Meningkatkan Bisnis dengan Margin Laba

Bisnis perlu menghasilkan uang agar tetap bertahan, dengan memantau margin laba atau margin keuntungan dapat membantu Anda mengetahui kondisi dari bisnis dan memberikan indikasi bahwa bisnis anda berkembang dari sebelumnya.

Terkait apakah bisnis anda sudah mapan atau startup yang baru memulai bisnis, Anda wajib untuk memahami margin keuntungan Anda. ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang margin keuntungan.

Baca Juga : 5 Tips Mengatur Keuangan Untuk UMKM

Apa itu margin laba?

Margin laba adalah tolak ukur dari profitabilitas bisnis. Margin keuntungan dinyatakan sebagai persentase dan mengukur berapa banyak setiap uang dalam penjualan yang disimpan bisnis dari pendapatannya. Margin keuntungan merupakan laba bersih perusahaan ketika dibagi dengan penjualan bersih atau pendapatan. Penghasilan bersih atau laba bersih ditentukan dengan mengurangi pengeluaran perusahaan dari total pendapatannya.

Bagaimana Anda menghitung margin keuntungan?

Mari kita mulai dengan margin laba kotor. Ini adalah metrik paling sederhana untuk menentukan profitabilitas dan salah satu rasio keuangan yang paling banyak digunakan. Misalkan bisnis Anda menghasilkan Rp 5.000.000 dalam pendapatan, dan biayanya Rp500.000 untuk membuat produk Anda. Jika Anda menghasilkan lebih dari satu item, Anda dapat meratakan biaya pembuatan setiap produk atau menghitung margin kotor terpisah untuk setiap produk.

Biaya pembuatan suatu produk dikenal sebagai harga pokok penjualan (HPP), atau COGS. Ini termasuk upah dan bahan baku, tetapi bukan hal-hal seperti biaya tambahan dan pajak. Dalam contoh ini, pendapatan dikurangi biaya barang yang dijual adalah 5.000.000 – 500.000 = 4.500.000. Setelah Anda menentukan laba kotor Anda (4.500.000), bagi angka itu dengan pendapatan Anda 4.500.000 / 5.000.000 = 0,9. Untuk mendapatkan persentase akhir, kalikan saja angka itu dengan 100, yang membuat margin laba 90% dalam kasus ini.

Mengapa margin sangat penting?

Margin menunjukkan berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda, kesehatan dari bisnis Anda, dan masalah dalam bisnis Anda.

Margin penting karena, secara sederhana menunjukkan berapa banyak dari setiap pendapatan uang mengalir ke sektor bawah bisnis anda. Selanjutnya margin keuntungan dengan cepat membantu menentukan masalah penetapan harga. Kesalahan penetapan harga dapat menciptakan kekacauan pada arus kas dan mengancam keberlanjutan dari bisnis anda.

Margin laba memberi tahu Anda laba atas investasi (ROI) untuk semua pengeluaran Anda. Ketika margin Anda rendah, Anda tidak mendapatkan ROI terbaik untuk pengeluaran bisnis.”

Bagaimana mendapatkan margin keuntungan yang baik?

Mengetahui industri bisnis anda adalah kuncinya, misal dalam industri restoran, margin biasanya kurang dari 10%. Namun di dunia konsultasi margin bisa 80% lebih seringkali bahkan melebihi 100 hingga 300%.

Baca Juga : Pencatatan Keuangan untuk Bisnis yang Lebih Baik

Pemilik bisnis harus membuat anggaran tahunan perusahaan untuk menetapkan margin laba mereka sendiri berdasarkan asumsi mereka sendiri. Kemudian, cari tahu apa margin keuntungan standar industri Anda. Kemudian bandingkan antara keduanya.

Beberapa Jenis dari dari margin Laba

Margin laba kotor (disebutkan di atas) adalah margin keuntungan paling sederhana untuk dihitung. Untuk merasakan lebih banyak tentang sisa pendapatan Anda, gunakan perhitungan untuk margin keuntungan dari operasi dan margin keuntungan bersih. Margin keuntungan kotor adalah keseluruhan pendapatan kotor Anda dikurangi biaya barang. Ini mungkin tidak mencerminkan pengeluaran besar lainnya.

Margin laba operasi merupakan biaya operasi, biaya administrasi, dan beban penjualan. Ini termasuk tingkat amortisasi dan depresiasi aset, tetapi tidak termasuk pajak, utang, dan biaya non-operasional atau tingkat eksekutif lainnya.

Margin keuntungan operasi memberi tahu Anda berapa banyak uang yang tersisa setelah semua biaya operasi untuk menjalankan bisnis dipertimbangkan. Berikut adalah rumus untuk margin laba operasi: margin laba operasi = pendapatan operasi / pendapatan x 100.

Margin laba bersih adalah jenis margin keuntungan yang paling sulit untuk dilacak, tetapi memberi Anda wawasan paling dalam tentang laba Anda. Ini memperhitungkan semua pengeluaran, serta pendapatan dari sumber seperti investasi. Berikut adalah rumus sederhana untuk margin laba bersih: margin laba bersih = pendapatan bersih / pendapatan x 100.

Penghasilan bersih Anda juga dapat didefinisikan sebagai pendapatan kotor Anda dikurangi hampir semua biaya Anda, termasuk COGS, biaya operasi, bunga, pajak dan biaya lainnya.

Bagaimana Anda bisa meningkatkan margin Keuntungan?

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu tahu bagaimana bisnis Anda menghabiskan uang. Salah satu langkah paling penting dalam meningkatkan margin keuntungan anda adalah melacak pengeluaran. Jika Anda tidak tahu pengeluaran uang Anda, bagaimana Anda bisa memotong biaya dan pada akhirnya meningkatkan margin Anda?

Jika margin keuntungan kotor dan margin keuntungan operasional Anda sehat tetapi margin keuntungan bersih Anda menunjukkan masalah, Anda harus memotong biaya operasional dan overhead yang tidak penting. Jika masalah muncul pada tingkat margin keuntungan operasi, biaya operasi Anda lebih dari yang dapat Anda tanggung dengan harga yang Anda dapatkan

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Kasir Pintar untuk mengetahui berapa margin dari bisnis anda secara otomatis. Kasir Pintar dapat membuat laporan keuntungan bisnis anda secara lengkap dan praktis. Anda bisa mencoba 30 hari gratis aplikasi Kasir Pintar Pro untuk mengetahui fitur tersebut.

Download Kasir Pintar sekarang juga

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar