Catatan Sobat / Toko Audio Mobil di Surabaya ini berhasil sabet Juara EMMA Asia Champion

Toko Audio Mobil di Surabaya ini berhasil sabet Juara EMMA Asia Champion

23 September 2022 | marketing

Kasir Pintar

Hallo sobat kaspin, pada catatan sobat edisi grebek merchant kali ini kita akan mengulas cerita inspiratif dari Bapak Johan Sastra Wijaya nih owner dari usaha bengkel audio mobil yang bernama Sinar Abadi Audio yang bertempat di JL. Tidar No. 188 Surabaya. 

Kira-kira bagaimana ya kisah cerita inspiratif beliau hingga berhasil menyabet juara EMMA Asia Champion? Mari kita simak cerita menariknya dibawah ini. 

Nah sobat kaspin rupanya usaha toko audio mobil ini sudah Pak Johan jalani sejak tahun 1997, tepatnya tanggal 16 Juli 1997, jadi apabila dihitung saat ini, usaha beliau berdiri sudah hampir 25 tahun sobat kaspin, wah lama juga ya.

Usaha milik Pak Johan ini bergerak dibidang audio dan instalasi audio mobil, jadi juga melayani B2B, seperti penjualan ke bengkel lain maupun juga pemasangan.

1. Kenapa Memilih Bisnis Dibidang Audio?

Jadi menurut Pak Johan usaha ini bermula ketika dahulu orang tua beliau itu menjual produk-produk audio tetapi tidak sekomplit pada saat ini.

Kemudian Pak Johan ini juga ada beberapa ketertarikan (interest) di bidang audio, karena juga ada tantangan serta potensi yang bagus, sehingga pada tahun 1997 Pak Johan memberanikan diri untuk membuka usaha audio tersebut.

2. Apakah Ada Kendala Di Tengah-Tengah Berbisnis?

Kata Pak Johan sebetulnya setiap usaha itu pasti ada saja kendalanya, mengingat pengalaman beliau dalam mendirikan usaha tersebut yang berjalan sudah hampir 20 tahun lebih, sehingga membuat Pak Johan lebih hati-hati untung meng-handle beberapa masalah yang sering terjadi pada customer-nya. 

Seperti masalah yang sering terjadi, misal masalah teknis atau juga masalah non-teknis itu, beliau cukup berhasil dan bisa dengan mudah mengatasinya. 

3. Apa Pencapaian Selama Berbisnis Di Bidang Ini?

Karena Pak Johan seringkali mengikuti beberapa kontes audio, sehingga beliau cukup banyak memiliki koleksi trophy.

Dan yang paling prestisius beliau pernah mendapat juara asia, seperti : Asosiasi EMMA (European Mobile Media Association) pernah menyabet juara 1.

Kemudian ada juga EMMA Asia kelas ESQL (kelas 4 shaf) di tahun 2015 dan juga untuk juara-juara di Indonesia sendiri juga sudah banyak, yakni ada 10 kali juara. 

Karena beliau sudah banyak mendapat juara-juara jadi bisnis Pak Johan tersebut sudah cukup eksis di kontes audio.

4. Menurut Customer, Bagaimana Suara Audio yang Bagus Itu?

Jadi untuk lomba audio sendiri, ada beberapa kelas. Dan tentu suara yang dinilai, meskipun kategori instalasi pun juga da penilaian sendiri.

Penilaian Instalasi dari EMMA itu cukup ketat dan komponen-komponennya juga perlu diperhatikan juga, jadi perlu disertakan juga foto-foto kabel, meskipun di bawah karpet itu ada foto-foto nya semua.

Namun apabila penilaian Asosiasi itu tidak seketat EMMA, karena penilaian Asosiasi itu yang dinilai hanya suaranya saja.

5. Apa yang Dinilai Saat Kontes Audio?

Menurut cerita dari Pak Johan, bahwa dalam penilaian itu ada penilaian untuk suara yakni sound quality, nah dalam penilaian sound quality itu harus seimbang dari frekuensi rendah (low) ke tinggi (high).  

Jadi semua itu dibuat flat, termasuk juga frekuensi responnya juga harus flat, tujuannya supaya nyaman didengar di telinga.

Ada juga untuk aliran seperti ESQL yang itu rata-rata memang ditujukan untuk mereka-mereka penggemar bass. Jadi buat mereka bass itu harus agak ditinggikan dan juga mid treblenya harus juga ada. 

Jadi semua itu tergantung selera para customer-nya juga, ada customer yang suka bass, bass dan treble, kemudian juga ada yang suka flat. Nah itu semua disesuaikan dengan kesenangan customer dalam mendengarkannya.

6. Bagaimana Mengukur Suara yang Baik?

Pak Johan sendiri berkata bahwa kadang-kadang beliau itu juga salah dalam mengetahui apa yang dimau customer.

Terkadang customer meminta pemasangan yang bagus, namun bagus menurut customer itu terkadang agak beda dengan bagus versi yang dibuat oleh Sinar Abadi Audio milik Pak Johan.

Tetapi jika mengalami hal tersebut, biasanya Pak Johan dan tim akan selalu menuruti permintaan customer tersebut dengan merubah sistemnya meskipun ada sedikit kerugian, tetapi menurut beliau kepuasan customer adalah nomor 1.

7. Bagaimana Bisnis Pak Johan Bisa Bertahan Selama Ini?

Menurut beliau dalam berbisnis itu harus tetap belajar untuk mengikuti perkembangan zaman. 

Bahkan bisnis yang dikelola Pak Johan ini juga sudah masuk market place loh, bahkan sudah sejak 8 tahun lalu. Market place awal yang dimiliki Sinar Abadi Audio yakni Tokopedia.

8. Bagaimana Pengalaman Bisnis Offline Atau Online yang Pak Johan Jalani?

Menurut pengalaman yang dialami Pak Johan, penjualan online itu rata-rata mayoritasnya itu untuk produk-produk yang tidak terlalu mahal dan juga presentasenya tidak terlalu besar.

Untuk produk dengan harga mahal itu beliau masih ragu dalam memasarkannya melalui online, karena rata-rata hanya via offline yang berani membeli produk dengan harga mahal. 

Karena jika secara offline itu bisa dilihat kondisi barangnya langsung oleh pembeli, serta juga ada tokonya sehingga jika ingin komplain ada tempatnya, serta mudah juga untuk mendapatkan solusi.

9. Bagaimana Untuk Pembukuan Bisnis Selama Ini?

Dahulu yang dilakukan Pak Johan itu hanya mencatat, lalu akhirnya malas menghittung, jadi semuanya kacau. 

Jadi beliau menganggap repot dengan tulisan tangan, karena harus merekap dan itu akan merepotkan apabila berlanjut dengan tulisan tangan.

Kemudian Pak Johan mencoba untuk search di Play Store, dan akhirnya bertemu dengan Kasir Pintar.

Awalnya Pak Johan mencoba dengan memanfaatkan fitur Kasir Pintar yang Free, kemudian beralih untuk menggunakan fitur Kasir Pintar yang Pro. 

Didalam Kasir Pintar Pro ini terdapat banyak sekali fitur-fitur bagus yang dapat membantu Pak Johan, seperti memasukkan produk dan lain sebagainya.

10. Apakah Kasir Pintar Sudah Membantu Pak Johan Dalam Mengelola Bisnisnya?

Jawabannya adalah iya, Kasir Pintar sudah banyak membantu mengembagkan bisnis Pak Johan.

Dengan Kasir Pintar beliau dapat melihat profit harian yang didapatkan berapa, kemudian juga ada jumlah update produk-nya.

Kasir Pintar dapat membenahi juga untuk masalah stok barang yang terkadang masih berantakan dan itu sangat membantu Pak Johan dalam mengelola bisnisnya.

11. Bagaimana Menurut Pak Johan Tentang Kasir Pintar?

Menurut Pak Johan sistem di Kasir Pintar itu sejauh ini sudah cukup bagus dan kembangkan terus, beliau suka dengan Kasir Pintar itu karena baru melihat di YouTube bahwa ada 4 orang anak muda lulusan ITS yang berhasil untuk mendirikan Kasir Pintar itu.

Pak Johan cukup salut akan hal itu karena anak masih muda namun sudah berjaya. 

Gimana nih sobat kaspin cerita inspiratif dari Pak Johan diatas? Sangat menginspirasi sekali ya perjalanannya, lebih 25 tahun berhasil mendirikan toko audio mobil dan juga telah banyak mendapatkan penghargaan nasional maupun Internasional. 

Kira-kira catatan sobat edisi selanjutnya kita akan mengulas tentang hal apa ya sobat kaspin? Jangan lupa ikuti perkembangan terbaru mengenai catatan sobat pada edisi grebek merchant kali ini. See you di next cerita. 

Jika kamu ingin menonton cerita dari Pak Johan secara lebih lengkap lagi, kamu bisa lihat disini ya sob.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang