Insight Bisnis / Sales & Marketing / Terapkan 7 Hal Ini Agar Konsumen Happy dan Kembali Ke Toko

Terapkan 7 Hal Ini Agar Konsumen Happy dan Kembali Ke Toko

16 Februari 2022 | marketing

Kasir Pintar

Buat Kamu pemilik bisnis pasti ingin pelanggan bisa senang dan sering berkunjung atau kembali ke toko atau outlet.

Hal itu akan bantu kenaikan penjualan lebih besar dan profit lebih banyak.

Jadi, Kamu perlu untuk memikirkan bagaimana cara agar pelanggan senang dan kembali ke outlet / toko atau cafe Kamu. 

Memikirkan cara bagaimana buat pelanggan senang kembali ke outlet memang masih bisa kita lakukan, hal yang biasanya terjadi itu ketika apa yang kita rencanakan sangat sulit dalam implementasinya. 

Tak hanya itu karena pelayanan langsung terkait dengan pelanggan yang punya banyak karakteristik, jadi perlu juga untuk memahami karakter pelanggan sebelum melakukan strategi.

Tips Agar Pelanggan Kembali Lagi ke Toko

Selanjutnya, Mari kita bahas beberapa hal yang bisa membuat pelanggan senang dan kembali ke outlet kita.

1. Perlu Melatih Karyawan

Karyawan adalah orang yang langsung berhubungan dengan pelanggan.

Karyawan disini memegang peran penting dalam kepuasan, kesenangan pelanggan yang datang ke outlet kita. 

Bisa jadi karyawan menjadi cerminan dari toko/ outlet bisnis kamu.

Pelatihan karyawan rutin sangat penting dilakukan dengan pelayanan pada pelanggan penting dilakukan. 

Pelatihan yang bisa kamu berikan pada karyawan bisa berupa bagaimana cara menyapa pengunjung, bagaimana cara berbicara dengan pengunjung tentang produk, pemahaman karyawan tentang keunggulan produk dan usaha Kamu, cara menerbitkan faktur pembayaran, pemahaman program-program member di bisnis Kamu dan lainnya. 

Selain itu penilaian karyawan sangat penting untuk tahu bagaimana kinerja mereka terhadap pelayanan pada pelanggan.

Kamu bisa membuat format feedback untuk pelanggan menilai karyawan Kamu.

2. Pentingnya Sapaan Pada Pelanggan 

Sapaan penting untuk membuat first impression pelanggan baik pada bisnis kita. 

Adanya keramahtamahan kepada pelanggan akan menimbulkan rasa nyaman.

Misalnya ketika menyapa pelanggan datang “Selamat datang”, mengantarkan pesanan senyum, selalu bertanya pada pelanggan “Apakah ada yang bisa saya bantu” atau bertanya kabar misalnya pada pelanggan setia dan lainnya. 

Semua hal ini sangat mudah dan murah dilakukan, pelanggan juga akan merasa bahwa kita care dan responsif pada mereka.

3. Perlunya Pemahaman Produk Oleh Karyawan 

Penting bagi karyawan untuk memiliki pemahaman atau informasi terkait produk, keunggulan produk, dan lainnya. 

Dengan pemahaman yang semakin baik maka karyawan dapat lebih banyak memberikan informasi kepada pelanggan.

Semakin banyak informasi keunggulan produk yang diketahui pelanggan maka akan membuat pelanggan memahami nilai produk yang mereka investasikan.

4. Buat Event Menarik / Hadiah Untuk Pelanggan

Banyak orang sangat tertarik dengan hadiah, voucher, diskon, dan acara-acara hiburan yang menarik.

Pelajari fitur diskon di Kasir Pintar

Hal-hal seperti ini dapat Kamu manfaatkan untuk menarik hati pelanggan dan mendapatkan nilai tinggi di hati pelanggan

Kamu dapat memberikan diskon atau voucher untuk pelanggan baru bahkan hadiah menarik hingga promosi produk untuk pelanggan setia Kamu.

Misalnya dengan beli 1 produk dapat 1 produk lainnya ini tidak sulit diterapkan namun penting untuk melihat budget marketing Kamu. 

Tidak hanya membuat pelanggan tertarik untuk terus berlangganan produk atau mengunjungi kembali outlet, namun juga bisa Kamu manfaatkan untuk memperkenalkan produk dari usahamu.

dan juga bisa digunakan sebagai moment untuk mengumpulkan database pengunjung untuk strategi kemajuan bisnis Kamu.

Kamu juga bisa menggunakan Kasir Pintar untuk keperluan promosi seperti diskon, buy 1 get 1 dan promo lainya.

cek disini untuk mengetahui fiturnya

5. Buat Outlet Kamu Menjadi Nyaman dan Menarik

Setiap orang Kamu senang dan merasa ingin berkunjung kembali jika berada di tempat nyaman.

Begitu juga rasa yang akan dimiliki pelanggan jika ia datang di outlet yang membuat mereka nyaman. 

Buat outlet kamu dengan suasana nyaman dan ingin datang lagi. 

Pastikan penataan letak tempat pengunjung mulai dari meja, kursi, produk, pintu masuk, pintu keluar, dapur, kasir sesuai dengan aturan penataan interior yang benar.

Letakkan berbagai jenis barang yang menarik pelanggan di posisi depan toko Kamu.

Misalnya jika outlet makanan, letakkan beberapa makanan dengan plating yang menarik, kemudian Kamu bisa juga menambahkan bunga atau sesuatu yang memiliki aroma untuk menarik pelanggan. 

Selain itu pastikan toko Kamu rapi, bersih dan selalu harus setiap sisinya, pasti juga setiap sudut ruangan mampu menarik pelanggan dengan desain & interior yang baik.

Bersih dan harum tidak hanya untuk fisik toko namun pastikan karyawan Kamu juga bersih, rapi dengan seragam yang menarik.

6. Terapkan Konsep Fleksibel Pada Sistem Pelayanan Kamu

Penting bagi Kamu memiliki aturan atau sistem pelayanan yang fleksibel pada outlet Kamu. 

Adanya SOP sebenarnya baik dan akan membuat pelayanan teratur, namun perlu Kamu perhatikan juga perasaan dan kenyamanan pelanggan Kamu dengan SOP yang telah Kamu buat. 

Selain sistem pelayanan yang fleksibel perlu juga pelayanan dari karyawan yang juga fleksibel.

Misalnya ketika pelanggan meminta tempat duduk, atau meminta layanan tambahan lain, pelayanan harus bisa menjawab dengan mengenali karakter pelanggan terlebih dahulu.

Jika memang layanan yang diminta tidak bisa dilakukan jawab dengan baik dan tetap menjaga perasaan pelanggan.

Di beberapa aspek SOP sangat dibutuhkan misalnya adanya COVID-19 harus menerapkan protokol kesehatan.

Namun SOP dan pelayanan Kamu harus tetap buat pelanggan nyaman meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Jika tidak pelanggan akan cancel order bahkan Kamu Kamu rugi.

7. Berikan Fasilitas Tambahan Yang Memadai

Banyak fasilitas-fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan pelanggan, sehingga pelanggan betah dan ingin datang lagi.

Pertama, saat ini semua orang tidak lepas dari internet dan gadget, sediakan fasilitas Free WiFi untuk pelanggan Kamu, selain itu sediakan tempat Charger di beberapa titik untuk pelanggan Kamu,

Kedua, fasilitas modern yang dapat Kamu coba yaitu menyediakan berbagai metode pembayaran.

Saat ini banyak orang yang tidak hanya menggunakan pembayaran cash namun juga dengan transaksi elektronik yang mengarah pada cashless society.

Kamu dapat menerapkan transaksi elektronik misalnya dengan menyediakan jenis e-money atau memudahkan transaksi di kasir misalnya dengan aplikasi kasir elektronik yang bisa dengan cepat dan mudah untuk proses pembayaran Kamu.

Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan transaksi penjualan Kamu adalah dengan menggunakan Kasir Pintar.

Kasir Pintar merupakan aplikasi point of sales yang membantu memudahkan transaksi penjualan Kamu, mulai dari laporan penjualan bahkan manajemen produk toko Kamu. 

Banyak kemudahan yang akan Kamu dapatkan dengan Kasir Pintar. Tertarik untuk tau lebih banyak tentang Kasir Pintar? Kamu bisa kunjungi di laman kasir pintar atau download aplikasinya sekarang juga di Apps Store attu Play Store smartphone Kamu.

7 Hal diatas bisa Kamu terapkan untuk menarik pelanggan kembali ke toko Kamu dan meningkatkan jumlah pelanggan serta pendapatan Kamu.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur