Insight Bisnis / Tips Gunakan Skill Leadership untuk Usaha Kamu

Tips Gunakan Skill Leadership untuk Usaha Kamu

7 Juni 2022 | marketing

Kasir Pintar

Kata leadership mungkin sudah tidak asing bagi kita. Leadership sangat melekat dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Kata ini dipahami sebagai seorang pemimpin yang dapat memberi arahan atau kebijakan dalam kepada orang-orang maupun organisasi tersebut. 

Leadership menjadi komponen penting dalam sebuah perusahaan karena akan mampu menentukan bagaimana berjalannya perusahaan apakah mampu meraih keberhasilan atau kesuksesan. 

Namun, apa benar arti leadership yang dipahami selama ini adalah seorang pemimpin? dan sebenarnya bagaimana sih leadership itu? Mari simak ulasan mengenai leadership berikut.

Pengertian Leadership

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian leadership adalah kepemimpinan.

Secara umum leadership diartikan sebagai keterampilan atau sebuah fungsi dari manajemen yang mampu mempengaruhi, mengarahkan, maupun memotivasi orang lain untuk dapat melakukan berbagai hal demi mencapai tujuan sebuah organisasi.

Pada dasarnya leadership adalah gaya memimpin seorang pemimpin. Mengapa dikatakan sebagai gaya ? hal ini karena setiap orang memiliki masing masing gaya memimpin yang berbeda satu dengan yang lainnya.  

Gaya kepemimpinan biasanya dikaitkan dengan karakter pribadi. Pemimpin belum tentu dapat menjadi pemimpin yang baik dengan gaya kepemimpinan yang tepat.

Pemimpin perusahaan merupakan seseorang yang memiliki peran penting yang mampu memberikan arahan serta mengkoordinasi seluruh sumber daya manusia perusahaan yang memiliki keterlibatan dalam berjalannya bisnis untuk mampu mencapai tujuan.

Perusahaan membutuhkan seorang yang memiliki jiwa leadership yang baik untuk menjadi leader yang baik pula. Kemampuan ini dimiliki oleh seorang untuk mengarahkan orang lain secara bersama-sama dalam mencapai tujuan bisnis. Seorang dapat menjadi leader namun belum tentu mampu memiliki leadership yang teladan

https://kasirpintar.co.id/solusi/detail/manfaat-dan-contoh-proposal-usaha-yang-wajib-pengusaha-tahu

Jenis Jenis Leadership

Terdapat berbagai macam leadership yang secara umum mampu diadaptasi atau dilakukan oleh pemimpin termasuk pemimpin perusahaan.

1. Business Leadership

Business Leadership menunjukkan sebuah kemampuan yang dimiliki seorang leader untuk mampu berpikir strategis serta mampu secara langsung mengontrol anggota dalam mengeksekusi proses bisnis perusahaan.

Sikap ini pada dasarnya bertujuan meningkatkan keuntungan perusahaan jangka pendek hingga jangka menengah.

2. Essential Leadership

Dikatakan bahwa seorang pemimpin mempunyai mental dan pola pikir yang kepemimpinan yang tepat.

Selain itu, jenis ini juga menjelaskan bahwa pemimpin menunjukkan sikap serta perilaku yang dapat mendorong motivasi anggota lainnya untuk mengerahkan tenaganya dalam bekerja.

3. Organizational Leadership

Jenis leadership ini menunjukkan sikap kepemimpinan seseorang yang dapat mengelola dan merancang kembali sebuah tim karena perlu adanya percepatan atau akselerasi dalam pencapaian tujuan bisnis.

4. Exponential Leadership

Jenis leadership ekipotensial ini sebagai sebuah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang dapat memberdayakan kemampuan anggota tim untuk membantu meningkatkan bisnis mencapai kesuksesan dimasa depan.

5. Team Leadership

Seorang leader yang memiliki sikap team leadership adalah seorang yang mampu mengatasi berbagai tantangan dan halangan yang mungkin datang dalam proses mendapatkan target bisnis.

Tantangan yang dimaksud dapat sebagai tantangan dari dalam maupun dari luar perusahaan atau bahkan tantangan pada personal tim. 

6. Demokratis 

Gaya kepemimpinan demokratis secara umum seorang pemimpin memutuskan segala hal dengan mempertimbangkan seluruh aspirasi tim. 

7. Autokratis

Gaya leadership otokratis dilakukan dengan memutuskan segala hal tanpa mempertimbangkan pendapat dari anggota tim lainnya .

8. Transformational

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan transformasional berarti bahwa seorang pemimpin akan mengutamakan kinerja tim dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan jobdesk masing-masing dan tidak adanya perbedaan dalam keadaan stabil.

Tips Menjadi Leader Yang Baik

Beberapa hal ini perlu kamu implementasikan jika kamu menjadi pemimpin perusahaan atau sebuah bisnis sehingga mampu memiliki jiwa leadership yang baik.

1. Memiliki Sikap Proaktif. 

Sikap ini diperlukan dalam proses mengidentifikasi dari permasalahan serta mampu menentukan jalan keluar atas sebuah permasalahan tersebut.

Memang tidak semua orang dapat kuat secara fisik namun belum tentu mampu kuat secara mental ketika menghadapi sebuah masalah, apalagi jika permasalahan tersebut tidak hanya tentang masalah pribadi. Pemimpin proaktif mampu melihat dan mencari jalan keluar permasalahan tersebut.

2. Bertanggung Jawab

Pemimpin harus berani terus bertanggung jawab atas apa yang sudah menjadi sebuah kewajibannya sebagai leader yang merupakan sikap leadership pantas untuk dihormati.

Tanggungjawab yang dimaksud dapat berupa tanggung jawab atas rencana bisnis, menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan anggota.

3. Memiliki Visi yang Baik

Visi yang baik adalah hal yang terpenting dalam organisasi. Visi yang baik akan mencerminkan bahwa tujuan organisasi yang ingin dicapai jelas.

Tanpa adanya visi yang baik, sama halnya bisnis atau organisasi kamu tidak punya arah.

Untuk mampu memiliki visi yang baik dapat dengan mempertanyakan apa cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai organisasi kedepannya.

4. Memiliki Jiwa Keteladanan Yang Baik

Pemimpin harus mampu memberikan contoh yang baik untuk seluruh karyawannya, bahkan tidak semua orang memiliki keteladanan yang baik/ mampu memberikan contoh langsung untuk anggota tim. Contoh yang baik dapat dimulai dari perilaku atau sikap individu pemimpin dalam kesehariannya.

Perbedaan Leadership, Bos dan Management

Secara realitanya leadership, bos dan manajemen tiga hal yang berbeda dalam hal makna maupun arti.

Namun, diantara ketiganya memiliki keterkaitan dimana diantara leadership atau kepemimpinan dan management sama-sama penting dalam proses operasional perusahaan perusahaan. 

Salah satu tokoh yang menjelaskan tentang perbedaan diantara Leadership, Bos dan Management adalah John P. Kotter. John menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “What Leaders Really Do” di Harvard Business Review pada Desember 2001 yang menjelaskan tentang ketiganya

  1. Pertama, manajemen memiliki hubungan dengan perencanaan anggaran kemudian leadership berhubungan dengan cara mengarahkan atau memberikan arahan atas proses perencanaan tersebut
  2. Kedua, manajemen memiliki keterkaitan dengan staffing dan pengorganisasian dalam sebuah bisnis perusahaan, sedangkan leadership merupakan sesuatu yang berhubungan dengan menyelaraskan orang.
  3. Ketiga, management hadir sebagai sebuah kontrol atas pemecahan masalah perusahaan, kemudian peran leadership disini berfokus pada memberikan motivasi atau inspirasi.

Selanjutnya mengenai pengertian bos yang diartikan sebagai segala hal yang mengarah pada posisi atau kekuasaan.

Istilah bos biasanya digunakan secara umum untuk menyebut seseorang yang memiliki pemegang kontrol kuat dalam perusahaan. 

Bos juga dikaitkan dengan  seseorang yang berfokus pada keuntungan atau hasil yang dapat diperoleh perusahaan.

Bos tidak berfokus terkait perkembangan potensi atau kinerja bawahannya seperti sikap leadership namun mereka akan berperan perhatian yang mengarah pada perencanaan, anggaran, pengoranisasian seperti pada management

Nah, itu tadi ulasan mengenai Leadership sebagai suatu sikap yang mengacu pada sebuah perusahaan.

Leadership penting untuk dipahami dan diimplementasikan buat kamu yang akan menjadi seorang pemimpin/ sebagai pemimpin.

Jika kamu mau dikatakan leader yang baik setidaknya kamu memiliki karakteristik dari leadership.



Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang