Mengenal Aplikasi Kasir Digital, Manfaat dan Cara Memilihnya
Insight Bisnis | 12 November 2024
Insight Bisnis / Upselling: Strategi Efektif Meningkatkan Penjualan dan Nilai Transaksi
18 Agustus 2023 | marketing
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mengoptimalkan setiap peluang penjualan menjadi suatu hal yang krusial. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan adalah melalui upselling.
Upselling merupakan pendekatan yang cerdas dalam menjual produk atau layanan yang lebih mahal atau memiliki fitur tambahan kepada pelanggan yang sudah berniat untuk melakukan pembelian.
Dengan mengimplementasikan strategi ini, bisnis dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan cara yang lebih efisien dan efektif.
Artikel ini akan membahas pengertian, jenis, serta manfaat dari upselling dalam konteks bisnis.
Upselling adalah taktik pemasaran yang bertujuan untuk mendorong pelanggan agar membeli produk atau layanan yang lebih mahal atau memiliki nilai tambah dari apa yang awalnya direncanakan.
Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan nilai transaksi dari setiap pelanggan.
Upselling berbeda dengan cross-selling, di mana cross-selling fokus pada penjualan produk tambahan yang mungkin relevan dengan produk yang sedang dibeli pelanggan.
Ini melibatkan menawarkan versi produk yang lebih canggih atau memiliki fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.
Contohnya, dalam industri perangkat elektronik, pelanggan yang awalnya tertarik pada ponsel dengan spesifikasi standar dapat diupsell dengan ponsel versi pro yang memiliki performa lebih tinggi dan fitur-fitur tambahan.
Saat pelanggan hendak membeli paket layanan dasar, tawarkanlah opsi paket premium yang lebih banyak fitur atau manfaat tambahan.
Misalnya, di industri perhotelan, pelanggan yang memesan kamar standar dapat diupsell dengan paket layanan tambahan seperti sarapan gratis, akses spa, atau layanan antar-jemput bandara.
Dalam beberapa industri seperti penyimpanan data cloud atau langganan perangkat lunak, pelanggan seringkali memulai dengan kapasitas atau fitur dasar.
Namun, mereka dapat diupsell dengan menawarkan pilihan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan atau akses ke fitur-fitur premium.
Baca Juga: Strategi Pemasaran Upselling dan Cross-Selling Serta Perbedaannya
Upselling dapat secara signifikan meningkatkan nilai transaksi rata-rata per pelanggan, sehingga berdampak positif pada pendapatan bisnis.
Jika upselling dilakukan dengan bijak, pelanggan dapat merasa dihargai dan puas dengan peningkatan nilai atau manfaat yang mereka peroleh.
Dibandingkan dengan mencari pelanggan baru, upselling kepada pelanggan yang sudah ada lebih efisien dalam penggunaan sumber daya.
Melalui upselling, pelanggan dapat diperkenalkan pada produk atau layanan yang lebih canggih atau lengkap, yang pada gilirannya dapat membantu membangun loyalitas pelanggan.
Jadi bagaimana tepatnya Aplikasi POS dapat memfasilitasi upselling untuk membantu menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis Kamu? Berikut 6 tips upselling POS untuk memaksimalkan keuntungan.
Mari mulai dengan mengidentifikasi hidangan restoran yang paling populer dan menyoroti peluang penjualannya.
Pertama, tinjau laporan bisnis yang ditemukan di POS Kamu dan gunakan untuk mengidentifikasi item di menu Kamu yang memiliki margin keuntungan tertinggi dan paling laku. Dalam dunia desain menu restoran, item ini disebut “stars” Kamu.
Selanjutnya, identifikasi peluang upselling untuk star-star tersebut. Misalkan burger adalah item menu populer yang paling menguntungkan di restoran Kamu.
Upsell yang mungkin bisa digunakan adalah membuat burger double, menambahkan topping premium seperti mungkin mozarella atau apapun yang menarik, Dan rekomendasikan adds on (tambahan) seperti makanan pendamping (kentang, gorengan-gorengan dll)
Sekarang Kamu harus mendesain ulang menu untuk menyoroti Stars Kamu dan peluang penjualannya. Mulailah dengan memastikan item star Kamu berada di depan dan di tengah menu Kamu . Jika belum, sekarang saatnya mendesain ulang menu restoran Kamu.
Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan tingkat ketertarikan dari customer adalah dengan memberikan gambar produk yang menarik di setiap menu yang ada di restoran.
Aplikasi POS yang baik mempunyai fitur untuk menunjukkan kepada pelanggan tampilan menu melalui gadget.
Seperti Kasir Pintar yang mempunyai fitur Food Menu yang mampu menampilkan menu ke meja pelanggan dan akan transaksi akan otomatis terupdate di kasir dan dapur
Tak hanya di menu POS Kamu juga perlu untuk memajang di papan order. Biasanya ini digunakan oleh Restoran siap saji ketika orang akan mengorder di kasir akan langsung dihadapkan dengan tampilan menu besar di hadapan mereka.
Intinya buat Menu “Stars” tadi tampil di halaman utama dan menjadi highlight di tampilan menu. Tujuanya adalah agar pelanggan bisa menentukan pilihan pada menu “Stars” dengan cepat.
Tahukah Kamu bahwa Kamu dapat mengatur peringatan terkait jumlah stok di POS untuk dilihat karyawan saat mereka masuk?
Saat Kamu menemukan menu favorit di restoran. Pastikan menu tersebut tidak kehabisan stok dan Pelanggan harus kecewa karena menu yang dicarinya tidak ada.
Solusinya adalah dengan setting menu tersebut ke dalam pengingat di Aplikasi POS Kamu.
Apakah bisa? Tentu bisa, Aplikasi Kasir Pintar mampu untuk mengingatkan Kamu untuk segera merestock barang atau produk yang akan habis.
Bahkan Kamu bisa setting sesuai dengan batas SOP kamu. Misalkan, Kamu memberikan peringatan produk tersebut akan habis jika menyentuh angka 10.
Maka secara otomatis sistem akan mengingatkan Kamu untuk restock ketika mencapai angka 10.
Kontes adalah cara yang bagus untuk mendorong staf Kamu agar lebih banyak menjual. Persaingan bisa sangat membantu meningkatkan penjualan di restoran.
Hasilkan laporan penjualan yang disesuaikan melalui POS Kamu untuk mengetahui siapa yang paling banyak menjual peningkatan selama shift tertentu.
Misalnya, mulailah shift Sabtu malam yang sibuk dengan kontes staf untuk melihat siapa yang dapat menjual paling banyak burger sebagai peningkatan premium ke burger dengan topping atau isi lebih banyak, lalu periksa untuk melihat siapa yang menang dengan laporan total item penjualan cepat.
Uda coba fitur shift kasir pintar pro?
Tahukah Kamu bahwa peningkatan loyalitas pelanggan sebesar 5% saja dapat meningkatkan laba hingga 95%?
Meskipun peningkatan loyalitas pelanggan selalu merupakan hal yang baik, hal itu bahkan lebih penting setelah COVID-19, ketika traffic di restoran turun dan mendapatkan pelanggan baru lebih sulit dari sebelumnya.
Di situlah program loyalitas restoran terintegrasi POS seperti Kasir Pintar berperan. Kamu dapat menggunakan program loyalitas untuk mengidentifikasi pelanggan yang telah membeli item menu tertentu atau mengunjungi restoran selama sebulan terakhir.
Kemudian kirim kepada pelanggan tersebut dengan media seperti whatsapp atau bahkan sosial media, mengundang mereka untuk kembali untuk pengalaman yang lebih tinggi di lain waktu dengan penawaran premium Kamu.
Personalized Marketing ini dapat mendorong mereka untuk mencoba sesuatu yang berbeda, lebih mahal pada kunjungan berikutnya.
Bottom Line : Mengetahui Bagaimana Upsell di Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Jangka Panjang
Industri restoran salah satu yang mengalami kesulitan karena pandemi virus COVID19 ini. Namun, memaksimalkan penjualan dari setiap pelanggan dengan strategi upselling adalah kunci untuk mempertahankan bisnis yang sukses bahkan di saat-saat sulit dan kapasitas terbatas.
Dengan menggunakan Aplikasi POS Kamu bisa meningkatkan penjualan ke pelanggan di dalam dan di luar lokasi restoran Kamu
Ingin meningkatkan sistem POS Kamu? Pelajari lebih lanjut tentang Kasir Pintar.
Tag
#upsellingArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat