harus terus dievaluasi dan disesuaikan dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen.

Dengan menerapkan STP yang tepat, diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan pemasaran mereka dan memenangkan persaingan di pasar.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Omset Dengan Strategi Marketing Decoy Effect!

Apa Itu Kasir Pintar?

Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.

Kenapa Harus Kasir Pintar?

- Aplikasi POS berbasis cloud yang khusus untuk UMKM
- Fitur aplikasi lengkap dan terintegritas satu sama lainnya
- Mendukung perkembangan usaha dengan penyajian data yang lengkap
- Tampilan aplikasi mudah dipelajari untuk orang yang pertama kali menggunakan
- Aplikasi selalu diupdate dan diperbaiki untuk layanan yang lebih baik

Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur