7 Ide Bisnis UMKM Kekinian yang Menarik dan Potensial untuk Dikembangkan
Sales & Marketing | 21 November 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Yuk Cari Tahu! Alasan Mengapa Gen Z Lebih Memilih Mencari Informasi Melalui TikTok?
4 Januari 2024 | marketing
Sobat Kaspin, bagaimana kalian biasanya mencari informasi?
Banyak yang mungkin akan menyebut bahwa mereka mencarinya melalui Mbah Google, bukan?
Kelihatan nih, jawabannya pasti berasal dari kalangan milenial dan boomers, karena Generasi Z lebih suka mencari informasi melalui TikTok!
Tidak mungkin ya Generasi Z lebih suka mencari informasi melalui TikTok?
TikTok telah menjadi salah satu media sosial yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.
Bahkan, platform ini telah berkembang menjadi kekuatan besar dalam dunia media sosial karena menggabungkan aspek media sosial dan e-commerce menjadi satu.
Dengan format konten berupa foto dan video, banyak orang membuat konten kreatif di TikTok.
Terlebih lagi, fitur stitch dan duet memungkinkan pengguna berinteraksi satu sama lain dengan cara yang menarik.
Seolah-olah hampir semua orang, terutama generasi muda, kini memiliki akun TikTok.
Media sosial ini tidak hanya digunakan sebagai cara untuk menghabiskan waktu dan mengatasi kebosanan, tetapi juga sebagai alat utama untuk mendapatkan berbagai jenis konten, termasuk yang bersifat interaktif.
Tidak mengherankan, Generasi Z saat ini menganggap TikTok sebagai sumber utama referensi untuk berbagai macam konten.
Dikutip dari Insider, hasil survei bulan September oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa empat belas persen orang dewasa di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mereka secara rutin mendapatkan berita melalui TikTok.
Angka tersebut mengalami peningkatan dari 3 persen pada tahun 2020.
Di kalangan usia 18 hingga 29 tahun, persentase tersebut melonjak dari 9 persen menjadi 32 persen.
Baca Juga: Wow! Mengungkap Cara Rahasia Meningkatkan Followers di TikTok
Berdasarkan survei Pew, jumlah orang dewasa di bawah 30 tahun di Amerika Serikat yang menyatakan kepercayaan terhadap informasi dari sumber berita nasional mengalami penurunan menjadi 56 persen pada tahun 2022 dari sebelumnya 62 persen pada tahun 2016.
Kepercayaan terhadap sumber berita lokal juga mengalami penurunan, turun menjadi 62 persen dari sebelumnya 71 persen.
Sebaliknya, kepercayaan terhadap informasi dari media sosial meningkat menjadi 50 persen dari 44 persen.
Tidak mengherankan bahwa saat ini, masyarakat global yang didominasi oleh Generasi Z lebih memilih media sosial sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dengan cepat.
Terlebih lagi, banyak influencer yang saat ini membuat konten membacakan berita dari berbagai sumber berita.
Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Konten POV atau Roleplay di TikTok Selalu Populer!
TikTok dianggap sebagai platform media sosial yang superior karena mampu berfungsi sebagai platform hiburan sekaligus sumber informasi.
Daya tarik konten di TikTok terletak pada penggunaan format audio visual yang kuat, menghindari keberlebihan tulisan yang memerlukan konsentrasi tinggi untuk dibaca.
Pengguna dapat memperoleh informasi melalui TikTok hanya dengan pendengaran, sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan kegiatan lain seperti pekerjaan rumah atau makan tanpa harus terpaku di depan layar sepanjang waktu.
Dengan demikian, orang tidak perlu menghabiskan waktu secara terus-menerus dan fokus membaca paragraf demi paragraf informasi yang disajikan.
Selain itu, visual yang ditampilkan dalam konten TikTok berupa gambar bergerak, mengatasi potensi kebosanan.
Sebagai alternatif dari membaca paragraf panjang untuk menemukan kesimpulan sendiri, pengguna dapat langsung mendapatkan kesimpulan dari informasi yang disampaikan dalam konten TikTok.
Tag
#tiktokArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat